Sabtu, 03 November 2018

TKI TUTI TURSILAWATI DIEKSEKUSI MATI DI ARAB SAUDI

NusanTaRa.Com
byMuhammaDBakkaranG, 01/11/2018


Tuti Tursilawati TKI asal Majalengka Jawa Barat telah dieksekusi mati Pengadilan Kerajaan Arab Saudi,  Senin (29/10) waktu setempat,  atas kesalahannya dalam membunuh majikannya.    Dalam kasus pembunuhan itu,  Tuti diketahui memukulkan sebatang kayu ke majikannya, seorang pria tua bernama Suud Malhaq Al Utibi, di rumah majikannya, yakni di kota Thaif yang berjarak 87 kilometer sebelah timur Kota Mekah, 11 Mei 2010.

Pemerintah Indonesia melayangkan protes langsung kepada Arab Saudi yang telah menghukum mati tenaga kerja Indonesia Tuti Tursilawati tanpa pemberitahuan.   Menteri Luar Negeri Retno Masudi  memanggil duta besar Saudi di Jakarta Selasa (30/10) untuk menyampaikan  "  protes secara langsung  "  dan juga menyampaikan "  keprihatinan mendalam  "  karena eksekusi dilaksanakan tanpa " notififikasi " kepada pemerintah Indonesia.   Sebelumnya  Menlu Retno juga telah menyampaikan kasus Tuti kepada menteri luar negeri Arab dalam pertemuan di Bali pada tanggal 23 Oktober lalu.

Keluarga Tuti di Majalengka  Jawa Barat, telah diberitahu dan menyatakan  "  ikhlas menerima keputusan meskipun mereka menampakkan kekagetan  ", Ujar SiDin Lalu Muhammad Iqbal, Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia, Kemenlu.  "  Baru tanggal 19 (Oktober) lalu Tuti mengontak melalui video call dan tak menyampaikan indikasi apapun akan dilakukan eksekusi. Bahkan tanggal 28 (Oktober), KJRI Jeddah mengontak dan Tuti menyampaikan dalam kondisi sehat  ",  tambah Lalu.

Setelah kejadian pemukulan majikannya  11 Mei 2010   majikannya terkapar karena pukulannya Tuti berusaha kabur dari rumah.    Kemudian Tuti bertemu sekelompok pria sekitar sembilan orang yang menjanjikan bantuan  perjalanan Tuti ke Mekah untuk lepas dari rumah majikannya di Thaif.   Namun ternyata Tuti dibawa ke rumah kosong  mengalami pelecehan seksual  digilir 9 pria durjana itu, yang hingga kini belum terpecahkan.

Eksekusi dilakukan pada Senin (29/10) pada pukul 09:00 waktu setempat dan pihak KJRI Jeddah ikut melakukan salat dan pemakaman di Thaif. Tuti adalah TKI Indonesia kelima yang dieksekusi sejak 2011.  Ibu Tuti Tursilawati,  Iti Sarniti yang sempat bertemu dengannya  menceritakan bahwa Tuti bukan membunuh majikannya  namun membela diri yang memang sering mengusiknya.

Tuti adalah TKI Indonesia kelima yang dieksekusi sejak 2011,   sejak hukuman mati pertama sampai saat ini Pemerintah  Indonesia tidak pernah diberitahukan.   "  Sejak eksekusi pertama tahun 2011 belum pernah ada yang diberikan notifikasi oleh pemerintah saudi. Sejak eksekusi kedua tahun 2015, kita meminta kepada pemerintah saudi untuk memberikan notifikasi secara tertulis ataupun lisan," kata Lalu.

Menlu Retno secara resmi meminta agar negara kerajaan itu mempertimbangkan perjanjian Mandatory Consuler Notification, atau memberitahu bila terjadi eksekusi sebagaimana yang telah dilakukan dengan beberaapa negara.  "  Protes yang kita buat, kita harapkan dapat memperkuat momentum untuk mempertimbangkan usulan menandatangani perjanjian mandatory consuler notification sehingga kejadian yang terjadi seperti saat ini dapat dihindari di kemudian hari  ",  Ujar SiDin Lalu.  

Dimana Tanah dipijak disitu sinar Matahari,   
Tuti Tursilawati kena hukuman mati di Arab Saudi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...