Sabtu, 04 Mei 2024

KISAH JANDA PANGERAN CINA YANG BERUBAH MENJADI BATU. LEGENDS GUNUNG KINABALU DI SABAH

NusaNTaRa.Com    

byGreaTBritteN,      J   u   m   a   t,    0   3     M   e   i      2   0   2   4 

Gunung KINABALU gunung tertinggi di Malaysia  4.095,2 meter

Gunung Kinabalu adalah gunung tertinggi di Malaysia.   Jika kita ke  Gunung  Kinabalu kita juga dapat menikmati  sajian  pengalaman menginap layaknya di hotel sebelum menuju puncak gunung.   Gunung Kinabalu sendiri merupakan salah satu obyek wisata yang ditawarkan untuk pengemar wisata petualangan. Gunung Kinabalu memiliki ketinggian 4.095,2 meter di atas permukaan laut (mdpl)  menjadi satu satu satu siri catatan bahwa ia  merupakan Gunung tetinggi  kedua di kawasan  Asia  tenggara  setelah   catatan Gunung Jaya Wijaya di Papua Indonesia.

Gunung Kinabalu merupakan  salah satu keajaiban alam yang menjulang tinggi di ranah Sabah Malaysia, dengan ketinggian mencapai 4.095,2 meter di atas permukaan laut.    Gunung  yang indah  ini  berada di daerah Ranau, Kundasang, Kota Sabah, Malaysia bagian Timur, dengan perbatasan yang berdekatan dengan Indonesia di pulau Kalimantan.    Gunung ini menduduki peringkat ketiga dalam daftar gunung tertinggi di Benua Asia, hanya kalah oleh Gunung Everest dan Gunung K2, meskipun ketinggiannya masih 789 meter lebih rendah dari Gunung Jayawijaya yang merupakan gunung tertinggi di Indonesia.

UNESCO  salah lembaga dunia yang berada di bawah naungan PBB  yang didirikan sejak 1945, telah mengakui Gunung Kinabalu sebagai Warisan dunia  UNESCO  sejak tahun 1964  dan menjadikannya taman nasional pertama di Malaysia yang mendapat pengakuan tersebut.    Gunung Kinabalu bukan hanya tentang statistik ketinggian atau status warisan dunia  karena bagi masyarakat Malaysia, terutama penduduk Sabah, gunung ini memiliki makna yang mendalam  dan  bagi sebagian besar penduduk Malaysia, Gunung Kinabalu adalah simbol kebanggaan, kebesaran, dan semangat persatuan.

Gunung Kinabalu  adalah bukti keindahan alam yang luar biasa dan kemajuan Malaysia sebagai negara,  selain itu  gunung ini juga memiliki makna spiritual yang kuat.    Gunung Kinabalu juga  dipercayai  sebagai  tempat bersemayamnya roh para leluhur, dan oleh karena itu, dihormati dan dijaga dengan penuh rasa hormat.   Namun, di balik keindahan dan spiritualitasnya, ada juga legenda menarik yang melekat pada Gunung Kinabalu  dan  konon kata  pada zaman dahulu, gunung ini dijaga oleh seekor naga raksasa yang tak ada seorang pun bisa mengalahkannya.

Karena keangkeran itulah,  tak seorang pun di dunia  terutama yang berada di kawasan itu yang memahami untuk  berani mendekati Gunung Kinabalu, meskipun di dalamnya tersimpan mutiara berharga yang sangat  menarik,  hingga  pada suatu masa, seorang pangeran dari negeri Cina datang dengan niat untuk merampas mutiara tersebut.   Setelah melakoni satu siri pertempuran sengit yang berlangsung dengan naga itu, sang pangeran berhasil menewaskan naga itu dan membawa pulang mutiara berharga itu ke negeri asalnya.

Dari satu twist yang tak terduga.   Sang pangeran, setelah menikahi seorang gadis cantik dari suku Kadazan, tiba-tiba meninggalkan gadis tersebut dan kembali ke negeri Cina  yang  berakibat menelantarkan istrinya tanpa alasan yang jelas sehingga  Gadis Kadazan itu merasa sedih, kecewa dan patah hati yang tak kuasa ia  tahan.    Dengan maksud untuk menenangkan hatinya, ia pergi ke Gunung Kinabalu.   Sayangnya, ia terus menangis di gunung itu dan mengucapkan kata-kata yang tidak semestinya.  Akibatnya, ia berubah menjadi batu.

Kisah LegendS  inilah yang menjadi awal mula penamaan Gunung Kinabalu.    Kata 'Kina' dalam bahasa setempat  memiliki arti 'Cina,' sementara 'Balu' bermakna 'Janda.' Jadi, secara harfiah, Gunung Kinabalu dapat diartikan sebagai   “Jandanya Pangeran Cina  “,  menggambarkan tragedi cinta yang menyedihkan.   Suku Kadazan sendiri memiliki versi lain dalam penamaan gunung ini.   Menurut mereka, Gunung Kinabalu juga dapat disebut sebagai  “Aki Nabalu “,  ' yang artinya 'gunung Nenek Moyang.' Ini mencerminkan keyakinan bahwa gunung ini adalah tempat bersemayamnya nenek moyang atau leluhur mereka.

Legenda Gunung Kinabalu menciptakan citra yang sangat indah dan kuat tentang gunung ini di mata masyarakat Malaysia.   Ini adalah tempat yang memadukan keindahan alam yang megah dengan kisah-kisah yang kaya akan makna dan emosi, menjadikannya salah satu destinasi yang paling menarik di Asia dan dunia.    Gunung Kinabalu bukan hanya sebuah gunung, tetapi juga sebuah simbol kebanggaan, kebesaran,  Kegaiban  dan keindahan yang tak ternilai di Malaysia.

Puncak Gunung Kinabalu Jelmaan JANDA PANGERAN CINA

 

Gunung Kinabalu bersemayan di bumi Dibawah Bayu.

Kinabalu terukir dari nama janda yang berubah  Batu,

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEHEBATAN PULAU PAPUA YANG INDAH ALAMNYA DENGAN 7 DESTINASI WISATO

NusaNTaRa.Com byLaCappotttA, K a m i s, 1 6 M e i 2 0 2 4 Pulau PAPUA yang kaya akan keindahan alam d...