Jumat, 27 April 2018

LIMA MENU MAKANAN YANG TERMASUK TERMAHAL DI ASIA TENGGARA.

NusanTaRa.Com
byDannYAsmorO, 10/2/2018


"  Ada harga,  ada rupa.  Berikut adalah makanan termahal dari Asia Tenggara yang dijamin bakal bikin siapapun terpukau karenanya.  "



Hal yang sangat kita ingat saat mengunjungi suatu negara selain pemandangan yang tersaji di sana tentunya keelokan Gadis negara tersebut dan Penganan Kuliner yang menjadi menu khas daerah tersebut.   Negara Asia Tenggara bukan saja kaya akan keragaman cita rasa kuliner yang menjadi kebuthan manusia, tapi daerah ini juga ternyata memiliki kuliner  dengan harga yang selangit  dan masuk dalam daftar termahal di kawasan tersebut.    Selama ini banyak diantara kita yang hanya mengira bahwa  hanya  KOPI LUWAK  yang dianggap sebagai makanan mahal dari Asia Tenggara, namun ada lima menu makanan  dibawah ini  yang memiliki harga selangit menurut NusanTaRa.Com dan membuat kita harus merogoh kocek cukup dalam bila ingin mencicipinya terlebih bila bareng dengan Handai tolan.

Jamur Morel Kahsmir - Myanmar 


Jamur yang memiliki bentuk unik ini yaitu JAMUR MOREL merupakan jamur yang biasa ditemukan di kawasan Asia Tengah., tapi ternyata, siapa sangka iklim kawasan utara Myanmar yang dingin   karena berbatasan langsung dengan jalur pegunungan Himalaya   juga menjadi tempat terbaik untuk tumbuhnya jamur ini. Bertekstur layaknya spons, jamur ini sama sekali tidak berbau, namun memiliki kualitas rasa yang sangat lezat ketika diolah.  Mungkin sulitnya menemukan  jamur morel Kashmir hingga harga di pasaran saat ini bisa mencapai Rp 8 juta per kilogramnya .

Ayam Cemani – Indonesia

Termasuk ternak yang langka karena ia diyakini memiliki makna magis, sehingga di daerah tertentu ayam ini menjadi persyaratan tertentu untuk ritual budayanya,  ayam ini berwarna hitam di sekujur tubuhnya bahkan hingga ke bagian bola matanya.   Spesies ayam yang hanya diternakkan di Indonesia ini rata-rata memiliki harga jual sekitar Rp 3 juta per ekornya.   Ayam Cemani ini dulunya   banyak diekspor ke luar negeri namun untuk alasan kesehatan dan keterbatasan produksi kini hanya dibolehkan ekspor dalam bentuk daging potong. 
Biasanya, daging ayam cemani dimasak untuk melengkapi kebutuhan sajian ritual di sebagian budaya Jawa dan disebut memiliki cita rasa daging yang sangat gurih.  Untuk mendapatkannya diipasaran biasa tentunya sangat sulit selain memesan pada yang menjuanya secara khusus maklum ini disamping memiliki kepemalian dalam memiliki juga dalam pemeliharaannya juga sulit tidak seperti ayam biasonya.

Sarang Burung Walet – Thailand

Sejatinya, sarang burung walet dapat dibudidayakan di beberapa kawasan lain di Asia Tenggara, namun hanya kawasan Chiangmai di utara Thailand-lah yang memiliki kualitas terbaik hingga saat ini. Sarang ini tercipta hampir seluruhnya dari air liur burung walet, dan disebut memiliki kandungan gizi yang tinggi, seperti kalsium, mineral, dan zat besi. Biasanya, bahan pangan dengan kisaran harga Rp 30 juta per kilogram itu disajikan sebagai penyedap sup di banyak restoran masakan China.

Kopi Luwak – Indonesia




Ini nih salah satu varian kopi yang sangat melegenda di dunia. Kopi yang diambil dari kotoran luwak ini disebut memiliki tingkat keasaman yang pas, sehingga mampu menonjolkan cita rasa dan aroma kopi yang lebih kuat. Kopi ini banyak dibudidayakan di Jawa Tengah dan Jawa Timur, dan biasanya dijual dalam bentuk biji kopi utuh. Harga yang harus dibayar untuk membeli satu ons kopi luwak adalah sekitar Rp 5 juta.

Laksa Chinoz - Malaysia

Mie Putih biasa disebut Laksa merupakan nama salah satu makanan khas Malaysia, dan biasa dijual dengah harga murah di banyak tempat di negeri jiran. Namun, berbeda dengan Laksa Chinoz ini. Dibanderol seharga Rp 530 ribu per porsi, laksa ini merupakan salah satu menu andalan di restoran Chinoz on the Park di dalam Menara Kembar Petronas. Isiannya sederhana, namun hal, yaitu terdiri dari mie buatan tangan, satu ekor lobster yang diimpor dari negara bagian Maine di Amerika Serikat, irisan cabai merah, timun, dan sejumput taburan daun mint.



Ada Rasa ada Harga,
Makanan Asia tengga perlu untuk di Coba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MELAMPAU KEKAYAAN BOS TIK TOK, PRAJOGO PANGESTU JADI ORANG TERKAYA KE-26 DI DUNIA

NusaNTaRa.Com byPakeLEE      K   a   m   i   s,   1   8      A   p   r   i   l     2   0   2   4 Presiden Joko Widodo (kedua kiri) didamping...