Kamis, 06 Maret 2014

8 MENU SEAFOOD EKSTRIM DI DUNIA





 









SEAFOOD merupakan makanan yang sangat populer di dunia kuliner yang berbahan utama dari hewan-hewan dari laut,  terlebih dinegara Asia timur seperti  Jepang, China, Korea, dan Taiwan yang memiliki menu khusus tersebut namun tentunya disajikan dengan sajian yang wajar, mempesona dan menarik.  Ada beberapa sajian seafood dimuka bumi ini yang disajikan dengan cara yang aneh tidak seperti biasanya dan tentunya dapat mengagetkan bagi penggemar kuliner yang tak biasa, di bawah ini NusanTaRa.blogs menyajikan 8 MENU SEAFOOD  EKSTRIM DUNIA   :


1. Fermentasi Ikan HIU

Ganasss .... itulah karakter Ikan Hiu yang umumnya kita ketahui, ikan dengan kerangka tulang rawan yang lengkap dan bentuk tubuh yang ramping dengan  kepala depresset serta rongga insan dibelakangnya sebagai alat pernapasan, termasuk dalam jenis ikan pemakan plankton dengan menyaringnya lewat mulut.   Sebagai makanan sejak dulu kita telah mengenalnya sebagai makanan yang menyenangkan dan bergizi serta Menu Sirip Hiu yang berkhasiat dan sangat mahal, makanan ini jadi ekstrim bila disajikan sebagaimana berikut,

Menu ini disebut Black Death, Sebelum disantap ikan Hiu ini terlebih dahulu difermentasi dengan menanamnya dalam pasir agar ia matang secara alami bisa mencapai 4 bulan lamanya baru dapat disantap, akan lebih mengasikkan bila dimakan bersama Kentang dan Anggur yang konon katanya banyak khasiatnya.

2. Ikizukuri

Sashimi merupakan salah satu menu masakan orang jepang atas berbagai macam ikan yang cara memakannya dengan tidak memasak ikan tersebut melainkan ikan yang mati diiris menjadi bagian potongan daging ikan kemudian diberi cuka baru di santap dengan nasi atau kentang goreng pless Arak pasti asikk, akgan menjadi ekstrim bila disajikan  :

Dalam menu Jepang ini yang disajikan bukan cuma Ikan tapi juga Gurita, Udang, Lobster, Kerang semuanya disajikan dalam keadaan hidup,  Siapa tak Takut ....... silakan  menyantap langsung dalam keadaan hidup.

3. Mata Ikan

Kelezatan makan ikan terutama ikan berukuran sedang seperti Ikan Kakap, Bandeng, Senangin dll terutama bila dimasak berkuah dengan menyantap " Mata Ikan " tersebut,  biasanya sakin asiknya kita mengisap bola mata ikan tersebut langsung dari kopalanya, sebagian masyarakat Indonesia beranggapan bahwa memakan mata ikan akan membuat mata terang dan mencegah kebutaan,  Makan mata ikan ini jadi Ekstrim bila :

Masyarakat Filippina mempunyai keunikan tersendiri menikati mata ikan, mereka memakan langsung mata ikan tersebut dalam keadaan mentah dan masih segar, mereka merasakan bahwa setiap gigitan memberikan rasa Juicy yang asik  ...... Berani Coba ?.

4. Ikan Otek Busuk

IKAN OTEK  banyak ditemukan hidup diperairan estuaria atau di muara sungai termasuk pemakan segala (omnipora),  Ikan ini memiliki ciri badan agak budar, kepala besar depreset, memiliki   4 lembar misai dan sangat beracun pada sirip punggung dan dada.  Ikan ini sebenarnya cukup femiliar sebagai sajian makanan dimasyarakat terutama di daerah pantai, namun ia jadi unik dan ekstrim  bila disajikan seperti berikut ini.
MasyaAllah benar-benar gila ........ di daerah tertentu ikan OTEK, Sejenis ikan yang hidup diperairan eustuaria khususnya dimuara sungai, ini di sajikan dalam keadaan agak busuk (hingga beraroma agak bau) sedikit berulat dengan dijemur baru di bakar,  sehingga ketika disantap rasa agak busuk tersebut terasa sedap bersamaan dengan nasi yang ditelan, di tambah arak maka lengkaplah keistimewaan menu ini.    huhuhu ..... auwwawawa


5. Ikan Buntal.

Ikan Buntal (Tetraodontidae) hidup di daerah perairan  pesisir  utamanya daerah tropis,  ikan ini dapat menggembungkan diri mengapung dipermukaan laut seolah-olah sudah mati saat terancam.  Sebagai menu makanan tentulah kurang menarik bahkan menakutkan orang karena memiliki daging yang sedikit, kulit rada berduri dan ikan ini termasuk satwa yang sangat beracun., bila dimakan pasti Ekstrim coiii.

Meski demikian di daerah Jepang dan Cina ikan ini menjadi Menu yang mahal tentunya dengan olahan dan penangan yang piawai sehingga Racun TERODOTOXIN yang ada pada duri disekujur tubuhnya dan Daging dapat di hindari atau ditiadakan.     Saran saya jangan coba bila belum mahir mengolahnya akan menyebabkan kematian.   " DANGER "

6. Bulu Babi

Landak Laut atau Bulu Babi (Echinoidea) hewan laut berduri panjang warna hitam diseluruh tubuhnya yang membulat dan dapat digerakkan sebagai alat berjalan, di bagian tengahnya terdapat cangkang  dengan mulutnya, hidup di daerah pasang surut berair jernih dengan kedalaman 500 meter pemakan detritus dan hewan yang sudah mati.  yupp.... pasti ekstrim juga penganan ini .....

Melihat tubuhnya terasa sangat menjijikkan karena seluruh tubuhnya dipenuhi duri bila tersengat akan membengkakkan hingga pingsan dan tubuhnya yang kecil tentunya dengan isi yang sedikit.  Siapa sangka bila setelah mengeluarkan daging dari cangkangnya dan memakannya mentah-mentah terrnyata ia makanan yang sangat sedap. Saya sendiri pernah mencobanya saat praktek Mata kuliah Avertebrata air di Sinjai Sulsel.  saya beri nilai JOMPOL.


7. Gurita Hidup

Gurita sejenis Moluska dari kelas Cephalopoda (kaki dikepla) dengan habitat di karang dan laut dalam yang bening,  cirinya memiliki kaki atau tentakel 8 buah untuk pergerakan dan menangkap mangsa serta mempunyai kemampuan membela diri dengan Melepaskan cairan beracun, komuflase warna dan memutuskan lengannya.   Ternyata mahluk rada unik ini juga merupakan makan yang sangat menyenangkan dan akan jadi menu yang unik alias Ekstrim bila disajikan seperti berikut.
Menu ini sangat populer di Korea dengan nama Sannakjihoe.  Menu ini menyajikan  Gurita kecil yang disantap dengan Arak dan Wine, Gurita hidup dimasukkan dalam mulut sehingga jangan heran bila ia memberikan perlawanan dengan melilitkan tentakelnya dibibir untuk keluar ...... cepat kunyah !!!!!

8. Udang Mabuk
Udang termasuk Crustaceae, bertubuh dengan daging lunak tanpa tulang yang dibalut kulit keras dari chitin, kepala thorax memiliki kaki jalan dan lengan bercapit serta rostrum.  Termasuk pemakan plankton dan mahluk renik lainnya dengan menggunakan tangan bersafitnya.   Pasti semua orang mengetahui bahwa Udang merupakan salah satu makanan yang tersedap kaya akan Protein dan Kalsium yang dapat diolah dalam berbagai versi di Goreng, dibakar, dimasak dengan berbagai menu, tapi akan menjadi ekstrim bila disajikan sebagai berikut ;

Udang yang disajikan tidak mati tapi sekarat atau nyaris, karena udang dimasukkan dalam rendaman WINE sehinga udang tampak bergerak ke sana kemari seperti mabuk,  cara memakannya dengan memegang kepalanya kemudian memisahkan kepala dan badannya kemudian menelan bagian badan dengan saus atau bumbu khusus.

Reffren, RDR N 16/01/2014





Masakan laut kesukan orang Cina,
Masakan tak sekedar kesehatan tapi mengakrabkan keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TEDDY SUJADI DRUMMER GODBLESS DENGAN KARYANYA TUA-TUA KELADI DI POPULERKAN ANGGUN C SASMI

NusaNTaRa.Com   byAsnISamandaK,          S   a   b   t   u,    0   6      A   p   r   i   l      2   0   2   4 Ian Antono dan Teddy Sujadi...