Jumat, 22 Juni 2018

OUK PHALLA ISTRI PANGERAN KAMBOJA TEWAS SAAT BERKENDARAAN DALAM KAMPANYE

NusanTaRa.Com
byBakuINunukaN, 20/6/2018


Ouk Phalla (39)  istri  dari  Pangeran Kamboja Norodom Ranariddh (74)  telahpun tewas dalam satu  kecelakaan mobil yang tak terduga pada Minggu, 17 Juni 2018 siang waktu setempat.   Ketika Kecelakaan itu terjadi  keduanya sedang  dalam sebuah konvoi  kendaraan di Distrik Prey Nop, Provinsi Preah Sihanouk untuk menghadiri sebuah pertemuan politik seputar persiapan penyelenggaraan pemilu,  dalam kecelakaan ini Pangeran Ranariddh hanya mendapat terluka.

Kecelakaan tersebut terjadi Saat kendaraan yang ditumpangi Pangeran Ranariddh dan Ouk Phalla bertabrakan dengan sebuah taksi yang datang berlawan arah  sehingga bemper kedua kendaraan itu bertumbukan dalam kecepatan tinggi dan suara dentuman cukup keras,  sehingga orang disekitar sempat terkaget.    Kecelakaan itu turut berdampak pada kendaraan lain dalam konvoi yang mengiringi kendaraan Pangeran Ranariddh,  "  Sebuah taksi berpenumpang menabrak kendaraan sang pangeran  ", Ujar SiDin juru cakap Pangeran Ranariddh sebagaimana termuat di  The Strait Times.

Pangeran Ranariddh merupakan putra dari mendiang Raja Norodom Sihanouk dan merupakan saudara tiri dari Raja Kamboja Norodom Sihamoni yang berkuasa dan saat ini menjabat pemimpin partai politik yang akan berpartisipasi dalam penyelenggaraan pemilu Kamboja pada Juli 2018.  Pangeran termasuk tokoh penting dalam perpolitikan dan pemerintahan di Pemerintahan Kamboja dengan menduduki beberapa jabatan diantaranya beliau sebagai  ketua Dewan Penasehat Penasihat Agung kepada Raja Norodom Sihamoni, yang tak lain adalah saudara tirinya sendiri.

Jabatan lain yang pernah  menghiasi  karier  prestasi Pangeran Ranariddh selama ini adalah mantan perdana menteri Kamboja dari 1993 hingga 1997 dan mantan presiden Majelis Nasional dari 1998 hingga 2006 serta banyak lagi yang lainnya.    Kecelakaan lalu lintas  menjadi satu  penyebab utama kematian di Kamboja yang cukup tinggi, di duga karena lemahnya penerapan  peraturan  laluu lintas yang  diberlakukan  oleh penguat kuasa di sana.   Jalan raya juga tidak memiliki pembatas sementara peraturan ambang batas kecepatan berkendara sering diabaikan.   Di tahun lalu tepatnya 2015  Pangeran Ranariddh juga pernah mengalami insiden ringan manakala kereta yang ia kendarai  bertabrakan dengan sebuah kereta Truk. 

Pangeran Ranariddh yang merupakan Presiden Partai Funcipec salah satu partai yang akan menyemarakkan pemilu  2018 di Kamboja nanti,  kecelakaan ini terjadi manakala partai tersebut sedang melakukan perjalanan kampanye dari kota tepi sungai Kampot ke Preah Sihanouk,   konpoi ini sekaligus sebagai satu bagian dari kampanye partai beliau untuk pemilihan nasional kontroversial yang ditetapkan untuk 29 Juli 2018 mendatang.

Setelah eksiden  tabrakan  keduanya Pangeran Ranariddh dan Ouk Phalla sempat dilarikan ke rumah sakit setempat  namun sayang malang tak dapat ditolak seorang dari mereka nyawanya  menghilang seketika yaitu Putri Ouk Phalla.   "  Istri sang pangeran meninggal pada pukul 12.23 siang (waktu setempat) akibat luka parah  ",  Ujar SiDin Jenderal Chuon Narin, kepala kepolisian Preah Sihanouk.  Dari pejabat otoritas jalan diketahui bahwa kejadian tersebut  menyebabkan tujuh orang terluka, di mana salah satunya adalah sang pangeran.    Sampai saat ini  otoritas Jalan  Kamboja masih menyelidiki apakah insiden tersebut murni kecelakaan atau terdapat unsur kesengajaan.

"   Kematian Ouk Phalla sama dengan hilangnya pahlawan nasional untuk Partai Funcinpec  ", Ujar salah satu anggota Partai Funcipec dilansir The Straits Times, Senin (18/6). Salah satu anggota partai itu juga telah mengonfirmasi kematian Phalla   dan  menyatakan Pangeran Ranariddh diperkirakan akan pulih. Namun tidak menjelaskan secara detail tentang luka yang diderita sang pangeran.


Putri Ouk Phalla gugur di jalan,
Mendukung kemenangan pemilu suami seorang Pangeran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PETUALANGAN PERAHU BOROBUDUR 2003 HINGGA CAPE TOWN, DALAM EKSPEDISI JAKARTA – GHANA AFRIKA

NusaNTaRa.Com byLaDollaHBantA,            S   a   b   t   u,    2    7         A    p    r    i    l        2    0    2    4           P...