Senin, 05 Agustus 2013

DURIAN SELISUN, BUAH LOKAL NUSANTARA






       Ketika memakan Durian ini terasa ada rasa yang sangat luar biasa yaitu sedap dan legit yang tidak pernah saya dapatkan ketika memakan Durian sebelumnya,  sehingga dengan keheranan tersebut saya bertanya pada penjual buah tersebut dan ia memberikan jawaban bahwa buah tersebut adalah buah Durian Lokal Selisun.    Sekilas Durian ini hampir sama dengan durian Nusantara lainnya, namun bila lebih seksama memperhatikannya  akan terasa perbedaannya Postur buahnya yang memiliki kulit berduri dengan Pangkal duri lebih sedang,  pola duri lebih jarang, Ukuran buah sedang, warna hijau sampai agak kekuningan dan rasanya yang khas.

       Nama  Durian Selisun diberikan oleh para petani di Selisun dan peminat durian tersebut karena mereka merasakan ada perbedaan khusus dari rasa buah ini berbanding buah durian lainnya dan Durian ini banyak  dibudidayakan di daerah Selisun Kecamatan Nunukan Selatan Provinsi Kalimantan Utara.    Secara fisik buah ini memiliki berat  2-3 kg per buah dan berbentuk cenderung bulat. Warna daging kekuning tua, sangat tebal, memiliki biji yang kempes,  bertekstur padat,  Rasanya manis, legit, dan pulen.   Musim berbuahnya antara April sampai Juli dengan puncaknya akhir Mei kata Bapak Achmad Amir Petani yang membudidayakan Durian Selisun  sejak neneknya dan merupakan seorang Pengurus KTNA Kabupaten Nunukan.

       Menurut saya Durian ini merupakan varian durian yang ada di Daratan Kalimantan yang banyak ditanam masyarakat Petani di Selisun,  mungkin karena faktor alam seperti jenis tanah, kelembaban daerah Pulau, hara yang terkandung dalam tanah dan perjalanan waktu yang cukup lama menjadikannya  lain dengan yang ada di tanah daratan besar Kalimantan.

       Buah Durian Selisun telah mendapat pengesahan Menteri Pertanian RI dengan  ditetapkannya  buah ini sebagai salah satu Buah Varietas Unggulan Nasional tahun 2005.
By Bakri Supian





Makan Durian Jangan buang bijinya ke laut,
Kalau berusaha  sampai  berhasil meski harus berkeringat.

1 komentar:

SEJARAH MASJID AGUNG SANG CIPTO RASA DIBANGUN WALI SONGO PADA ZAMANNYA, MESJID TERTUA DAN PERNAH DIBANGUN SATU MALAM !

NusaNTaRa.Com  byBambanGBiunG,   S   a   b   t   u,    2   7    A   p   r   i   l     2   0   2   4 Masjid Agung Sang Cipto Rasa di Cirebo...