Senin, 13 Mei 2019

INDONESIA JUARA UMUM DI MTQ INTERNASIONAL 2019 KAIRO.


NusanTaRa.Com
byBakuINunukaN, 08/05/2019



MTQ Internasional 2019 di Kairo Mesir yang diselenggarakan yang diselenggarakan oleh Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) Mesir bekerja sama dengan The World Association for Al-Azhar Graduates (WAAG), KBRI Cairo dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) menempatkan Indonesia sebagai juara umum.   Peraihan Juara Umum tersebut dengan menempatkan tiga wakil Indonesia sebagai juara, yaitu Mukhlis berhasil menjadi juara 1 cabang MTQ putra. Sedangkan cabang MHQ, Adriyan juara 1 putra dan Nur Laili juara 1 Putri.

Perhelatan Akbar MTQ Internasional 2019 dibuka Dubes LBBP Indonesia untuk Kairo, Bapak Helmi Fauzy pada Senin (22/04) pukul 11.00 waktu Kairo di Auditorium Shaikh Zayed Center di bilangan Universitas Al-Azhar, 6th District Nasr City Cairo.   Acara ini ddiikuti  55 orang peserta yang berasal dari  20 Negara dengan dua cabang lomba, yaitu Musabaqah Tilawah al - Qur'an (MTQ) dan Musabaqah Hifdz al-Qur'an (MHQ).

"  Apresiasi yang tinggi saya berikan kepada PPMI Mesir yang telah berhasil menyelenggarakan perhelatan akbar MTQ Internasional, tak lupa saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Al-Azhar, Ulama - ulama Al-Azhar dan tentu kepada Grand Syaikh Al-Azhar Asy-Syarif Ahmad Thayyeb yang telah mendukung keberlangsungan acara ini serta senantiasa menyampaikan Islam moderat yang menghadirkan perdamaian di seluruh Dunia  ",  Ujar SiDin Helmi Fauzy  Dubes LBBP KBRI Cairo.

Babak final diselenggarakan pada Sabtu (27/4) di Auditorium Shaikh Zayed Center Nasr City Kairo sejak pukul 11.00 waktu lokal Kairo.   Yang cukup unik dalam babak final MTQ ini karena terdapat seorang finalis yang masih berumur 10 tahun asal Kirgistan ditambah kehadiran tiga putra dan putri terbaik bangsa Indonesia yang menjadi finalis pada acara tersebut yaitu Muhkhlis Latasi dari Sulawesi, Nur Layli dari Nusa Tenggara Barat dan Adriyana dari Jukarta.

Setelah melalui babak penilaian di final, Qori Indonesia Mukhlis berhasil menjadi juara satu MTQ putra, Adriyan juara satu MHQ putra, dan Nur Laili juara MHQ Putri.   Presiden PPMI Mesir, Saeful Jihad, Lc mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang telah sama-sama menyukseskan gelaran agenda akbar ini, terutama kepada Grand Syaikh Al-Azhar Asy-Syarief, WAAG Azhar, dan KBRI Kairo. Beliau juga tak lupa mengucapkan selamat kepada para pemenang yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional.

Para finalis berhak mendapat haknya berupa tiket umrah yang disediakan oleh salah satu pengusaha asal Mesir. Sayyid Muhammad Ragab selaku pemilik perusahaan ritel Ragab Sons memberikan 12 tiket umrah untuk 12 finalis MTQ Internasional 2019.   "  Saya sangat senang sekali dengan diadakannya acara MTQ Internasional ini. Dengan acara ini kecintaan kepada Al-Qur'an akan bertumbuh dan saya senang bisa membantu para pelajar asing yang sedang belajar di Mesir  ", Ujar SiDin Sayyid Muhammad Ragab.

Pada tahun  2019 gelaran MTQ Internasional yang diselenggarakan oleh PPMI Mesir, Indonesia berhasil menyabet gelar program terinspiratif dalam ajang PPI Dunia Award di Moskow.   Negara - negara yang menjadi peserta MTQ Internasional 2019 diantaranya: Indonesia, Malaysia, Filiphina, Senegal, Singapura, Srilangka, Turki, Tajikistan, Pakistan, Uganda, Afganistan, Kirgistan, Brunei Darussalam, Spanyol, Nigeria, Chad, Djibouti, Bangladesh, Irak  dan Kazakhstan.


 
Bacaan Quran menggema di malam, 
MTQ Internasional 2019 Indonesia juara umum.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...