Sabtu, 22 Februari 2014

DESA WEOL DENGAN PERSAWAHAN LABA - LABA YANG UNIK



Siapa pun pasti ingin menyaksikan  keindahan persawahan  seperti jaring Laba - laba yang langka di dunia terlebih bila dilihat dari puncak bukit, pasti sangat asikk.

 

Suatu yang luar biasa bila di daerah terbilang beriklim kering memiliki sawah terlebih bila persawahan tersebut memiliki konstruksi yang terbilang unik dan menarik sebagai mana yang terdapat di Desa Meler Kecamatan Ruteng daerah Manggarai.  Sehingga tidak mengherankan bila setiap tahunya Ratusan turis mancanegara mengunjungi daerah ini seperti Turis dari  Perancis, Belanda, Kanada, Austria, Rusia, Australia, Italia, Timor Leste dan negara lainnya untuk  mendaki Puncak Weol (Golo Weol) agar dapat menyaksikan pesona lenskap alam persawahan Lodok dihamparan persawahan Desa Meler.

Orang Manggarai Raya menuangkan seninya dengan membuat persawahan Lodok (persawahan laba-laba). Persawahan ini langka dan unik yang hanya berada di Manggarai Raya (Kabupaten Manggarai, Kabupaten Manggarai Barat, dan Kabupaten Manggarai Timur).   Desain konsruksi ini selain indah juga sesuai dengan daerah tersebut yang sulit air, dalam pendistribusian air lebih praktis dan hemat serta memiliki kelebihan dalam pengelolaan sawah dalam usaha memperoleh hasil yang banyak.


 Di hamparan persawahan Cancar, Desa Meler terdapat 11 lingko Lodok dari delapan Kampung di Desa Meler. Kedelapan lingko Lodok itu, Lingko Molo, Lingko Lindang, Lingko, Pon Ndung, Lingko Temek, Lingko Jenggok, Lingko Lumpung, Lingko Purang Pane, Lingko Sepe, Lingko Wae Toso, Lingko Ngaung Meler, Lingko Lumpung II. 

Penjaga Jalan Masuk Golo Weol, Blasius Nogot (56) menjelaskan kepada Kompas.com saat berwisata di Puncak Weol untuk melihat keindahan persawahan Lingko Lodok di hamparan persawahan Cancar, Desa Meler, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, Flores Barat, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (16/11).    Blasius Nogot, memaparkan wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Persawahan Cancar dengan mendaki Golo Weol (Puncak Weol) selalu datang dari Labuan Bajo atau ketika melintasi Manggarai dari bagian Maumere, Flores Bagian Timur menuju ke Labuan Bajo dengan didampingi pemandu wisata orang Manggarai Raya atau dari luar Manggarai Raya. 

” Saya membuat jalan setapak menuju ke Golo Weol untuk memberikan kenyamanan kepada wisatawan ketika mendaki Golo Weol,  bahkan saya sendiri yang mendampingi untuk melihat persawahan  Lingko Lodok Cancar,  menikmati pemandangan persawahan dan sebuah gunung di Kota Ruteng .semuanya jadi sangat indah dalam perjalanan ini ”  jelas Blasiu.  Ia pun selalu menanti disamping rumahnya  sembari menyediakan Kopi Manggarai,  kalau ada turis yang datang utamanya dari Labuan Bajo karena bila banyak Turis ke Labuan Bajo maka akan berdampak positip juga buat kedatanagan pengunjung ke  Golo Weol. 


Blasius mengeluhkan penghasilannya yang hanya memperoleh Rp 1,5 juta per bulan  itu pun merupakan sumbangan sukarela dari turis mancanegara maupun nusantara namun ia sangat mensyukurinya. Ia berkeinginan untuk menata akses perjalanan ke kawasan Puncak Gunung Golo Weol dan membuat sebuah rumah adat tempat para turis istirahat dan menyaksikan keindahan alam tersebut, kalau saja ada biaya dari pihak terkait yang dapat meringankan, kedepan tentunya objek wisata ini akan lebih menyenangkan. 

General Manager PT PLN Nusa Tenggara Timur, yang orang Papua, Richard Safkaur menyempatkan diri berkunjung ke persawahan Lingko Lodok Cancar dari Golo Weol. ”Saya sangat kagum dan tersentak dalam hati ketika melihat persawahan yang unik berbentuk Lodok. Ternyata orang Manggarai Raya memiliki keterampilan yang tiada bandingnya sebab mereka menuangkan seninya dengan membuat persawahan berbentuk jaring laba-laba,” tuturnya. 

Richard Safkaur mempertanyakan " Mengapa di Manggarai tidak dibuat juga event Festival Persawahan Lodok sehingga wisatawan dunia dan Nusantara dapat mengunjungi wilayah Manggarai Raya,", terlebih wilayah Manggarai Raya sangat kaya dengan potensi wisata yang mendunia  seperti   Komodo,  perkampungan rumah adat Wae Rebo,  Selain itu di wilayah Manggarai Raya  ada Rumah Adat Gendang yang unik dapat mempesona  para pelancong  luar negeri dan pelancong Nusantara sebagai pendukung event tersebut.

Saya sangat kagum dengan keterampilan dan seni orang Manggarai Raya yang dituangkan dalam bentuk persawahan Lingko Lodok. Ini harus terus dipromosikan. Tiga Manggarai harus bekerja sama dalam mempromosikan potensi pariwisata di Flores Barat ini,” jelasnya. 

Kami berpapasan dengan Margareta, Dunn dan Kym turis dari Belanda saat dari rumah Blasius Nogot, yang baru datang dari Maumere akan menuju ke Labuan Bajo yang menyempatkan diri menyaksikan keunikan alam persawahan Lingko Lodok dari bukit  Golo Weol dan mereka merasa kagum dan puas atas pesona alam tersebut. 

by. Markus/K                                                                                                                         
                                                                                                                                                                   
                                                                                                                                                                   
                                                                                                                                                                   
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                       
                                                                                                                                                                   
                                                                                                                                                                   
Bahagia hati menanti hasil Panen sawah yang berlimpah,                                                                       
Bahagia petani sepanjang mengolah sawah laba - laba  weol yang indah.                                                


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SEJARAH MASJID AGUNG SANG CIPTO RASA DIBANGUN WALI SONGO PADA ZAMANNYA, MESJID TERTUA DAN PERNAH DIBANGUN SATU MALAM !

NusaNTaRa.Com  byBambanGBiunG,   S   a   b   t   u,    2   7    A   p   r   i   l     2   0   2   4 Masjid Agung Sang Cipto Rasa di Cirebo...