Minggu, 20 Agustus 2017

WARGA DESA TAU LUMBIS DI PERBATASAN RI-MALAYSIA MEMBENTANGKAN MERAHPUTIH 1 KM

NusanTaRa.Com



Desa Tau Lumbis meski merupakan ibukota Kecamatan Lumbis Ogong, tapi ia bisa dibilang  sebuah desa yang terisolir jauh berada diperbatasan dengan Malaysia yang hanya bisa dicapai dengan menggunakan perahu menyusuri sungai Sedalir  selama 6  jam dari Mensalong, Selain itu desa ini berbatasan langsung dengan Malaysia membuat banyak warganya yang ulang alik ke negeri jiran seperti Bantul dan Tenom untuk mencari kerja keadaan ini sering menjadi satu keraguan akan semangat Nasionalisme.  Jum’at 18 Agustus 2017,  Komunitas Perbatasan 17 yang berada di desa Tau Lumbis didukung Muspika dan seluruh masyarakat Desa Tau Lumbis Kecamatan Lumbis Ogong Kab. Nunukan menggelar Pembentangan Bendera MeraHPutiH sepanjang 1.000 meter (1 km).

Pembentangan bendera Merah Putih sepanjang 1 kilometer ini dalam rangka merayakan hari Kemerdekaan RI ke 72 serta sebagai bukti tekad warga Desa Tau Lumbis untuk menanamkan semangat Jiwa Nasionalisme masyarakat akan cinta Tanah air dan membendung  pengaruh yang non Nasionalisme dari luar daerah di Perbaatasan RI-Malaysia.  Pembentangan Bendera MeraHPutiH sepanjang 1.000 meter di sepanjang sungai Sedalir sebagai bukti bahwa masyarakat perbatasan masih memiliki semangat Nasionalisme yang tinggi yang tak luntur oleh apapun pengaruh di sana.  Antusias masyarakat dalam mengikuti acara ini terlihat dengan keterlibatan mereka dengan menggunakan pakaian adat, seragam sekolah dan seragam kerja mereka dengan mengarak dan membentangkan bendera.

Kepala Desa Tau Lumbis Panus Langkau kepada RRI mengatakan, meski berada di perbatasan yang jauh dari ibukota Kabupaten, namun jiwa Nasionalisme masyarakat perbatasan jangan di ragukan.     Desa kami ini pak terisolir dan sangat jauih dari ibukota kabupaten. Tapi kalau berbicara Nasionalisme dan NKRI, jangan di ragukan, kamilah yang tinggal disini menjadi ujung tombak benteng pertahanan Negara. Bapak bisa liat sendiri bagaimana antusias kami disini memperingati hari kemerdekaan  ”,  Ujar SiDin Panus Langkau.

Masyarakat Desa Tau Lumbis Kec. Lumbis Ogong Kab. Nunukan Provinsi Kalimantan Utara yang berada di perbatasan langsung dengan Malaysia dan seringnya kita mendengar eksodus masyarakat tersebut ke Negara jiran untuk mencari kerja  oleh sebagian kalangan dianggap bahwa warga desa tersebut memiliki rasa nasionalime yang rendah.   Padahal di zaman Konfrontasi RI – Malaysia ditahun 1962 – 1968 bahwa merekalah yang beerada di garda terdepan dalam mempertahankan wilayah Indonesia dan menjadi pejuang bersama tentara RI dan Sukarelawan RI.

  Kami sangat berterimakasih kepada seluruh masyarakat Desa Tau Lumbis, Muspika Kec. Lumbis Ogong, dan Komunitas Perbatasan 17 yang telah mendukung terlaksananya kegiatan-kegiatan dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-72 ini khususnya kegiatan pembentangan bendera Merah Putih sepanjang 1000 meter, Kita harus bersumpah akan mencintai NKRI sampai kapanpun  ”,  Ujar SiDin  Panus Langkau.   Arif Yoga seorang pengurus Komunitas Perbatasan 17 mengatakan bahwa  tugas utama dari komonitas mereka adalah terus menjaga dan menggelorakan jiwa nasionalisme masyarakat perbatasan agar tetap cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

  Selain mendukung pelaksanaan pembentangan bendara 1 kilo meter di Kecamatan Lumbis Ogong, kami komonitas perbatasan 17 juga menggelar serangkaian kegiatan di Kecamatan Lumbis Induk, tentu hal hal seperti ini kedepanya akan kami  lakukan terus secara berkesinambungan, sehingga masyarakat akan semakin kuat dan bersatu padu dalam kerangka bingkai NKRI  ”,  Ujar SiDin Arief.   Lebih jauh masyarakat Desa Tau Lumbis sangat mengarapkan  agar Pemerintah Daerah lebih aktip mengembangkan pembangunan di daerah mereka sehingga dapat memupus ketertinggalan dan keterisolasian mereka yang bisa mengurangkan rasa Cinta Tanah Air mereka. 
byRyaNSyahputrA

Sungai Sedalir mengalir sepanjang Perbatasan,
Nasionalisme Warga PerBatasan Lumbis  menjaga kesatuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...