Minggu, 06 Maret 2016

ABU JENAZAH DAVID BOWIE DITABUR DI BALI

NusanTaRa.Com

David Bowie (David Robert Jones nama aslinya) seorang penyanyi Rock yang melegenda sejak 1962 hingga 2016 tutup usia pada 10 Januari 2016 di New York City, namun sebelum meninggal ia telah membuat surat wasiat yang memuat pesan agar dilaksanakan ketika ia telah meninggal,  Isi surat wasiat David Bowie memuat pesan masalah pembagian warisan dan keinginannya agar abu jenazahnya ditabur di Bali.

Jasad beliau telahpun dikremasi pada 12 Januari 2016 di New Jersey AS sesuai dengan surat wasiat adapun penaburan abu jenasah apakah sudah dilaksnakan atau belum sebagai mana pesan surat wasiat mendiang, sampai hari ini belum jelas.

Mendiang meninggal pada usia 69 tahun akibat serangan penyakit Kangker yang telah menyerangnya, dua hari sebelum meninggal ia telah merilis album baru bertajuk  BlackStar dan album tersebut saat ini telah menduduk peringkat pertama pada lagu Inggris selama tiga minggu berturut-turut.

Surat wasiat tersebut yang ditulis pada 2004 oleh mendiang telah diajukan ke pengadilan, Manhattan, New York, Amerika pada 29 Januari 2016 waktu setempat. Musisi yang meninggal di usia 69 tahun itu meminta agar dikremasi di Bali apabila sudah meninggal, lalu abu jenazahnya ditebar di sana.

Adapun wasiat lain yang tertera di dalamnya, menurut laporan New York Post, penyanyi yang meninggal dunia pada 10 Januari 2016 itu membagi harta USD100 juta kepada sang istri, Iman. Wanita keturunan Somalia.   Kedua anaknya Duncan Jones dan Alexandria Zahra Jones juga mendapat bagian serta Alexandria juga berhak atas rumah mewah di New York.

Asisten Bowie, Corinne Coco juga mendapat warisan sebesar USD 2 juta. Begitu juga dengan mantan pengasuh anak Bowie Marion Skene yang diberi USD1 juta.  Atas meninggalnya David Bowie tersebut Pemerintah Kota New York dalam menghormati beliau telah menetapkan 10 januari sebagai  " Hari David Bowie  ".

Semasa hidup, Bowie memang begitu dekat dengan Indonesia, khususnya Bali. Bersama Tin Machine, Bowie pernah menciptakan lagu berjudul Amlapura yang merupakan salah satu tempat di Bali. Bowie terinspirasi membuat lagu itu setelah liburan di Amlapura, Karangasem, Bali pada akhir 1980-an.

Simak saja lirik lagu Amlapura.

Hey, hey it's the tall sail on a beach reach for java
Make way for to java watching for boogies
Hey, hey it's a dreaming I would burn you if you should die
Hey, hey I would burn too if you should lie upon that bamboo pyre

I dream of Amlapura
Never saw in all my life a more shining jewel
I dream of Amlapura
Of an ocean or dream of a princess in stone

Hey, hey golden roses around a Raja's mouth
Hey, hey all the dead children buried standing
A flying Dutchman
Smoking gun and spice wind

I dream of Amlapura
Never saw in all my life a more shining jewel
I dream of Amlapura
Of an ocean or dream of a princess in stone


Bahkan, Bowie juga pernah membuat lagu berbahasa Indonesia berjudul Jangan Susahkan Hatiku yang merupakan gubahan dari lagu Don't Let Me Down & Down. Lagu ini juga merupakan bonus dari album Black Tie White Noise.

Lagu-lagu yang pernah di populerkan David Bowie selama kariernya pada tahun 1969 Space Oddity, 1970 The Man who sold the word, 1971 Life on Mars, Chnges, Queen Bitch, and Oh! You prettythings, 1972 Starman, Moonage DayDream, Five Years, Sufragette City and Ziggy Stardust, 1973 Jean Genie, 1974 All the Young Dudes, Rebel rebel dan Diamond Dogs,  1976 Golden Years, Young Americans dan Wild is the Wind, 1977 Heroes dan Sound and Vision, 1980 Ashes to Ashes, 1983 Let's Dance,  Modern Love, China Girl dan Cat People, 1984 As the World Fall Dawn dan Absolute Beginners, 1985 Dancing on the Street dan This is not America, 1986 Magic Dance, 1999 Thursday's Child, 2013 Where Are We Now dan 2016 Black Star.

David Bowie kelahiran Brixton London Inggris pada 8 Januari 1947adalah penyanyi beraliran Rock sejak tahun 1962 hingga akhir hayatnya di 2016, karier bermusiknya sangat di dukung oleh kakaknya sembilan tahun lebih tua yaitu Terry yang meninggal 1985 yang kemudian menginspirasi David Bowie untuk melahirkan lagu ' Jump They Say ".  Selama hidupnya ia menikai dua wanita Angie Bowie warga Skotlandia (1970-1980 cerai)  dan  Iman keturunan Somalia (1992 - 2016 meninggalnya), memiliki anak Duncan Jones (1971) dan Alexandria " lexi " Zahra Jones (2000).
byFarhaDTukirmaN


Seni membuat hidup lebih nyaman,
David Bowie dengan seni menyentuh kemanusian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KISAH JANDA PANGERAN CINA YANG BERUBAH MENJADI BATU. LEGENDS GUNUNG KINABALU DI SABAH

NusaNTaRa.Com     byGreaTBritteN,       J    u    m    a    t,     0    3      M    e    i       2    0    2    4   Gunung KINABALU gunung...