Rabu, 04 Juli 2012

COTO MAKASSAR KULINER KHAS KOTA DAENG


Belum sempurna perjalanan anda jika ke Kota Makassar yang biasa juga disebut sebagai Kota Angin mammiri atau Kota Daeng bila belum mencicipi kuliner khas masyarakat Makassar yang diperkirakan telah ada Sejalan dengan keberadaan kerajaan-kerajaan Makassar  sekitar tahun 1538,  dan  menu ini menjadi menu khas bagi kalangan raja.



Bagi saya pengalaman menikmati hidangan Coto Makassar di mulai saat menuntut ilmu di Kota Daeng ini tahun 1978  ketika  harga semangkoknya masih Rp 500 plus 2 buah ketupat, dan tempat favorit yaitu yang biasa dikunjungi para Pejabat dan Artis bila datang ke Kota Daeng adalah Coto Bajiminasa di Mangasa dan Pandang-Pandang Sungguhminasa Gowa, memiliki resep asli seperti sajian Raja-raja Gowa yang berjarak 5 km dari pusat kota Daeng,  entah sekarang masih ada atau tidak.   Ditempat ini biasanya para PNS khususnya guru saya bertanding makan Coto caranya siapa yang paling sedikit makan akan di hukum untuk membayar …  hwaahaaaaa.

Karakteristik  makanan ini berkuah dalam ilmu Tata Boga termasuk Soup dengan isi berupa daging dan jeroan Kerbau yang telah dimasak dengan baik sehingga semuanya terasa lunak dan sedap, Kuahnya terdiri dari berbagai rempah seperti Merica, komiri, cengkeh, pala, sere, longkuas, kacang dan lain2 lebih dari 40 macam ditambah pendamping berupa ketupat atau Buras dan Sambal,  Masakan ini lebih gurih bila dimasak dengan Periuk tembikar dari tanah  (Korong butta bhs Makassar) yang di sajikan dalam sebuah mangkuk.

Di atas meja akan disajikan Sambal, Kecap, Cuka atau limau sebagai penambah penyedap yang tentunya penggunaannya sesuai selera penikmat.  Serta disajikan Ketupat, Buras (nasi dibungkus daung pisang persegi empat) tapi saat ini ada juga yang menyajikannya dengan nasi.  Bisa menghabiskan dua mangkuk Coto + dua ketupat wah pasti akan memuaskan.

Untuk menemukan Warung " Coto Makassar " tidaklah sulit karena hampir anda temukan disetiap sudut kota dengan Gardu sederhana biasanya dipenuhi para pelanggan dan jangan heran jika sore hari sulit menemukannya karena banyak hanya menyajikan hingga siang hari (14.00), atau anda bisa menemukannya diruko lokasi perbelanjaan tentunya dengan situasi yang lebih enjoy bahkan saat ini hampir setiap mall pasti menyajikan menu khas kota Daeng.   Ketika masih kuliah dulu yang saya ketahui ada Coto Bajiminasa di S Saddang, Coto di Jln Nusantara, Coto Jln. Ranggong, Coto Sentral dll.

Perkembangan sekarang Sajian Coto dapat anda dapati di berbagai sudut Kota Makassar dan hampir disetiap Mall dan pusat perbelanjaan dapat anda temui dengan rasa yang sangat  Sedap, bahkan sajian ini tersedia  pada berbagai kota di Nusantara bahkan diluar negeri (Malaysia ketika saya kesana tahun 1998).

By Bakri Supian


Indah main Raga karena berdendang,
Coto Makassar sajian khas Kota Daeng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PARI GERGAJI GIGI KECIL DAPAT SURVIVE DENGAN BAWAAN PARTHENOGENESIS BILA TERTEKAN

NusaNTaRa.Com byIrkaBPiranhA,         S     e    n    i     n,        0    6      M    e    i      2    0    2    4   Pari Gergaji Gigi Ke...