Rabu, 22 Mei 2019

ELKANA PENJAGA MERCU SUAR YANG SETIA DI PULAU TERLUAR DEKAT AUSTRALIA.

NusanTaRa.Com
byTukimaNAdonarA, 11/05/2019.

Elkana Amrduan dan Mercu Suar P Selaru

Berada di suatu kepulauan kecil dan terluar yang penduduk jarang-jarang akan terasa sangat sepi dan mudah membosankan hanya diramaikan dengan desiran angin dan ombak yang mendominasi kawasan ini terlebih jika berada di perbatasan seperti Pulau yang  berada di Desa Eliasa, Kecamatan Selaru, Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), Maluku.  Pria Elkana Amarduan (62), termasuk seorang warga Desa Eliasa  yang bertugas perbatasan bak pekerja Sosial menjaga menara suara yang ada di sana.

Bagi Elkana  yang setia menjaga menara suar yang berada di perbatasan Indonesia dengan Australia,  sebagai penanda bagi pelaut atas tanda batas Negara dan kondisi perairan di sekitarnya.  Meski tanpa upah, pria yang berambut putih tersebut tetap setia menjaga menara suar yang menjulang berada di pulau perbatasan Indonesia dengan Australia.

Kedekatan Desa Eliasa dengan  daratan Australia  khususnya jika dilihat dari atas menara, kita  akan dapat melihat siluet Kota Darwin (Australia bagian utara) jika air surut tapi bukanlah hal yang mudah ke sana tanpa dokumen keimigrasian.  Biasanya petugas menjaga perbatasan dari anggota TNI yang akan bertugas baik secara kontinyu maupun dikunjungi dalam periode waktu tertentu.  Namun realitanya di desa Eliasa ada pula wilayah perbatasan yang ternyata dijaga oleh warga sipil meski untuk tugas menara Suar perbatasan.

Bertugas di perbatasan itu sayangnya tidak serta merta menjadi tugas Negara yang mudah, selain sebagai mana keadaan daerah tersebut ternyata  mereka yang bertugas di sini tak jarang mendapat upah yang tidak mumpuni bahkan tanpa Gaji.  Elkana Amarduan (62) yang bertugas di menara  Suar dan Tanda batas P Salura  tanpa Gaji namun ia tetap setia mengembani tugas Negara di perbatasan Indonesia-Australia.

"  Sudah 23 tahun saya jaga dua aset negara ini, menara suar dan tapal batas, tanpa digaji baik dari pemerintah desa maupun pihak mana saja. Saya lakukan ini dengan suka rela  ", Ujar SiDin  Elkana, Rabu (8/5/2019), seperti dilansir INTISARI dari Antara.   Elkana sendiri mengaku bahwa Kepala Dusun Eliasa sendiri yang memberikan tanggung jawab kepada dirinya utnuk menjaga menara setinggi 35 meter tersebut.

Menara suar dibangun  oleh Kementerian Perhubungan RI pada tahun 1996 dan baru rampung pada tahun 1997, serta baru pada 17 Agustus 2003 menara tersebut diresmikan oleh Panglima Komando Daerah Militer XVI/Pattimura Mayjen TNI  Agustadi Sasongko Purnomo.

Belakangan, pengurus Desa Eliasa berupaya untuk menarik kunci menara suar tersebut dari Elkana dan memberikannya  upah dengan cara menjual karcis bagi pengunjung.  Rencana yang baik itu disambut baik oleh Elkana  meski dirinya mengaku masih berharap pemerintah yang lebih tinggi juga turut memperhatikan dirinya.  
 
"  Saya merasa punya tanggung jawab sejak 1998 sampai hari ini. Karena kepercayaan yang diberikan dari Kepala Dusun untuk saya  ", Ujar SiDin Elkana.  Bahkan ia mengaku  sampai hari ini
baru diberikan uang sirih pinang sebanyak Rp 550.000 meski lahannya dipakai untuk menara suar tanpa pernah dilakukan pembebasan lahan.

Kepala Desa Eliasa, Rudy Amarduan mengaku bahwa kunci menara memang baru diberikan kepada Elkana sejak dirinya menjabat sebagai kepala desa.  "  Waktu tahun 1998 itu desa Eliasa masih status dusun. Sebelumnya pagar menara di gembok mati. Lalu kunci dikasih ke Pak Elkana itu pada tahun 2014 setelah rehab berat  ", Ujar SiDin Rudi.

Pulau Selaru termasuk gugusan pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Timor dan berbatasan dengan negara Australia. Pulau Selaru ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara Barat, provinsi Maluku dengan jumlah penduduk 11.400 jiwa (2008) berada di sebelah selatan dari Pulau Yamdena.

P Selaru sebelah Bawah
  
Pulau terluar dilaut luas,

Tanpa Gaji Penjaga Mercu Suar Selaru tetap Tugas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...