Minggu, 27 Juli 2014

SHOLAT IDHUL FITRIE 1435 H DI MESJID AGUNG AL-MUJAHIDDIN NUNUKAN





“ Selamat Hari Raya Idhul Fitrie 1435 H mohon maaf lahir bathin minal Adhin wal Faidhin “ inilah ucapan yang sering terucap dari seorang muslim pada hari raya Islam di awal syawal







Sholat Idhul Fitrie 1435 H bagi masyarakat Perbatasan Kabupaten Nunukan pagi tadi Senin 28 Juli 2014 jam 07 45 Wite yang penyelenggaraannya di pusatkan  di Mesjid Agung Al-Mujahidin Nunukan, perayaan ini mengikuti ketetapan Menteri Agama yang berlaku bagi ummat Islam se Indonesia.  Sholat berjemaah  itu dimeriahkan ummat Islam tua muda sekitar 2.000 jemaah, bertindak sebagai Iman Bapak H Imam Basran dan Penceramah Ustad Drs. H Wisman dan sebelumnya Kata Sambutan di sampaikan Bupati Nunukan Drs. H Basri.



Idhul Fitrie hari besar bagi ummat Islam dengan berbagai keistimewaan yang dianugerahkan Allah pada hari tersebut seperti Hari Kemenangan bagi ummat Islam yang telah berhasil menaklukkan hawa napsu dari godaan setan dengan tetap melaksanakan ibadah Puasa dan ibadah lain sebanyaknya yang disisi Allah akan mendapatkan pahala besar.   Ummat Islam sebulan pull di Ramadhan di perintahkan berbuat ibadah sebanyak-banyak karena  akan menerima Ganjaran yang jauh lebih besar dibanding hari biasa.



Sebagai hari Fitrie yaitu sebagai hari yang suci dari dosa tentunya bagi ummat Islam yang menjalankan ibadah puasa serta ibadah lainnya dengan baik dibulan tersebut, sehingga amal  ibadah yang diperoleh berlimpah dan mensucikan diri dari dosa-dosanya kecuali untu dosa tertentu seperti Dosa besar menyakiti orang tua yang kemaafannya hanya diperoleh dari keihlasan orang tua tersebut memaafkannya anaknya yang meminta maaf.



Sebagai hari saling bermaaf-maafan  dengan sesama muslim mulai dari orang tua,  keluarga, sahabat disekitar, teman sejawat di kantor atas dosa dan khilap yang diperbuat selama setahun bergaul atau sebelumnya baik yang dilakukan secara sengaja maupun tidak sengaja, ini biasanya di lakukan dengan saling mengunjungi sambil bersalaman dan ucapan mohon maaf dengan ihlas dan biasanya diselingi dengan makan penganan bersama dengan akrab.



Nunukan hari selain diramaikan dengan Sholat Idhul fitrie yang dipusatkan di Mesjid Agung Al-mujahidin  dan di beberapaa mesjid besar di P Nunukan tersebut, juga diramaikan dengan kesibukan lain seperti bersilaturami dengan kerabat dengan saling bermaafan.  Keramaian lain adalah beberapa lokasi Pemakaman seperti Pemakaman  Makam pahlawan, Makam Pasir Putih dan Pemakaman Sei Selisun juga jadi pusat keramaian ummat Islam untuk memberikan doa pada keluargaa atau kerabat yang telah meninggal, sehingga di sekitar pemakaman terdapat Jasa Baca Doa, penjual Bunga yang ditaburkan dikuburan dan Air.



Open house Bupati Nunukan dan Wakil Bupati dirumah jabatan juga menjadi lokasi yang cukup ramai dikunjungi masyarakat untuk  memberikan kesempatan pada masyarakat dan pejabat bersilaturahmi.   Selain itu ada beberapa instansi juga  membuka kesempatan pada umum unuk bersilaturahmi. 



Bupati Nunukan Drs. H Basri sebelum sholat id berlangsung memberikan sambutan kabar gembira dan Ucapan selamat dari Pemerintah Daerah Nunukan kepada Ummat Islam Nunukan untuk merayakan hari besar tersebut, pada kesempatan tersebut mengajak masyarakat untuk memanfaatkan momen mulia tersebut sebaik mungkin dengan memlaksanakan silaturahmi dan mempertahankan dan mengamalkan ibadah dan tingkah laku yang telah di bangun selama bulan puasa, sehingga daerah perbatasan Nunukan dapat membangun dengan baik dan aman serta masyarakat lebih sejahtera.



Setelah muadzin melaksanakan adzan dan kamat serta memberikan  penjelasan tentang tata tertib menjalankan Sholat id, maka sekitar  Jam 0820 sholatpun dilaksanakan dengan di iamani oleh Bapak H Imam Basran sebanyak dua rakaat dengan bacaan surah al-qur’an yang khusu.



  Diam dengarkan dan Perhatikan agar sholat id anda diterima barangsiapa yang menggangu sekalipun mengatakan pada  temannya Diam, maka rusaklah sholat idnya   setelah kalimat ini diucapkan dengan tegas oleh muadzim tiga kali dan shalawat maka dimulailah Ceramah Sholat idhul adha sebagai hal yang wajib bagi sempurnanya sholat id yang di bawakan  Ustad Drs. H Wisman.    Ustad dalam ceramahnya  mengajak ummat islam untuk menghargai  amal ibadah yang telah dicapai selama bulan tersebut dengan tetap melaksanakan ibadah tersebut dibulan selanjutnya yang tentunya akan memberikan barokah dengan berbagai kesuksesan dan menjadi sikap kita lebih mendekatkan diri pada Allah, bagi orang yang mengerti dan mencintai Ramadhan tentunya tentunya akan bersedih hati setelah ditinggalkan oleh bulan yang penuh dengan kelimpahan rahmat Allah tapi jangan bersedih  mari kita konsisten dengan sikap dan ibadah yang telah kita bangun dan tetap kita laksanakan  dan ini akan memberikan rahmat bagi kita.

By BakriSupian





Idhul Fitrie hari raya kemenangan penuh rahmat,

konsisten dan ihlas melaksanakan  ibadah petunjuk hidup selamat.







1 komentar:

PARI GERGAJI GIGI KECIL DAPAT SURVIVE DENGAN BAWAAN PARTHENOGENESIS BILA TERTEKAN

NusaNTaRa.Com byIrkaBPiranhA,         S     e    n    i     n,        0    6      M    e    i      2    0    2    4   Pari Gergaji Gigi Ke...