Jumat, 02 November 2018

2018, JOKO WIDODO MASUK DAFTAR 20 MUSLIM BERPENGARUH DI DUNIA

NusanTaRa.Com
byMuhammaDBakkaranG,19/10/2018


Pusat Study Strategi Islam Kerajaan (The Royal Islamic Strategic Studies Center/RISSC)  untuk tahun 2018 ini kembali menempatkan Presiden Indonesia   “ Joko Widodo “  ke dalam daftar 500 tokoh Muslim dunia paling berpengaruh di tahun 2018,  beliau masuk dalam urutan ke-16.   Dalam daftar 500 Muslim Dunia Berpengaruh itu menempati peringkat pertama  Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, disusul Raja Salman dari Arab Saudi  pada urutan kedua, dan Raja Yordania, King Abdullah II berada di urutan ketiga,   Putra Mahkota Arab Saudi,  Mohammad Bin Salman juga masuk di 20 besar dalam daftar tersebut pada  urutan ke 13.



Bapak Jokowi  diketahui sejak  tahun 2016-2018, oleh RISSC  selalu masuk ke dalam daftar 500 Muslim berpengaruh  dunia.   Pada  tahun 2016  jokowi berada di urutan ke 11,  Tahun  2017 Jokowi berada di urutan ke 13 dan  pada tahun  2018  ini Jokowi berada di urutan ke 16. Kali ini, Jokowi masuk urutan ke-16 deretan 50 Muslim berpengaruh tahun 2019.   Catatan TheMuslim 500 tersebut dimuat pada Jumat 19/10/2018  serta dari 50 nama deretan  teratas  itu  didominasi dari tokoh dari Kepala Negara.



Manuskrip  Themuslim500, memuat catatan Tokoh Muslim  yang  membagi ke dalam 13 kategori secara keseluruha,   berdasarkan bidang ilmu, politik, administrasi hubungan keagamaan,  ke Legend,  pengkhotbah dan pemimpin spiritual, filantropi/dermawan, isu sosial, sains dan teknologi, seni dan budaya, pembacaan Alquran, media, selebritas dan bintang olahraga, serta bidang ekstremisme.    Hal yang terpenting dari rumusan tersebut bahwa semua tokoh itu merupakan Muslim  yang berperan dalam masyarakat dan yang menimbulkan dampak  kuat terhadap dunia Muslim.



The Royal Islamic Strategic Studies Centre (RISSC)  sebagai lembaga Independent menjadi pentabir  dan penyelenggara  Daftar Tokoh Muslim Berpengaruh tersebut berkedudukan di Amman, Jordania.  Penetapan itu Mereka  lakukan   hasil riset riset yang digabungkan dengan opini publik yang berkembang dan terkini dan pendapat para ahli dalam menentukan tokoh  melalui argument-argumen dasar penetapan.  Dari Indonesia selain Joko Widodo ada tiga tokoh lagi yang masuk dalam daftar tersebut ; Ketua Umum PBNU Said  Aqil Siradj peringkat ke-22, Habib Luthfi bin Yahya peringkat ke-41  dan Mantan Ketua Umum Muhammadiyah Din Syamsuddin sebagai Honour able Mentions.



Masuk dalam peringkat ke-16  Joko Widodo,  The Muslim 500 menulis sekilas sosok Jokowi dalam rilis daftar tersebut.   "  Jokowi adalah pemimpin yang populis saat ini. Dia bukan berasal dari tokoh keagamaan, golongan orang kaya ataupun militer. Presiden Jokowi dikenal sebagai tokoh yang sering blusukan. Dikenal mengunjungi dan mendengar langsung aspirasi dan kritik dari masyarakat. Hal ini menjadi fokusnya untuk membangun hubungan dengan masyarakat  ",  tulis The Muslim 500.



Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menilai, bahwa terpilihnya nama Presiden Jokowi sebagai salah satu muslim paling berpengaruh di dunia lantaran kerap memperjuangkan berbagai kepentingan umat Islam.   "  Hari Santri Nasioanal, sekarang ada Bank Wakaf Mikro, semuanya itu ditujukan kepada bagaimana kesejahteraan pesantren  ", Ujar SiDin Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (16/4/2018).



Menurut dia, kebijakan pemerintah yang memikirkan umat Islam menjadi indikator kembali terpilihnya Presiden Jokowi sebagai salah satu muslim berperngaruh di dunia lantaran diterima di kalangan muslim dengan baik.   "  Jadi memang betul beliau (Presiden Jokowi) telah memperjuangkan berbagai kepentingan umat muslim  ", Ujar SiDin lagi.


Jokowi wongnge Santun,
Jokowi 20 tokoh Muslim dunia yang berperan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BRIGJEN TNI MIRZA PATRIA JAYA SE, KUNJUNGAN KERJA MONITORING DI SOBATIK KALIMANTAN UTARA

NusaNTaRa.Com byFarhaMTukirmaN,           S   e   l   a   s   a,    2   3      A    p    r    i    l     2   0   2   4 Rombongan  Brigjen TN...