Minggu, 20 Maret 2016

TONGSIS PENDUKUNG SELFIAN, MASUK TEMUAN TERBAIK DUNIA TAHUN 2014

NusanTaRa.Com 

Tahun 2014, Selfie menjadi kata paling populer di masyarakat dunia. Kata ini muncul tak lepas dari kebiasaan orang-orang mengambil foto diri sendiri (selfie), terlebih urusan photo sendiri menjadi trend seiring dengan semakin membudayanya dunia maya dalam kehidupan masyarakat dunia untuk bergaul dan berkomunikasi.    Geliat " berselfie Ria " bukan hanya di masyarakat biasa saja tapi merambah hingga kedunia  kalangan selebritis, pejabat hingga presiden juga ikut larut dalam fenomena selfie diiringi munculnya bentuk lain yaitu Selfie bersama dalam satu ponsel yang pupuler dengan istilah wefie. 

Tongsis atau tongkat narsis merupakan sebuah alat bantu berupa tongkat sepanjang hingga 2,5 m untuk membantu seseorang yang ingin membuat foto selfie atau Vidio blogging dengan Camera Handphone tanpa harus dibantu orang lain.  Tongsis biasanya terdiri dari dua bagian yaitu bagian Tongkat yang dapat dipanjang pendekkan dan Device holder tempat meletakkan Handphone Camera atau Smartphon bahkan iPad ntuk membuat gambar dengan angle dan lokus yang lebih leluasa.

Berselfie dengan menggunakan tangan sendiri tentunya sangat terbatas lokus gambar yang dapat diabadikan sehingga dibutuhkan satu cakauan agar gambar tersebut dapat mencakau gambar yang lebih luas, dengan menggunakan sebuah alat agar kamera dapat berada pada posisi lebih jauh dan lebih in posisi tapi masih dengan tangan sendiri.   Tongsis atau tongkat Narsis merupakan jawaban akan kebutuhan tersebut.  Semua orang Indonesia pasti akrab dengan barang ini bahkan penggunaannya telah menjadi kebutuhan masyarakat dunia hingga kini.    Alat ini telah masuk berita pada salah satu majalah dunia " TIME " sebagai salah satu temuan terbaik tahun 2014,  lebih kerennya lagi tongkat ajaib yang bikin  eksis ini ternyata berasal dari Indonesia. 

Babab Dito  dengan nama asli Anindito Respati Giyardani adalah satu putra bangsa yang menemukan  dan memiliki hak paten tongsis,  pemilik website www.bababdito.com ini mendaftarkan hak patennya ke Amerika Serikat sejak 2012 silam meski sudah tiga tahun sertifikatnya belum keluar.  Beliau mengatakan bahwa,  " Adalah dalam kebenaran kelahiran tongsis dilatar belakangi kebiasaan orang-orang yang melakukan foto selfie dengan smartphone,  kondisi pengambilan foto yang kurang optimal ketika berwisata membuat orang-orang membutuhkan alat pendukung ".   Melihat kondisi ini terlintas dibenak Anindito untuk melahirkan alat bantu yang dapat memberi satu peluang bagi Camera HP para peselfie untuk dapat mengkaper gambar lebih leluasa dan asik,  ide awalnya ia tertarik pada " Tripod " pendukung Kamera, sehingga berkembang wujud Tongkat Narsis yang praktis dapat di panjangkan hingga 2,5 m, dapat diposisikan pada enggel yang lebih baik dan dapat dipendekkan sehingga lebih praktis membawanya.   

Suatu saat ia merasa banyak kreasi yang dilahirkan para produsen dengan lebih baik, dan 1995 tongsis pertama kali di produksi di Jepang, karena semakin banyaknya kreasi baru dan takut tercuri maka atas saran sahabat Yoris Sebastian ia memfatenkannya di USA 20 September 2012 dan semua itu ia  umumkan dalam webside yang ia miliki babab@intravelogy.com.    Sangat cepat sekali kemunculan  Tongsis di dunia Sosmed dengan manfaat dan keajaiban yang bisa ia berikan langsung bisa dirasakan banyak orang.   Karena foto selfie yang cantik dan indah membuat objek wisata terekspos dengan baik, seseorang menjadi lebih bahagia dan eksis di dunia maya.




Keberadaan tongsis yang mampu mengambil jarak dan kawasan gambar yang lebih baik, sehingga gambar yang dihasilkan memuaskan membuat istilah selfie semakin populer dan semakin sempurna.   Popularitas tongsis membuat beberapa brand-brand besar tidak tanggung-tanggung  baik dalam dan luar negeri memanfaatkan tren penggunaan Tongsis ini untuk mempromosikan produknya sebagai gambaran dalam iklannya.    Penobatan Tongsis sebagai 25 temuan terbaik dunia oleh Majalah TIME tahun 2014 merupakan sebuah apresiasi dan prestasi yang mampu mengharumkan nama bangsa Indonesia. Sang penemu dan pencipta asal Indonesia tersebut bisa menjadi inspirasi untuk generasi penerus Indonesia.
byFarhaDTukirmaN.
Babab Dito, Penemu Tongsis
Ingin memetik bintang  tangan tak sampai,
Ingin mendapatkan gambar Selfie baik pakai Tongsis ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KISAH JANDA PANGERAN CINA YANG BERUBAH MENJADI BATU. LEGENDS GUNUNG KINABALU DI SABAH

NusaNTaRa.Com     byGreaTBritteN,       J    u    m    a    t,     0    3      M    e    i       2    0    2    4   Gunung KINABALU gunung...