Kamis, 24 September 2015

" BAABUL MUNAWWARA " INDONESIAN FIRST MOSQUE UNDER GROUND

NusanTaRa.Com

"  Mosque is one praying place to Allah of muslim, usually this building on the ground but " Baabul Munawwara " mosque at the PT. Freeport Indonesia Timika Papua built at deeply 1.760 meter Underground.   So this mosque be the Indonesian first mosque underground can accomodate 250 people muslim.  Not Far oof its standing Oikumene Soteria Church as Indonesian First Church underground. " 



Masjid merupakan bangunan tempat ibadah bagi ummat islam dalam berbagai kegiatan seperti Sholat, Pengajian, zikir, da’wah dan sebagainya, umumnya bangunan ini terdapat di atas permukaan bumi dengan bentuk yang indah dan mempesona yaitu suatu bangunan besar dengan kubah bundar besar ditengahnya, langit-langit tinggi, memiliki menara tinggi disampingnya, diatas kubah terdapat simbol bulan bintang, ruang sholat luas didepannya ada mimbar untuk pendakwah dan tempat wudhu.   Mesjid biasanya memiliki nama yang berbau islami,  keramaian akan terasa saat waktu sholat dengan jemaahnya, pengajian dan khutbah pencerahannya.

Mesjid  “ Baabul Munawwara “  yang dibangun di area pertambangan PT. Freeport Indonesia Papua di daerah Tembagapura, Timiki oleh perusahaan,  sangat berlainan dengan mesjid pada umumnya yang ada dimuka bumi karena ia dibangun di dalam perut bumi, bahkan tercatat sebagai mesjid pertama yang dibangun di dalam perut bumi di Nusantara.   Tak tanggung-tanggung mesjid yang dibangun di area tambang tersebut sebagai tempat beribadah para pekerja muslim berada pada kedalaman 1.760 meter dari permukaan tanah.  

Mesjid yang dibangun perusahaan PT. Freeport Indonesia tersebut baru diresmikan pada 10 Juni  2015 oleh Pangdam XVII/Cenderawasih dapat menampung jemaah sebanyak 250 orang, keberadaan ini tentunya sangat memudahkan bagi pekerja untuk menjalankan tugas tanpa harus meninggalkan kewajiban terhadap khaliknya.   Pembangunan rumah ibadah ini dengan sendirinya secara langsung suatu sarana pembinaan moral para pekerja untuk dapat bekerja dengan baik yang akan menguntungkan perusahaan dan negara pada golirannya.

Berada di sudut terowongan yang digali ribuan pekerja tambang sehingga berbentuk satu ruangan besar tempat berjemaah, dinding dan atap mesjid tentunya dari batu yang disemprot semacam semen agar rata, setiap meternya ada batuan tiang penahan dinding dan atap dan lantai mesjid ditutupi Karpet Kehijauan.   Mesjid ini dilengkapi Exhaust untuk menyedot udara kotor keluar, sehingga para jemaah akan merasa nyaman dengan udara segarnya.


Selain masjid “ Baabul Munawwara " yang berarti “  Pintu Tempat Cahaya “, PT. Freeport Indonesia ditempat yang berhampiran membangun sebuah gereja bernama “ Oikumene Soteria yang artinya keselamatan tempat ibadah bagi pekerja yang beragama Kristen.  Panglima Daerah Militer (Pangdam) XVII/ Cenderawasih, Mayjen TNI Fransen G Siahaan telah meresmikan kedua bangunan ruumah ibadah tersebut, Kamis (11/6/2015) di PT. Freeport Indonesia.   Masjid tersebut hasil rancang  Alexander Mone  lulusan Universitas Bina Nusantara,  Sedangkan konstruksi  Andrew Parhusip insinyur sipil jebolan Institut Teknologi Bandung. 

Mayjen TNI Fransen G. Siahaan yang telah meresmikan kedua bangunan tersebut mengatakan, “ Diresmikannya kedua tempat ibadah ini menunjukkan suatu peningkatan iman dan kerukunan hidup antar umat beragama di lingkungan perusahaan Freeport “ dan  "  Sehingga dahulukan Tuhan sebelum bekerja, Tuhan hanya sejauh doa.  Saya sangat mengapresiasi tinggi kepada karyawan Freeport yang telah mendirikan pembangunan rumah ibadah di bawah tanah yang pertama di Indonesia ".
   
General Manager PT. Freeport Indonesia Nur Hadi Sabirin, menyatakan pembangunan mesjid dan gereja yang bersebelahan ini merupakan refleksi yang mencerminkan kebersamaan karyawan dalam mencari kehidupan bekeja selama 24 jam tiada henti  tapi tetap melaksanakan kewajiban agama, melakukan aktivitas sosial dan menjaga kerukunan antar umat beragama di tambang bawah tanah.   Vice President (VP) Underground Operation, Christopher Zimmer, juga berterimakasih atas pembangunan kedua tempat ibadah di bawah tanah yang pertama kali ada di Indonesia sehingga kita semua wajib mengucap syukur kepada tuhan.
byKariTaLa LA









Terdengar Beduk tanda waktu sholat,
Sholat yang baik membuat produktipitas kerja meningkat.

1 komentar:

ANDI RENDI RUSTANDI ANAK BURUH DAN PENJUAL GORENGAN SERING TERUSIR BEKERJA DI LEMBAGA RISET BESAR JEPANG

NusaNTaRa.Com byAsnISamandaK,             S    a    b    t    u,      3     0        M     a     r     e     t        2     0     2     4   ...