Jumat, 06 Juli 2012

MESJID TUA DI PULAU NUNUKAN.

Men. Infokom Muh Nuh (2009) dalam Safari Ramadhan ke Perbatasan



















P  Nunukan merupakan  ibukota Kabupaten Nunukan yang terbentuk  diawal era reformasi berdasarkan UU No. 47 Tahun 1999 merupakn pemekaran dari Kabupaten Bulungan.    P. Nunukan dengan luas   1.596,77 km2 Pada koordinat  04o 03’ 20 ‘ LU dan  117o 40’ 24” BT, terdiri dari Kecamatan Nunukan dan Kecamatan Nunukan selatan dengan jumlah penduduk  58.735  jiwa dan yang beragama Islam   44.925  jiwa  atau  75   %, dengan jumlah tersebut ummat Islam Nunukan memiliki tempat beribadah berupa messjid sebannyak 62 buah dan 15 buah Langgar. 

Seiring terbentuknya Kota Nunukan yang berawal dari sebuah Pulau kosong dulunya yang pernah masuk pada wilayah kekuasaan Kerajaan Tidung dan Kerajaan Bulungan disepanjang pesisir pantai Kalimantan Timur bagian utara.  Pulau ini dulunya  hanya sesekali jadi tempat persinggahan para nelayan untuk istirahat ketika penat kala melaut atau persinggahan para pedagang dan perantau ketika hendak ke Negeri Sabah Malaysia.     Perjalanan waktu membawa arus pelayaran di daerah ini berkembang sejalan dengan kemajuan negeri Sabah  dibawah kekuasaan Inggris yang berkembang dengan Perkebunan dan Perekonomiannya.   

Pertumbuhan tersebut berdampak juga bagi pertumbuhan Pulau Nunukan,  akhirnya daerah ini menjadi satu pemukiman bagi warga yang awalnya sebagai tempat persinggahan sebelum ke Sabah dan migran dari warga dari pedalaman Sembakung.   Penduduk  yang banyak bermukim di daerah ini awalnya dari etnis Suku Tidung yang datang dari Wilayah Sembakung yang sangat taat menganut Agama ISLAM sehingga  pemukiman ini diikuti dengan pembangunan sarana Rumah Ibadah mesjid  sebagai sarana Ibadah kepada Tuhan.

Beberapa  mesjid yang termasuk tertua di  P  Nunukan,  sebagai berikut  :


     1.  Mesjid  Nurul Iman  terletak Jalan Tanjung Desa Nunukan Barat  merupakan mesjid tertua di Nunukan yang  dibangun sejak Zaman Penjajahan Belanda beberapa tokoh memperkirakannya tahun 1930 an,  dan hingga kini  telah mengalami 4  kali rehab, pada  tahun 1974 bangunan masih berlantai kayu  dan berkaki setinggi 0,5 meter  dari tanah, disamping mesjid ada lahan perkuburan muslim  tapi pertengahan tahun 1985  sudah tidak dipungsikan lagi karena lokasi yang tidak memungkin.   Bangunan yang ada sekarang adalah hasil Rehab awal tahun 2000.   Imam pertama mesjid ini adalah Imam Janum yang berasal dari Sembakung,  Imam Amran merupakan salah satu eks Imam mesjid tahun 1980an dan sekarang Imam Ustad Muhammad Basran. 

     

      2.  Mesjid Al-Mujahidin diBangun tahun 1966 terletak di Jalan RE Martha Dinata Kelurahan Nunukan Utara,  Dibangun di atas lahan PT. Inhutani,   Sejak dibangun hingga kini berstatus mesjid Raya Nunukan dengan nama Mesjid Agung Al-Mujahidin Nunukan.   Sejak awal berdirinya  hingga kini telah mengalami tiga (3) kali rehab, yang pernah menjadi imam dimesjid ini  Iman Usman Said,  Imam Basran, Imam Ustad Said, Ustad Muhammade dan  Imam Wisman.
         

      3.  Mesjid  Ar  Rahman  Jalan Pasantren Kampung Guru Domang didirikan tahun 1968 oleh Kyai Guru Domang yang berawal dengan pendirian pasantren pengajian beliau merupakan ahli ugama islam.  Jika anda kemesjid ini dibagian depan terdapat Makam Kiyai Guru Domang  serta sebuah Madrasah Al-Ikhlas

      

      4.   Mesjid  Al - Falah Sei Fatimah, sebuah perkampungan lama kaum suku Tidung  yang  berjarak sekitar 12 km dari pusat kota Nunukan.   Mesjid ini diperkirakan seumur dengan permulaan kampung ini berdiri yaitu ketika terjadi migrasi warga Sembakung ke Kamp. Sei Fatimah dan Desa Binusan .

      

      5.  Mesjid  Babussalam  Desa  Binusan,  Mesjid ini pertama kali dibangun awal tahun 1970 an masih merupakan Langgar yang terbuat berupa bangunan berkaki dari Kayu, tapi sekarang telah terbuat dari beton.

By Bakri Supian.



Si Kira Pintar Mengaji Pintar pula Berdendang,
Mesjid Baik Masyarakat sejahtera Surgapun Menanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PARI GERGAJI GIGI KECIL DAPAT SURVIVE DENGAN BAWAAN PARTHENOGENESIS BILA TERTEKAN

NusaNTaRa.Com byIrkaBPiranhA,         S     e    n    i     n,        0    6      M    e    i      2    0    2    4   Pari Gergaji Gigi Ke...