Jumat, 01 April 2016

MEGA PROYEK JEMBATAN KAPUAS TAYAN DAN MERAH PUTIH AMBON SELESAI AWAL 2016

NusanTaRa.Com
Jembatan " Kapuas Tayan "  Kalbar

Mega proyek Dua inprastruktur  jembatan  pertengahan tahun 2016 ini akan siap dioperasionalkan di Indonesia timur  yaitu  Pertama, Jembatan Kapuas Tayan di Kabupaten Sanggau yang merupakan penghubung  jalan Trans Kalimantan poros Selatan penghubung Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah, sebelum jembatan ini Kota Tayan dan Tiasak hanya dihubungkan dengan dua kapal Fery.  Jika pembangunan ini selesai maka Jembatan Kapuas Tayan merupakan Jembatan Nomor dua terpanjang di Indonesia setelah  Jembatan Suramadu di Surabaya-Madura. 

Jembatan penghubung kedua yang akan siap operasional tahun 2016 adalah jembatan  Merah Putih di Kota Ambon yang menghubungkan  Poka dengan Galala di kawasan teluk Ambon,    Jika jembatan ini terselesaikan  jarak   Kota Ambon menuju bandara Pattimura dapat lebih dekat  dari  35 km mengitari teluk Ambon yang ditempuh 60 menit menjadi  20 menit saja .   Jembatan Merah Putih dibangun sejak 17 Juli 2011 dengan anggaran Rp 700,00 milliar sepanjang   1.140 meter,  dengan system  Cable Stayed  terdiri dari tiga bagian masing-masing   520 meter,   320  meter dan  300 meter.

JEMBATAN SUNGAI TAYAN


Jembatan Kapuas Tayan di Kabupaten Sanggau Kalimanta Barat telah selesai dibangun dan ujicoba jembatan untuk dilewati kendaraan sudah berlangsung sejak 19 Februari 2016.  " Jembatan Tayan sudah selesai, malah sdah ujicoba traffic sekarang.  Sudah dari tanggal 19 (Februari) kita buka untuk kendaraaan lewat, "  ujar kepala pelaksana satuan Kerja Jembatan Kapuas Tayan, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Yudha Hadita.

Panjang keseluruhan jembatan ditambah jalan akses mencapai 5,3 km, dengan panjang jembatan mencapai 1,42 km terdiri daari 2 bagian jembatan. Bagian pertama sepanjang 280 meter dengan lebar 11,5 meter dan bagian kedua sepanjang 1,14 km dengan lebar 11,4 meter.   Jembatan ini menjadi yang terpanjang di Kalimantan.   " Dibilang yang terpanjang iya dari segi bangunannya.  Artinya, bagian jembatan yang melayang memang yang terpanjang, "  kata Yudha. 

Jembatan Kapuas Tayang menghuubungkan Provinsi Kalimantan Barat dengan Kalimantan Tengah melalui Desa Tayan dan Desa Piasak di Kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau dibangun oleh China Road and Bridge Coorporation dengan PT. Wijaya Karya Tbk dengan total biaya Rp  1.023 trilliun.   Jembatan ini menjadi sangat penting karena menghubungkan jalan trans selatan Kalimantan yang belum tersambung.

Jembatan ini memiliki panjang keseluruhan mencapai 1.440 meter, lebar jembatan tiga jalur kendaraan atau sekitar 11 meter, tinggi jembatan dari permukaan air Sungai Kapuas saat banjir tertinggi mencapai 13 meter.   Konstruksi jembatan tersebut terbagi dalam dua bentangan, bentangan pertama menghbungkan kota Tayan dengan Pulau Tayan sepanjang sekitar 300 meter dan kedua bentangan yang menghubungkan Pulau Tayan dengan Kota Piasak sepanjang 1.140 meter.


JEMBATAAN MERAH PUTIH AMBON


Pembangunan Jembatan " Merah Putih " di Kota Ambon Provinsi Maluku, yang menghubungkan jalan dari Wilayah Hative Kecil (sisi Gala) dengan Wilayah Rumah Tiga (sisi poka) di Teluk Ambon sepanjang 1.140 km telah rampung.   Pengerjaan Jembatan ini sejak 17  Juli   2011 biaya sebesar  Rp 700 milyar .

Jembatan yang membelah teluk Ambon ini memiliki Panjang 1.140 meter terbagi dalam tiga bagian dengan ketinggian 34,1 meter di atas permukaan laut.   Pertama, jembatan pendekat Poka (poka approach bridge) sepanjang 520 meter, Kedua, Jembatan pendekat Galala (Galala approach bridge) sepanjang 320 mete dan Ketiga, Jembatan Utama (main bridge) sepanjang  300 meter. 

Jembatan " Merah Putih " yang digadang-gadang menjadi terpanjang se Indonesia timur serta menjadi kebanggaan warga Kota Ambon diharapkan akan segera beroperasi setelah rampung pekerjaannya  pada  akhir  Februari, karena jalur ini bisa memangkas waktu tempuh perjalanan.   Salah satunya perjalanan dari Bandara Pattimura menuju ke tengah Kota Ambon yang sebelumnya  memakan waktu 1 jam akan menjadi hanya 15 - 20 menit saja.
byKariTaLa LA

Jembatan beton menyeberangi teluk,
Jembatani kesejahteraan esok dengan pembangunan yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SEJARAH MASJID AGUNG SANG CIPTO RASA DIBANGUN WALI SONGO PADA ZAMANNYA, MESJID TERTUA DAN PERNAH DIBANGUN SATU MALAM !

NusaNTaRa.Com  byBambanGBiunG,   S   a   b   t   u,    2   7    A   p   r   i   l     2   0   2   4 Masjid Agung Sang Cipto Rasa di Cirebo...