Senin, 02 Juli 2012

NEW 7 WONDER OF THE WORD



       Tujuh keajaiban dunia  versi  New7Wonders,  Situs tersebut diambil dari beberapa lokasi  dari beberapa Negara yang diperkirakan memenuhi kriteria keajaban dunia yang perlu untuk dinikmati, dikembangkan dan dilestarikan, kemudian dilepaskan keumum untuk dipilih melalui voting suara masyarakat dan pemenangnya ditetapkan berdasarkan jumlah Voting terbanyak.    Awal tahun 2012  telah di tetapkan New 7 Wonder of the Word  sebagai berikut   : 

1) Amazon   RainForest                          (Brazil, Argebtina dam Uruguay)
2) Halong Bay                                           (Vietnam)
3) Iguazu Falls                                           (Brasil)
4) Jeju Island                                             (Korea Selatan)
5) Pulau Komodo                                     (Indonesia)
6) Puerto Princesa Underground River       (Filipphina)
7) Table Mountain                                     (Afrika Selatam)

1).       Amazon Rainforest,   juga dikenal sebagai Amazonia, hutan Amazon atau Amazon Basin, meliputi tujuh juta kilometer persegi, meskipun hutan itu sendiri menempati  5,5 juta kilometer persegi  yang terletak di dalam sembilan negara.   Amazon merupakan lebih dari setengah hutan hujan yang tersisa di planet ini dan terdiri dari kawasan terbesar dan paling kaya akan spesies hutan tropis di dunia.   Sungai Amazon adalah sungai terbesar di dunia dengan volume  total aliran lebih besar dari sepuluh sungai di seluruh dunia digabungkan atau memiliki seperlima dari total aliran sungai dunia. 

2).   Teluk Halong bay  terletak di provinsi Quang Ninh, Vietnam.    Teluk memiliki ribuan karst batu kapur dan ribuan pulau-pulau karst batu kapur dalam berbagai ukuran dan bentuk.   Memiliki panjang garis  pantai 120 kilometer dan luas kawasan sekitar 1.553 kilometer persegi  serta 1969 pulau. Beberapa dari pulau-pulau memiliki  lubang  dengan gua-gua yang sangat besar.  Disekitar Teluk Halong bay ada desa pendukung lainnya tempat kediaman bagi nelayan yang banyak berlalu-lalang di perairan dangkal yang memiliki  200 jenis ikan dan 450 jenis moluska.   Fitur lain yang spesifik dari Halong Bay adalah banyaknya danau di dalam pulau-pulau batu kapur  misalnya  Pulau Dau memiliki  enam danau tertutup. Semua danau menempati pulau tenggelam dalam Dolines fengcong karst.

3).    Iguazu Falls, di Iguazu River, adalah salah satu air terjun terbesar di dunia.   Keseluruhan memiliki  panjang lebih dari 2.700 m (hampir 2 mil) dalam bentuk setengah lingkaran yang tersusun  dari 275 air terjun dan yang secara kolektif membentuk Air terjun Iguazu Falls dengan  "Tenggorokan Setan" yang tertinggi dengan ketinggian 80 m.   Iguazu Falls di perbatasan antara negara bagian Brasil Paraná dan provinsi Misiones Argentina  dikelilingi oleh dua Taman Nasional (BR / ARG),   keduanya merupakan kawasan hutan hujan subtropis yang menjadi tuan rumah untuk ratusan spesies flora dan fauna langka dan terancam punah.

4).    P Jeju, adalah pulau vulkanik 130 km dari pantai selatan semenanjung Korea. Pulau terbesar dan  provinsi terkecil di Korea  pulau ini memiliki luas permukaan 1.846 km2, ditengahnya terdapat Hallasan (Gunung Hala) gunung tertinggi di Korea Selatan dan merupakan gunung berapi aktif dengan ketinggian 1.950 m di atas permukaan laut serta dikitari oleh 360 satelit gunung berapi sekitarnya.    Pulau Jeju diproklamasikan keindahannya dengan pantai sepanjang  253 km, luas keseluruhan 1.846 km²  dan Suhu di Jeju dapat bervariasi mulai dari tropis sampai subtriopis dengan suhu rata-rata per tahunnya adalah 14,6° C dan 4,7° C.  Keaneka ragaman flora yang tumbuh di Jeju sangat berbeda dengan yang ada di Semenanjung Korea dengan iklimnya yang baik  pulau ini ditumbuhi lebih dari 1.700 jenis tanaman  sehingga Jeju dijuluki sebagai "Pulau Botani".     Keindahan pemandangan di pegunungan ini  yang sangat menakjubkan membuat Korea bangga menyebutnya sebagai Situs Warisan Dunia, Hawaii dari Korea dan Honeymoon Island adalah merupakan beberapa  julukan yang disebutkan untuk tempat ini.

5)  Taman Nasional Komodo di Indonesia mencakup tiga pulau besar yaitu  P Komodo, P Rinca dan  P Padar, serta beberapa pulau dengan populasi yang kecil dengan total luas sebaran 1.817 kilometer persegi (603 kilometer persegi merupakan daratan). Taman nasional didirikan pada tahun 1980 untuk melindungi Komodo sebuah hewan purbakala yang diperkirakan telah hadir di muka Bumi sejak 40 juta tahun yang lalu, kemudian perkembangan selanjutnya digunakan  untuk melindungi spesies lain seperti banteng hutan dan Rusa serta beberapa hewan laut. Pulau-pulau taman nasional ini dulunya berasal dari kawasan vulkanik.

6)  Puerto Princesa River,  merupakan sebuah sungai bawah tanah yang terletak 50 km sebelah utara kota Puerto Princesa, Palawan, Filipina.    Dengan latar dipermukaan sebuah lanskap gunung karst batu kapur di bagian bawahnya dilalui sungai  bawah tanah tersebut dengan panjang 8,2 km  yang mengalir ke Laut Cina Selatan.  Pada beberapa bagian ditemukan Ruang besar  formasi utama dari stalaktit, stalagmite yang menghias.   Sungai bawah tanah ini terkenal sebagai yang terpanjang di dunia, dibagian bawah sungai masih  terpengaruh oleh pasang surut laut,  di mulut gua ditemukan Laguna dihiasi pohon-pohon lama yang tumbuh disepanjang tepi sungai serta satwa berupa Monyet, Biawak Besar, burung dan Tupai.

7) Table Mountain dengan ketinggian 1.086 m di atas  permukaan Laut adalah ikon Afrika Selatan dan satu-satunya situs di alam planet ini yang memiliki konstelasi bintang bernama  Mensa  yang berarti Gunung datar beratap telah bertahan enam juta tahun dari erosi.   Menjadi  rumah kerajaan  jenis bunga bunga kecil di dunia dengan koleksi bunga kecil  1.470 spesies bunga dan table Mountain menawarkan banyak spesies langka dan terancam punah.  Situs ini adalah situs yang paling diakui di Cape Town sebagai  sesuatu yang  unik karena puncaknya beratap datar.
By Bakri Supian.




Indah Gunung Berhias Pualam,
Belajar di Tuhan perhatikan  di Alam. 
















 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PARI GERGAJI GIGI KECIL DAPAT SURVIVE DENGAN BAWAAN PARTHENOGENESIS BILA TERTEKAN

NusaNTaRa.Com byIrkaBPiranhA,         S     e    n    i     n,        0    6      M    e    i      2    0    2    4   Pari Gergaji Gigi Ke...