Senin, 14 Maret 2016

CYBORG MAN RONGSOKAN PRODUK BALI INDONESIA

NusanTaRa.Com

Siapa sangka cyborg man atau Iron Man atau Tony Stark wujud di muka bumi, karena biasanya kita hanya dapat menyaksikan di layar lebar dimana tubuh manusia yang dari daging disimbiosekan dengan mekanisme mekanik dalam mengendalikan tubuh.   Ternyata itu memang ada bahkan di bumi  Indonesia meski sangat sederhana tapi prototipe  itu mengarah ke bentuk tersebut meski baru pada mekanisme pengendalian tangan saja.  

Adalah Tawan yang telah menciptakan tangan Robot buat dirinya sendiri karena kegagalan fungsinya secara normal, tangan robotnya tersebut dapat digerakkan dengan pengendalian dari otaknya sendiri.  Tak salah amat jika status Cyborg Man disandang oleh I Wayan Sumardana alias Tawan,  Pria berusia 31 tahun asal Banjar Tauman, Desa Nyuhtebel, Bali sehinggalah ia dijuluki manusia robot oleh warga sekitarnya. 

Keinginan yang kuat serta berbekal pengetahuan elektronik yang ia dapat disekolah saat di STM serta kerajinannya menyimak akan pengetahuan Cyborg di dunia maya, Tawan mencoba mengimplentasikan berbagai imajinasinya tentang Robot meski beberapa kali mengalami kegagalan, namun akhirnya ia berhasil juga menemukan sistem tersebut untuk penggunaan tangannya, sistem robot yang ia temukan sejenis EEG.

Kisah ini berawal ketika Tawan yang bekerja sebagai tukang les ini  jatuh sakit dan menderita stroke ringan berujung pada tangan kirinya mengalami kelumpuh total.  Disisi lain Tawan merupakan tulang punggung keluarga bagi istri dan tiga anak lelakinya yang tentunya membutuhkan napkah, sehingga ia harus menguatkan diri untuk mengatasi tanggung jawab sekaligus kekurangan tersebut.

Meski sempat stres, Tawan tetap memutar akal bagaimana agar kondisi lumpuh tersebut tidak menjadi beban dalam melaksanakan tugasnya.  Ketekunan Tawan dalam mencari informasi di situs internet untuk mendukung merancang alat atau sejenis robot yang dapat membantunya menggerakkan tangan kirinya yang lumpuh dalam menjalankan kerja.

" Alat ini belum sempurna, tapi sudah lumayan membantu. Tanpa alat ini, saya sama sekali tak bisa menggunakan tangan kiri, " ujar Tawan seperti dikutip dari Balipost, Senin (18/01/2016).

Usaha Keras dan keseriusan Tawan dalam menciptakan Cyborg atau Robot tangan, juga di lakukannya dengan menggunakan bahan yang murah atau barang-barang bekas.  Komponen shock speda motor maupun berbagai perangkat elektronik komputer rongsokan ia gabungkan sehingga membentuk satu perangkat gerak tangan Robot yang sederhana.

Menurut Tawan, robot ini digerakkan dengan sinyal dari otaknya. Karenanya, saat menggunakan tangan kiri dengan bantuan robot yang ia buat, ia mesti berkonsentrasi penuh. Tawan sempat mendemonstrasikan kemampun robot di tangannya saat mengangkat pelek mobil seberat 10 kg. Saat diangkat dengan tangannya yang normal, terasa berat. Namun saat diangkat dengan tangan kiri, terlihat ia mengangkatnya dengan enteng.

Meski demikian Tawan or Sutawan si manusia iron man yang sempat di siarkan Metro TV dan di wartakan BBC  London, mendapat kritikan dari seorang Sarjana Elektro dari Unhas melalui Medsosnya Canny Watae dengan anggapan bahw "  Tawan adalah Manusia IRON MAN Bohong " dengan berbagai argumennya di Akun Facebooknya pada Kamis 21/01/2016 dan diwartakan oleh Tribun Timur Makassar Jumat 22 Januari 2016..

Tawan yang kini menetap dan bekerja di sebuah bengkel di desanya dapat bekerja sehari-hari sebagaimana mestinya, seperti mengelas berbagai besi untuk kepentingan rumah tangga pelanggannya serta ia juga melayani panggilan untuk mengerjakan pekerjaan tersebut

Karena operasional tangan Cyborg nya membutuhkan konsentrasi yang tinggi sehingga sering melelahkan, sebagaimana kata Tawan atau I Wayan Sumardhana  :  " Tapi karena pakai sinyal otak, energi saya terkuras. Saya harus konsentrasi dan fokus pada benda yang mau diambil atau mengerjakan apa. Kalau tak fokus, susah ",  ujarnya.
byMcDonalDBiunG 

Manusia Robot beratraksi di Filn,
I Wayan Sumardhan Cyborg Bali dari Banjar Tauman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KISAH JANDA PANGERAN CINA YANG BERUBAH MENJADI BATU. LEGENDS GUNUNG KINABALU DI SABAH

NusaNTaRa.Com     byGreaTBritteN,       J    u    m    a    t,     0    3      M    e    i       2    0    2    4   Gunung KINABALU gunung...