Minggu, 05 Agustus 2012

RANOMI KROMOWIDJOJO ATLIT BELANDA BERDARAH JAWA PAHLAWAN DI OLIMPIADE LONDON 2012

















Seorang Atlet asal Belanda berdarah Jawa,  Ranomi Kromowidjojo berhasil menjadi salah satu atlit negeri tersebut sebagai pendulang Medali Emas pada cabang renang 100 meter Gaya Bebas pada Kamis, 2 Agustus 2012 di Olimpiade London 2012 .

Atlet berusia 22 tahun kelahiran 21 Agustus 1990 di Sauwerd GroninGen mencatatkan waktu 53 detik untuk memantapkan diri sebagai Juara pertama disusul perenang asal Belarusia, Aliaksandra Herasimenia, dan perenang Cina, Tang Yi. Dan Waktu tersebut masuk sebagai rekor baru Sukan Olimpiade.    

 
Menurut Ranomi ini sebuah kebanggaan yang dulunya tak pernah terbayangkan dan tidak pernah memasang target tinggi  "Saya hanya mengharapkan perlombaan yang bagus dan saya juga tidak terlalu terfokus dengan waktu, sehingga tidak merasa banyak tekanan ," tutur anak asuh Jacco Verhaeren itu.   sekarang menjadi wanita Belanda yang ketiga sebagai peraih Medali sekaligus Emas dari acara renang 100 meter ini.     
   
Ia mulai menjadi favorit dinomor ini dalam putaran final setelah Ranomi sebelumnya berhasil mencecar rekor yang cukup fantastik di semifinal dengan catatan waktu 53,05 detik.  Dalam sejarah keikut sertaannya di Olimpiade Beijing 2008 dan Olimpiade London 2012 ia telah mengkoleksi 2 medali Emas dan 1 Perak.   
 
Ayahnya Kromowidjojo berasal dari Suriname dengan kakek-neneknya berasal dari Indonesia, kemudian Kromoidjojo  hijrak ke negeri Belanda saat Suriname merdeka tahun 1975 kemudian menikahi seorang gadis negeri Kincir tersebut hingga melahirkan  dan membesarkan Ranomi Kromowidjojo di Sauwerd  Belanda.   
 
Ranomi sangat mengagumi perenang Legendaris Belanda Peter van den Hoogenband dan Inge de Bruijn sekaligus menjadi motipasi dirinya untuk menekuni Renang. “Saat masih kecil, saya menonton Pieter dan Inge melalui layar televisi,” tuturnya. Sejak saat itulah, Ranomi mulai menekuni olah raga renang.   Pencapaian Ranomi di Aquatic Centre yang Cemerlang ini membuatnya menjadi idola di Belanda serta menggantikan posisi Van den Hoogenband dan De Bruijn. " baginya Ini adalah sebuah penghormatan yang sangat luar biasa," ujar siading  penyabet gelar atlet wanita terbaik Belanda tahun 2011.

Pertama kali Ranomi masuk ke skuad Belanda tahun 2005 lalu namun  berselang dua tahun atlit paforitnya  Bruijn  mengundurkan diri dan  Olimpiade Beijing 2008 lalu, Ranomi yang dijuluki Flying Dutchman mencatatkan hasil manis dengan mempersembahkan medali emas pertama buat Belanda di nomor 400 meter gaya bebas beregu putri. Penghargaan ini diterima Ranomi sebelum dirinya berulang tahun yang ke-18.
By Bakri Supian                                                                    Refren Kompas com&Yahoo.com




















Bener dehh Ranomi Kromowidjojo itu atlit renang negeri Kincir,
Ikut berlomba untuk menjadi penoreh prestasi besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ANDI RENDI RUSTANDI ANAK BURUH DAN PENJUAL GORENGAN SERING TERUSIR BEKERJA DI LEMBAGA RISET BESAR JEPANG

NusaNTaRa.Com byAsnISamandaK,             S    a    b    t    u,      3     0        M     a     r     e     t        2     0     2     4   ...