Senin, 01 Mei 2017

EUPORIA PENYELENGGARAAN SEA GAMES 29 DAN PARA GAMES 19 2017 DI KUALA LUMPUR

NusanTaRa.Com 
byRyanSyahputra



Kota Kuala Lumpur Malaysia akan menggelar dua ajang Pesta Olah raga antar Negara Asia Tenggara atau Nusantara  tahun 2017, yaitu SEA GAMES 2017 yang akan diselenggarakan pada 19 sampai 31 Agustus 2017 dan Para ASEAN akan digelar 17 sampaii 23 September 2017 dengan menguusung thema “  BANGKIT BERSAMA  “ yang berarti Era dimana Negara – Negara Asia Tenggara perlu bersatu sebagai satu komuniti, hal ini dikemukakan Menteri Pemuda dan Olah Raga Malaysia Datu Khairy Jamaluddin Abu Bakar.  Penyelenggaraan Sea Games 2017 di Kuala lumpur ini adalah yang ke - 29   sedang Asean Paragames kali ini yang ke – 9 kegiatan ini akan disokong kurang lebih 20.000 oraang relawan dan dipusatkan di stadion Bukit Jalil.

SEA GAMES (Pesta Olahraga Asia Tenggara) adalah ajang pesta Olahraga yang diadakan dua tahun sekali bagi Negara yang berada diserantau Asia Tenggara (11 negara) dan berada di bawah kontrol Komite Olimpiade Internasional (IOC) dengan mempertandingkan beberapa cabang olahraga, pertama kali dicetuskan Laung Sukhumnaipradit dan penyelenggaraan pertamanya di Bangkok tahun 1959.  Sedangkan  ASEAN PARAGAMES (Pesta olahraga Difabel Asia Tenggara) adalah Ajang olahraga dua tahunan diselenggarakan setelah Sea Games yang diikuti para atlit yang mengalami cacat fisik (difabel) dari seluruh Negara Asia tenggara  di bawah pengawasan ASEAN Para Sports Federation (APSF). 

Salah satu kegiatan penyelenggaraan  Sea Games ke-29 dan  Pelaksanaan Para Games Kuala Lumpur 2017  adalah mempromosikan dan meningkatkan euporia semangat ajang tersebut  dengan penyelenggaraan  Baton Run yaitu larian membawa obor atau tongkat secara bergilir oleh para atlit atau tokoh di setiap negara pesertanya, termasuk Indonesia.    " Mumpung (tongkat estafet Baton Sea Games) ada di Indonesia, kita sampaikan bahwa Indonesia bersemangat (mengikuti Sea Games)  ",  Ujar SiDin Raden Isnanta Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga Jakarta Pusat, Ahad, 30 April 2017.

Di Brunai Darussalam
Kegiatan Promosi Ajang SEA Games dan PARA Games Kuala Lumpur,  pertama kali di laksanakan di Brunei Darussalam pada 05 maret 2017 menyusul negara Filipina, Laos, Myanmar, Thailand, Vietnam, Timor Leste dan sebelum di Indonesia pada 30 April terlebih dahulu di Kamboja 22 April 2017, lalu Singapura dan akan berakhir tiba di Malaysia pada 14 mei 2017 mendatang.  Penyelenggaraan  Baton Run di Jakarta dengan Penerimaan tongkat Baton Run  SeaGames 2017 secara simbolis oleh Pak Isnanta mewakili Menpora dari Datuk M Saravanan mewakili Kementerian Olahraga Malaysia.  

Kemudian tongkat tersebut dibawa secara estapet oleh atlit veteran Suryo Agung Wibowo (sprinter Asia tenggara) dan Luluk Hadiyanto (Atlit BuluTangkis) menempu jarak 9,8 km mulai dari Kantor Kemenpora, Gelora Bung Karno, Jembatan Semanggi, Patung Sudirman, Bundaran HI, Balaikota DKI Jakarta, dan finish di Museum Nasional.   "  Kita memang sengaja didampingi atlit masa lalu. Ada sprinter Suryo Agung Wibowo dan atlit bulu tangkis Luluk Hadiyanto  " Ujar SiDin Isnanta.

Indonesia sudah memastikan akan mengirimkan atlitnya ke Ajang dua tahunan Sea Games dan Para Games 2017 meski sampai saat ini belum menentukan secara pasti daftar atlit yang akan dikirim sehubungan tuntutan untuk menurunkan anggaran mengikuti Ajang tersebut oleh pemerintah sehingga yang dipilih hanya yang diperkirakan akan menerima medali,  serta sampai saat ini Kemenpora masih mencari siap yang akan menjadi Chef de Mission (CdM).  Sehubungan permintaan pemerintah untuk mengurangi biaya anggaran di ajang tersebut Sea Games 2017 diperkirakan ikut 250 atlit (2015 sebanyak 547 atlit) untuk 32 cabang olahraga namun semua ini yang diperkirakan kuat akan menyabet medali.   

Menurut data penyelengara Para Games 2017 Kuala Lumpur bahwa penyelenggaraan kali ini di ikuti sekitar 1.447 atlit lebih banyak 212 atli di banding 2015 di Singapura, Malaysia akan mengikutkan atlitnya sebanyak 376 atlit di 16 Laga dan tercatat sebagai terbanyak Thailand 272 atlit dan Timor Leste 36 atlit.  Semula ada dua nama yang bakal menajdi CdM Indonesia ke Kuala Lumpur 2017 yaitu Yayuk Basuki daan Susy Susanti.   "  Semalam saya meminta Yayuk Basuki. Dia tidak bersedia karena posisinya sekarang sebagai pengawas pemerintah  ",  Ujar SiDin Imam Nahrowi Menteri Pemuda dan Olahraga dikutip secara profesional NusanTaRa.Com.

"  Saya juga sudah berkomunikasi dengan Susy Susanti. Dia masih meminta izin kepada atasannya di PBSI sebelum menerima tawaran saya  ",  Ujar SiDin Imam Nahrowi, disamping itu Susy Susanti juga akan mendampingi atlet-atlet bulu tangkis Indonesia yang akan berlaga dalam Pesta Olahraga Asia Tenggara ke-29 itu.  "  Target keseluruhan realistis, jika Sea Games sebelumnya kita peringkat 5, kita targetkan naik ke posisi 4 atau 3. Kita fokus untuk penyiapan atlit menuju 2018 untuk meraih 10 besar se-Asia  ",  Lanjut Ujar SiDin.   
  

MatJaiS Striker Legenda tak berbanding,
Sea Games dan Para Games bina keakrapan dengan bertanding. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KISAH JANDA PANGERAN CINA YANG BERUBAH MENJADI BATU. LEGENDS GUNUNG KINABALU DI SABAH

NusaNTaRa.Com     byGreaTBritteN,       J    u    m    a    t,     0    3      M    e    i       2    0    2    4   Gunung KINABALU gunung...