Rabu, 20 September 2017

PT. INKA MENANDATANGANI KONTRAK 200 UNIT GERBONG KERETA API KE BANGLADES 2017

NusanTaRa.Com
byBambanGBiunG, 18SeptembeR2017.



Untuk julung kali-kali ketiga,  tahun 2017 ini PT INKA menandatangani kontrak pengadaan 200 gerbong kereta api tipe MG (Meter Gauge) dengan Bangladesh Railway dimana sebelumnya PT INKA juga telah menandatangani kotrak pengadaan 50 gerbong kereta api tipe BG (Broad Gauge)(14/09/2017). Penandatanganan kontrak yang di saksikan langsung Menteri Perkeretaapian Republik Banglades Md. Mazibul Hoque  MP dan Duta Besar RI untuk Banglades Ibu Rinaa P. Soemarno dilakukan Direktur Utama, R. Agus H. Purnomo mewakili PT INKA sedangkan Bangladesh Railway diwakili oleh Wakil Direktur Jenderal Bangladesh Railway, Md. Shamsuzzaman.

Sebelumnya tahun 2016,  PT. INKA berhasil memenuhi pesanan Pemerintah Banglades sejumlah 150 unit kereta api penumpang dengan dua lebar sepur yang berbeda,   yaitu Board Gauge (BG) ukuran 1676 mm dan Meter Gauge (MG) ukuran 1000mm. Board Gauge dengan tempat duduk tipe 2-3, sedangkan Meter Gauge bertipe tempat duduk 2-2.   Proses pengiriman pesanan tersebut dilakukan secara bertahap dari Madiun ke Surabaya menggunakan Truk-truk besar dan dari Surabaya ke Banglades menggunakan kapal kargo, pengiriman  tersebut bermula dari maret 2016 hingga Agustus 2016. 

Industri tanah air tentunya bisa sedikit berbangga karena bila sebelumnya industri tanah air yang dilirik luar negeri hanya Pesawat, Perkapalan dan otomotip kini industri Kereta Api pun mendapat perhatian pasar luar negeri.  PT. INKA pun berencana akan mengembangkan pasarannya ke pasar kereta api Srilangka yang menjadikan kereta api sebagai sarana transportasi umum di negaranya.  Sebelumnya Produksi PT. INKA ini telah melayani kebutuhan Kereta Api di Negara seperti di Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Australia dan kawasan Afrika Utara.

Menteri Perkeretaapian Bangladesh menyampaikan apresiasinya atas pencapaian dan kinerja PT INKA dalam pengadaan kereta api yang berkualitas di Bangladesh sesuai standar internasional. Bagi Bangladesh Railway, PT INKA merupakan mitra terpercaya yang dapat diandalkan dalam memberikan asistensi dan supervisi dalam upaya peningkatan pelayanan transportasi kereta api di Bangladesh.

Apresiasi sangat besar tentunya diberikan Duta Besar RI untuk Bangladesh atas  penandatanganan kontrak tersebut sebagai refleksi kedekatan hubungan bilateral Indonesia dan Bangladesh  sesama negara berkembang yang bersahabat.  Indonesia sebagai mitra terpercaya Bangladesh menawarkan kerjasama jangka panjang dengan Bangladesh tidak terbatas di bidang perkeretaapian namun juga di sektor strategis lainnya.   Gambaran kebutuhan perkereta apian di Banglades sekilas bahwa Ibu Kota negaranya dengan penduduk 8,8 juta jiwa sebagian besar menggunakan Kereta Api untuk bepergian karena murah dan dalam sehari terdapat sekitar 2.500 penumpang antri untuk menaiki kereta api yang terbatas jumlahnya.

Banglades Negara tetangga India yang berada di Asia selatan diketahui sedang gencar mengembangkan transportasi Kereta Api sebagai sarana angkutan umum untuk memudahkan mobilisasi masyarakat dan pembangunan disana.   Bayangkan dengan penduduk berjumlah 164 juta dengan sarana  transportasi terbatas dan IPK yang rendah membuat Kereta Api sebagai pilihan sarana transportasi yang murah.   Penandatangan kontrak ini merupakan yang ketiga kalinya bagi PT INKA yang sebelumnya telah memenangkan tender internasional di Bangladesh,  dimulai pada tahun 2006, tahun 2015 dan tahun 2017 dengan total keseluruhan lebih dari 200 produk coaches dan wagon yang diekspor ke Bangladesh.​

Dukungan pemerintah yang sangat besar untuk  membuat kalangan industri   mampu Go Internasonal dalam pemasaran tentunya menjadi satu sebab keberhasilan PT INKA di Bangladesh melakukan pengembangan melalui program NIA (National Interest Account) dan Indonesia Eximbank yang memperkuat rencana untuk melakukan ekspansi pasar di luar negeri, terutama ke negara-negara berkembang di Asia Tenggara, Asia Selatan, Asia Tengah, Timur Tengah dan Afrika.


Kereta Api melaju dari Madiun,
Banglades memesan Kereta Api untuk kebutuhan angkutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PULAU BUNGIN SUMBAWA DI TENGAH LAUTAN JADI PULAU TERPADAT DI DUNIA

NusaNTaRa.Com byLaDollaHBantA,         R    a    b    u,       2    0         A    p    r    i    l        2    0    2    4 Pulau Bungin d...