Senin, 05 November 2018

PATUNG YESUS DIBUNTU BUREKE TANAH TORAJA DENGAN PROBLEM TOILETNYA.

NusanTaRa.Com
byKariTaLa LA, 06/11/2018



Objek wisata religi  Patung Tuhan Yesus, Buntu Burake, Makale, Tana Toraja menjadi salah satu objek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan baik domistik mauoun manca Negara.   Sebuah patung  Kristianus  Sang Penebus Dosa YESUS KRISTUS  berdiri setinggi  40 meter dipuncak Buntu Burake dengan tangan membentang kedepan dan menghadap ke kota Makale,  selain pengunjung dapat menikmati kebesaran sang Yesus mereka juga dapat menikmati keindahan alam pegunungan dengan suasana yang menyenangkan.

Objek wisata Yesus di Buntu Burake terletak sekitar 4 km dari kota Makale sebagai pusat pemerintahan Kabupaten Tanah Toraja ini masih menuai kritikan dari para pengunjung !!, bukan karena  objeknya kurang menarik tapi yang banyak dikeluhkan bahwa objek wisata ini belum memiliki sanitasi  yang memadai dan  sarana Toilet yang baik.  Meski Pemerintah Daerah telah melaksanakan  proyek penyedian toilet dan air bersih melalui APBD yang telah berjalan sejak 2017 dan telah selesai dengan menghabiskan dana sebesar Rp 1,4 milliar tapi hingga kini toilet belum dibuka untuk kegunaan umum.

Kekurangan lainnya yaitu belum rampungnya  pembangunan jembatan kaca yang sudah lama dinantikan pengunjung yang dikabarkan menghabiskan anggaran sekitar Rp 3.9 Miliar,  berasal dari Dinas Permukiman dan Tata Ruang Tana Toraja.     Dibalik dari indahnya Buntu Burake, belum berfungsinya jembatan kaca sangat kami sayangkan. Padahal kami ingin menikmati pengalaman adrenalin di jembatan itu  ”, Ujar SiGaluh Ana seorang pengunjung.

Sangat Ironis memiliki toilet cukup mahal tapi hingga kini belum dipergunakan bagi beberapa pengunjung sangat disayangkan karena mengurangi  kenikmatan pengunjung.     “ Pekerjaan toilet itu sudah selesai.  Konsultannya Nurima Mandiri. Bukan hanya toiletnya saja yang dikerjakan tapi kamar mandinya pun sudah dikerjakan  ”, Ujar SiDin  Eto PPK Dinas Pariwisata Tana Toraja, Minggu (4/11).  Keadaan tersebut  membuat para pengunjung saat ini  harus buang air kecil di rumah penduduk yang ada disekitar lokasi dengan tarip tersendiri  sekitar Rp 5.000 – Rp 10.000 untuk sekali  hajatan.

Sejak musim libur akhir tahun 2017, pengunjung Objek Wisata Religi Patung Yesus Buntu Burake sering  mengeluhkan harga tarif toilet yang dikelola warga yang membuka warung dikawasan tersebut sebesar Rp 5 ribu hingga Rp 10 ribu per orang.   "  Toilet liar sementara ditertibkan dan kita sedang berupaya memperbaiki fasilitas toilet termasuk menyediakan air bersih  ", Ujar SiGaluh Rospita  Napa Biringkanae plt. Kepala Dinas Pariwisata  Tanah Toraja,  Rabu (24/01/2018).

Kehebatan Patung Yesus Kristus setinggi 40 meter ini yang berdiri kokoh  diatas bukit  dikabarkan  mengalahkan tingginya  patung Yesus Kristus Penebus di Rio de Janeiro  Brasil.     Perlu Diketahui, Patung Yesus Kristus milik brazil yang terletak di puncak Gunung Corcovado di Taman Nasional Hutan Tijuca lebih pendek 2 meter dengan tinggi 38 meter dibanding Patung Yesus Kristus Milik Tana Toraja yang menghabiskan dana pembangunan patung sekitar Rp 30 miliar. 


I Toraja menatap langit,
Taman Yesus di Buntu Burake perlu toilet.

1 komentar:

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...