Jumat, 28 Februari 2014

PENAS KTNA XIV TAHUN 2014 DI MALANG DENGAN PAKET MAGANG


"  Memantapkan Kepemimpinan dan Kemandirian Kontak Tani-Nelayan dalam rangka pengembangan Kemitraan dan Jejaring UsahaTani Guna mewujudkan Kesejahteraan Petani-Nelayan  "





Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (PENAS KTNA) XIV tahun 2014 di Malang, dipusatkan di Stadion Kanjuruhan  Malang  dapat dipastikan akan berlangsung pada tanggal  07 – 12 Juni 2014, sebagaimana yang di sampaikan Ibu Yenny kepala bidang Seksi Transportasi dan Akomodasi Panitia Penas KTNA XIV Kabupaten Malang saat menyambut kedatangan Tim Peninjau PENAS KTNA XIV 2014 dari Provinsi Kalimantan Timur dan Utara di Sekretariat PENAS KTNA XIV 2014 yang bertempat di Islamic Center Kabupaten Malang, Selasa, 25-02-2014.

Pernyataan tersebut sekaligus menjawab keraguan  peserta PENAS KTNA XIV  akan waktu penyelenggaraan,   mengingat waktu penyelenggaraan Pemilihan Caleg secarah Nasional yang berdekatan dan tragedi Letusan Gunung Kelud yang baru-baru terjadi berada dekat Malang,  diragukan akan mengganggu pesta yang  akan di ikuti lebih dari 35.000 orang Petani, Nelayan, masyarakat Hutan, Penyuluh, Pemerhati, Pengusaha Pertanian, Peninjau dan Petani ASEAN  tersebut.


Tim Peninjau dari Kalimantan Timur – Utara yang di ikuti 45 orang terdiri dari Panitia Provinsi Kaltim, Pengurus KTNA Prov. Kaltim-tara dan seluruh Panitia PENAS KTNA XIV se kabupaten/Kota Kalimantan Timur - Utara yaitu Kab. Kukar, Kab. Ulu Mahakam,  Kab. Kubar, Kab. Nunukan, Kab. Bulungan, Kab. Kutim, Kab. Pasir, Kab. Panajam, Kota Samarinda, Kab. Berau, Kota Balikpapan, Kota Tarakan dan Kota Bontang yang dipimpin oleh Bapak Budi ketua KTNA Prov. Kalimantan Timur dan Ibu Asmarilda dari Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluh Provinsi Kaltim.

Kegiatan akan dipusatkan di Stadion Kajuruhan Malang seperti kegiatan Pembukaan oleh Presiden RI dan  Penutupan oleh Wakil Presiden RI  dan sekitarnya untuk Demo Agribisnis dan Demonstrasi kebun percontohan, serta beberapa gedung yang berada tidak jauh dari pusat kegiatan tersebut untuk kegiatan Rembuk dan Temu Karya.   Lokasi kegiatan yang saling berdekatan ini tentunya akan sangat  memudahkan  bagi setiap peserta untuk mengikuti berbagai kegiatan yagn di selenggarakan selama Pesta tersebut,  kata Ibu Yenni.   Bapak Sopian Noor  selaku Sekjen KTNA Pusat yang turut dalam penyambutan tersebut menyampaikan bahwa sebulan akan datang  Buku Juknis tentang kegiatan PENAS KTNA XIV 2014 di Malang akan terbagi kesemua daerah di Indonesia setelah Rakoor Penas yang akan diselenggarakan pada 27-28 Juni 2014 di Jakarta nanti, Buku petunjuk  ini tentunya akan memudahkan bagi setiap Panitia Daerah dan Petani peserta dalam mengikuti kegiatan yang ada selama penyelenggaraan.


Ibu Yenni Melanjutkan bahwa dalam Penas kali ini panitia akan menyelenggarakan  kegiatan baru yang belum pernah diselenggarakn pada Penas sebelumnya yaitu MAGANG untuk berbagai kegiatan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan yang sangat bermanfaat nantinya bagi peserta jika kembali kedaerah masing-masing, paket Magang yang disediakan bagi para Peserta meliputi 78 kegiatan yang tersebar  di beberapa kecamatan  di Kab. Malang.  Peserta Magang akan tinggal di lokasi magang selama 3-4 hari dengan biaya konstribusi  yang sama dengan dilokasi menginap kontingen dan setiap kegiatan maksimal di ikuti 100 peserta.

Untuk memudahkan pelaksanaan PENAS KTNA XIV TAHU 2014 terutama bagi peserta dari daerah,  Panitia  akan memberikan bantuan bagi setiap  kontingan daerah untuk menyediakan sarana Transportasi Udara, Darat dari daerah ke Malang dan untuk transportasi selama kegiatan serta pelayanan penyiapan Kamar Hotel buat peserta Peninjau dari daerah dengan harga yang relatip lebih murah dan pelayanan yang lebih menyenangkan, karena  panitia penyelenggara  telah menandatangani MoU dengan beberapa perusahaan terkait selama peneyelenggaraan Penas nanti, untuk itu Panitia daerah dapat menghubungi Panitia di Sekretariat PENAS di Malang untuk mendapat kemudahan tersebut, ujar Catur Gigih SN.


Acara peninjauan lokasi kegiatan seperti Stadion, Kebun percontohan, Gedung Pertemuan,  Lokasi Rembug, Ekspo Agribisnis, Tempat Magang, Arena UMKM,   lokasi menginap dan lain-lain dipandu oleh Bapak Zainal Ketua KTNA Kabupaten Malang.   Lokasi menginap kontingen Penas Kaltim-Tara berada di perumahan masyarakat di Desa KedungPedaringan sekitar 1 km dari stadion,  namun beberapa peninjau mengeluhkan belum jelasnya berapa rumah yang tersedia di lokasi mereka karena yang mereka tinjau baru lokasi RT tempat menginap dan rumah yang akan dijadikan Posko bagi setiap Kabupaten/Kota.  Menurut pendamping dari desa pak Keselin bahwa data tentang jumlah peserta belum jelas sehingga rumah yang akan dibutuhkan juga belum dapat dipastikan tapi ia berjanji semuanya pasti akan siap dalam waktu sebulan ini.
By BakriSupian




Ke Kota Malang menikmati lesatnya buah Apel Malang,
Penas XIV  tahun 2014 tempat Petani, Nelayan dan Masyarakat Hutan berkumpul di Malang.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SEJARAH MASJID AGUNG SANG CIPTO RASA DIBANGUN WALI SONGO PADA ZAMANNYA, MESJID TERTUA DAN PERNAH DIBANGUN SATU MALAM !

NusaNTaRa.Com  byBambanGBiunG,   S   a   b   t   u,    2   7    A   p   r   i   l     2   0   2   4 Masjid Agung Sang Cipto Rasa di Cirebo...