Sabtu, 02 Maret 2013

IKAN TERBANG




Ikan terbang  atau flaying Fish termasuk ikan dengan nilai ekonomis cukup baik,  jika ikan biasa harga 1 kg seharga  Rp 15.000 maka ikan terbang mencapai harga  Rp 45.000 – Rp 80.000, sedang harga telur ikan terbang mencapai  Rp 100.000 – Rp  1.500.000 per kg nya sehingga tidak mengherankan bila produksi perikanan ini menjadi buruan nelayan bahkan dengan perahu kecil seperti Sandek nelayan Pinrang, Mandar dan Takalar berbekal Gillnet permukaan dan Rumpon mereka  turun melaut, sehingga hampir semua wilayah penangkapan ikan terbang mengalami over fishing.

Ikan terbang   termasuk ikan pelagis  perenang cepat diperairan subtropiks dan  tropis yang jernih  dan  kaya akan plankton.  menyenangi  cahaya di malam hari  dan mampu  melayang diudara  sejauh 50 meter  karena memiliki  sirip dada atau vectorial yang panjang dan lebar,   biasanya disebabkan oleh kejaran pemangsa seperti ikan-ikan predator Mackerel, Tuna, Swordfish,Cakalang  dan Marlin,   tapi dengan  bentuk  tubuhnya yang  aerodinamis  maka pergerakan tubuh yang baik dapat membuat kecepatan 70 km/jam  dan  penggunaan posisi gelombang atau arus saat melesat dari dalam air  ikan ini dapat meluncur di udara sejauh 400 meter.      Diperkirakan ada 18 spesies Ikan Terbang  yang ada di Indonesia namun yang  teridentifikasi  13 spesies (Hutomo et al, 1980),  Nessa et al, 1977 di Selat Makassar dan Laut Flores menemukan spesies   Cypselurus oxycephalus, C. oligolephis, C.  poecilopterus, C. altipennis, C. speculiger, C. caphisthopus, C. nigricans, C. swainson, Cypselurus sp, Evolantia micropterus dan Proghnichthys sealei.

Bentuk  tubuh bulat  memanjang  mampet dibagian tengah samping  dengan  panjang  tubuh 3,4-4,1 kali panjang kepala atau 18 Cm.   Bagian atas tubuh berwarna gelap dan bawah mengkilap  sangat baik  untuk menghindarkan diri dari pemangsa dipermukaan atau dari bawah perairan,  diantara kedua warna tsbt terdapat garis linea  literalis dengan sisik agak keras yang memanjang dari pangkal ekor ke bagian pangkal kepala.   Memiliki sisik sikloid dengan ukuran relatip besar terutama bagian dorsal sebanyak 32-37 buah sisik dan poros 51-56 buah sisik. 

Sirip dorsal dan anal transparan ,  sirip ekor  bercagak warna  abu-abu bagian bawah lebih panjang,   Sirip ventral keabu-abuan  dibagian atas dan terang bagian bawah  posisi lebih dekat kearah kepala posterior  dan Pektorial sirip samping dekat kepala berwarna abu-abu dengan belang-belang pendek dengan banyak duri lemah.   Namun sirip pektorial  dan dorsal mempunyai ukuran lebih panjang  dapat mencapai ke sirip analpin dan lebih  lebar berfungsi untuk terbang saat di udara.

Ikan terbang  bersifat  Pelagophyls dan Pytophils  yang berarti  pada saat memijah melekatkan  telurnya pada tumbuh-tumbuhan dan benda terapung dipermukaan perairan seperti rumput laut dan daun-daun kering yang hanyut  sekali memijah  menghasilkan  4.000 – 9.000 butir telur.  Namun jenis Exocaetus telurnya dapat terapung dipermukaan perairan.

Diperairan Laut Sulawesi,  selat Makassar dan Laut Flores  pada bulan Juni dan September  banyak ditemukan nelayan Sulawesi Selatam  yang melaut untuk menangkap ikan terbang atau tulur ikan terbang dengan menggunakan rumpon dan jaring insang permukaan.  Ikan yang  tertangkap bukan ikan menetap melainkan ikan yang sedang melakukan ruaya  pola migrasi  baik pendewasaan maupun untuk bereproduksi,  ikan yang masuk di perairan ini berasal dari laut pasipik dan laut cina selatam kemudian menuju samudra melalui perairan Indonesia seperti Selat Makassar atau Selat sunda, kemudian  sekitar empat sampai lima bulan kemudian akan kembali ke perairan samudera fasipik melalui perairan Arafura sesuai dengan usia hidup ikan terbang yang hanya 1-3 tahun saja. 

Klasifikasi ilmiah :  Kerajaan ;  Animalia,  Filum ;  Chordata,  Kelas ;  Actinopterygii, Ordo ;  Beloniformes,  Famili  ;  Exocoetidae,   Genera ;  Cheilopogon, Cypselurus, Danichthys, Exocoetus,  Fodiator, Hirundichthys, Oxyporhamphus, Parexocoetus dan Prognichthys.  
by  Bakri Supian




Ikan Terbang melayang di udara Laut Mandar,
Orang berilmu akan bijaksana bila berhati benar. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HALIS MUHAMMAD NUR KERJA KERAS SUKSES SULAP PANTAI MASIRETE JADI TEMPAT USAHA WISATA

NusaNTaRa.Com     byLaCappotttA.         S   a   b   t   u,    2   7      A    p    r    i    l      2   0   2   4      Pantai Masirete yang...