Rabu, 12 Februari 2014

JENIS GURITA INDONESIA YANG MENJADI MISTERI DUNIA




      Saat ia menyerupai Lion Fish



Beberapa hewan, khususnya beberapa jenis burung dan ikan  dikenal mampu untuk mengubah warna guna menarik pasangan dan  untuk menutupi diri atau untuk melindunginya terhadap predator. Spesies gurita yang hidup di indonesia ini, pertama kali diidentifikasi pada tahun 1998  dan hingga kini satu-satunya spesies yang membuat penasaran para peneliti dari seluruh penjuru dunia karena kemampuannya tersebut.



Gurita tersebut pertama kali diamati oleh Mark Norman, Julian Finn, dan Tom Tregenza yang merupakan peneliti kelautan akan fenomena penyamaran yang luar biasa yang dimiliki oleh spesies ini selama periode 24 jam. Para peneliti memotret gurita dalam banyak tahapan seperti ketika ia mendekati ikan Lion fish dan menyamarkan warnanya dengan ikan tersebut sebagaimana terlihat pada  foto-foto yang ditampilkan di dalam laman ini.

Gurita memang umumnya dapat berkamuflase atau merubah warna tubuhnya tapi gurita satu ini yang ditemukan dipantai Sulawesi ini lain, karena ia dapat merubah warna tubuhnya persis sekali dengan warna hewan lainnya sehingga sulit dibedakan, sampai saat ini peneliti telah menemukan 15 jenis spesies yang ditirunya dengan sempurna seperti Kuda Laut, Ular Laut, Kepiting Raksas, Ikan Pari, Lion Fish dllnya.



Di sini ditunjukkan, gurita ini mencari makanan dan melakukan aktipitas hidupnya yang lain dengan menggunakan ujung lengannya atau tentakel  seperti untuk menggali lubang dan dengan lengannya mereka dapat menjebak apa pun yang mencoba melarikan diri … Hampir seperti menggali ujung jari di ujung tangan yang menggenggam.


Sumber, BeritaUnik.Net, 12092010

           
Ketika bergerak ia menggerakkan semua tentakelnya hingga menyerupai Daun

Gurita menenggelamkan perahu Berlayar,
Perahu Nelayan menangkap ikan tak baik dimusim bertelur.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PETUALANGAN PERAHU BOROBUDUR 2003 HINGGA CAPE TOWN, DALAM EKSPEDISI JAKARTA – GHANA AFRIKA

NusaNTaRa.Com byLaDollaHBantA,            S   a   b   t   u,    2    7         A    p    r    i    l        2    0    2    4           P...