Senin, 15 Januari 2018

GAMMA THOHIR MENGEMBANGKAN LISTRIK PLTMH DI DESA KESEPUHAN SUKABUMI

NusanTaRa.Com
byMcDonalDNunukaN,  13/01/2018


"  Keindahan Desa Kasepuhan Ciptagelar di Sukabumi, Jawa Barat,  yang dijuluki sebagai “ Negeri di atas awan “ karena geografisnya yang berada diketinggian pegunungan kini semakin mempesona karena hamparan sawah dan pegunungan yang melatarinya semakin Nampak bercahaya dengan hadirnya penerangan listrik.   Karena penduduk desa yang berada di kaki gunung Halimun dan berada pada jarak 170 km dari Jakarta,  telah hadir listrik proyek Micro Hydro for Indonesia yang digagas Gamma Abdurrahman Thohir remaja muda berusia 17 tahun.  "      



Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) suatu pembangkit listrik skala kecil yang menggunakan tenaga air sebagai tenaga penggeraknya seperti, saluran irigasi, sungai atau air terjun alam untuk membangkitkan listrik.  Aliran air atau gerakan air jatuh diarahkan untuk menggerakan turbin atau kincir air microhidro,  energi mekanik yang berasal dari putaran poros turbin akan diubah menjadi energi listrik oleh sebuah generator yang kemudian disalurkan sebagai energi listrik ke pengguna.

Sebenarnya Gamma adalah putra pengusaha nasional Garibaldi 'Boy' Thohir yang sejak kecil mempunyai ketertarikan dengan pada energi terbarukan sejak kecil, yaitu menghasilkan energy dari alam tampa harus menghabiskan sumber alam sejak kecil mungkin saja pengaruh lingkungan hidup orang tuanya.   "  Namaku Gamma Abdurrahman Thohir. Seorang remaja Indonesia yang masih duduk di bangku sekolah. Sejak kecil, aku senang bermain dan belajar mengenai energi bersama ayahku. Tapi aku menyukai energi yang ramah lingkungan agar penerusku kelak dapat menikmati keindahan alam ini  ", Ujar SiDin Gamma, Jumat 6/10/2017.

Dari kegemaran Gamma suka menggali  mengenai hal baru seperti mencari informasi lewat internet, yang kemudian mengantarnya mengenal tentang desa terpencil yang masih gelap gulita serta  pengetahuann energy terbarukan khususnya dari Enerji potensial air, yang pada akhirnya mendorongnya untuk berkarya pada bangsa dibidang PLTMH.   "  Jika dulu Thomas Alva Edison menciptakan bola lampu yang telah mengubah dunia, maka aku ingin membawa terang bagi mereka yang membutuhkan  ", Ujar SiDin Gamma.
 
Untuk menyalurkan idenya membantu orang kecil, Desa-desa terpencil mendapatkan energy listrik dengan murah, maka ia lebih memperdalam pengetahuannya pembangkit listrik tenaga Mikro Hidro (PLTMH) di dua tempat : 1.  Ia  Yayasan IBEKA  tempat dimana Gamma dapat melihat mikro hidro secara langsung bukan dari internet dan  2.  Ia mengunjungi CV Cihanjuang, perusahaan yang memproduksi turbin untuk pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH). "  Aku sangat senang karena aku dapat melihat pembuatan turbin mikro hidro secara langsung  ",  ujar SiDin Gamma.  

Sesuatu yang kecil tapi nyata mulai dilakukan Gamma tahun 2015,  Gamma membuat proposal dan mengedukasi generasi muda melalui kegiatan Youth Movement untuk mendapat dukungan dana publik untuk pembangunan PLTMH di Desa Kesepuhan Ciptagelar.   9 Februari 2017,  PLTMH di Kasepuhan Ciptagelar diresmikan dan aliran listrik dapat dinikmati oleh 75 rumah tangga, sekitar 338 orang penduduk di Kasepuhan Ciptagelar,    "  Di hari itu aku bahagia banget! Perjalanan panjang yang aku lalui bersama orang-orang di sekitarku terbayarkan dengan senyum warga Kasepuhan Ciptagelar setelah mereka mendapat pasokan listrik di rumah mereka  “, Ujar SiDin Gamma bahagia..

 "  Proses pembangunan PLTMH ini sangat berkesan untukku. Warga Kasepuhan Ciptagelar tidak hanya memberikan persetujuan mereka, tapi kami bergotong royong membangun seluruh fasilitas secara manual. Hanya bermodalkan cangkul dan tenaga fisik, kami dapat menciptakan seluruh fasilitas yang luar biasa  ", Ujar SiDin bangga.  
Pemanfaatan Energi Mikro Hidro memiliki banyak keunggulan seperti dari aspek kepentingan lingkungan hidup, penggunaan PLTMH memberikan sumbangan yang sangat berarti dalam penghematan energi,   perbaikan mutu lingkungan hidup karena penggunaannya tidak mengurangi materi di alam dan tidak menimbulkan pencemaran atau polusi alam.    Untuk aspek kepentingan kehutanan  pembangunan PLTMH  membangun perekat hubungan positif antara hutan dan masyarakat,  sumberdaya air yang tersedia untuk menggerakkan turbin akan tersedia bila hutan terjaga yang bermakna masyarakat harus mencintai Hutan .   "  Pencarianku berujung pada energi mikro hidro, sebuah energi berkelanjutan menggunakan tenaga air untuk menghasilkan energi mekanik dan mengubahnya menjadi aliran listrik  ", Ujar SiDin Gamma. 



Ada bulan malam gelap tak selalu Gelap,
PLTMH dikembangkan Gamma Thohir sumber listrik bermutu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BRIGJEN TNI MIRZA PATRIA JAYA SE, KUNJUNGAN KERJA MONITORING DI SOBATIK KALIMANTAN UTARA

NusaNTaRa.Com byFarhaMTukirmaN,           S   e   l   a   s   a,    2   3      A    p    r    i    l     2   0   2   4 Rombongan  Brigjen TN...