Kamis, 16 Maret 2017

MUSISI COUNTRY “ TANTOWI YAHYA “ JADI DUTA BESAR UNTUK NEW ZEALAND

NusanTaRa.Com


Sosok yang dulu dikenal  sebagai pribadi yang mudah senyum  dan senang bernyanyi  lagu Country sebuah irama “ CowBoy “ sehingga membuatnya harus tampil bertopi, sepatu botkulit  lancip dan beroda besi  serta baju dan celana Jeans dilayar TV.   Bahkan menjadi pemandu acara musik Country di TVRI dan Metro TV  tahun 2004 “ Goin’ Country “ yang menjadi salah satu acara TV kegemaran warga Nusantara.  Berwajah  Gagah yang terkenal sebagai Ikon  “ Country Music “    TANTOWI YAHYA “  adik dari Helmy Yahya dengan segala pengalamannya di dunia seni dan politik ini ternyata dalam Pemerintahan Presiden Jokowi Widodo dipercayakan untuk melakoni Diplomasi Indonesia yaitu menjadi DUTA BESAR INDONESIA untuk Negara Selandia Baru merangkap Samoa dan Kerajaan Tonga dilantik 13 Maret 2017 dan akan berkedudukan di Wellington.

Tantowi Yahya dipercaya Presiden Joko Widodo untuk menjadi seorang diplomat utama yaitu sebagai Duta Besar mewakili Indonesia terutama dalam urusan di kawasan negara  Selandia Baru merangkap  Samoa  dan kerajaan Tonga,  meski  dia belum memiliki karier dan pengalaman yang cemerlang  sama sekali dalam diplomasi.    Walau demikian, bukan berarti pria kelahiran 29 Oktober 1960 ini tidak punya keahlian bertutur yang mentereng, sebab  sebelumnya ia telah berkarier di dunia politik dan menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat yang menyuarakan suara rakyat,  telah berkecimpung sangat lama didunia hiburan dan membawakan beberapa acara terkemuka, yang tentunya sesuatu banget dalam mendukung tugas Diplomasi yang diembannya nanti. 

Dalam kesempatan lain, dia juga mengatakan meski dirinya belum memiliki pengalaman sebagai diplomat, pengalaman selama tujuh tahun di Komisi I DPR bisa memberikannya bekal dalam menjalankan tugas yang baru.  "  Selama tujuh tahun di Komisi I setidaknya memberikan saya gambaran dengan melakukan kontrol kepada Kementerian Luar Negeri,  ditambah interaksi yang intensif maupun saat saya melakukan kunjungan ke luar negeri  " Ujar SiDin Tantowi.

Politisi kelahiran Indralaya Sumatera Selatan yang berkibar dengan bendera Golkar telah dua periode menjadi   anggota parlemen periode pertama 2009-2014 mewakili suara pemilih Sumatera Selatan dan periode kedua 2014-2019 mewaakili suara pemilihan DKI.    Kini sipenghibur dan politisi tersebut harus menjalankan tugas baru yang ditugaskan padanya  oleh pemerintahan Jookowi sebagai duta besar.   Dalam suatu wawancara terakhir dia telah mengatakan siap menjalankan tugas barunya,  "  Ya siap, ini kan penugasan dari negara yang diberikan oleh presiden  ",  Ujar SiDin Tantowi pada NusanTaRa.Com, kemudian lanjutnya   "  Saya bahagia, terharu, mensyukuri nikmat yang Allah berikan kepada saya. Yang jelas ini kehormatan bagi Golkar, kehormatan juga bagi Komisi I DPR  ". 

Dengan segudang pengalaman di bidang dunia Hiburan  mantan anggota DPR RI ini mengaku akan menggunakan diplomasi musik dalam menjalankan tugasnya itu tentunya dengan prosedur yang benar dan tepat.    "  Ya, dong (promosi musik Indonesia). Saya kan duta besar yang basisnya adalah orang seni. Jadi, salah satu diplomasi saya nanti gayanya banyak sekali akan menggunakan musik. Saya kan orang music  ",  Ujar SiDin Tantowi Yahya di Gedung Smesco  Jaksel, Selasa (7/3/2017).   Tantowi mengatakan pula bahwa ia akan mengikuti cara Dubes RI untuk Polandia, Peter F Gontha sosok diplomat yang juga punya talenta dunia hiburan, yang beberapa kali mengundang artis-artis musik Indonesia ke negera tersebut.

Pelantikan Duta Besar Indonesia untuk Negara sahabat  oleh  Presiden Joko Widodo pada 13 maret 2017, umumnyya terbanyak dari kalangan Kementerian Luar Negeri.   Turut bersama Tantowi dalam pelantikan tersebut,  Mantan Menteri  PANRB  Yuddy Chrisnandi sebagai  Duta Besar  RI untuuk Ukraina,  Akademisi LIPI  Ikrar Nusa Bhakti untuk  Tunisia, Mantan Gubernur Akmil Mayjen (purn) Arief Rachman untuk  Afganistan, Mantan Gubernur Lampung Sjahroedin Zainal Pagaralam untuk Kroasia,  Mantan Direktur PT.  Pupuk Indonesia untuk Jepang dan Kepala sekretaariat Presiden untuk Austria.   

Adapun, para pejabat karier Kementerian Luar Negeri  yang  dilantik menjadi Duta Besar  Direktur Jenderal Multilateral Hasan Kleib  untuk  Swiss,  Asisten Deputi  Kerjasama Amerika dan Eropa Priyo Iswanto  untuk Kolombia,  Duta Besar Indonesia  ASEAN Rahmat Pramono  untuk Kazakhstan,  mantan Dubes RI Suriname Nur Syahrir Rahardjo  untuk Bahrain,  Inspektur Wilayah II Sahat Sitorus  untuk  Timor Leste,   SekJen  Kemlu  Yohanes Kristiarto Soeryo Legowo  untuk  Australia,  KonJen  Los Angeles Umar Hadi  untuk Korea Selatan,  Direktur Keamanan Diplomatik I Gusti Ngurah Ardiyasa untuk  Sri Lanka,  DirJen  Informasi dan Diplomasi Publik  Esti Andayani  untuk  Italia  dan  Direktur Keamanan Internasional dan Perlucutan Senjata Andy Rachmianto   untuk  Yordania.

Tantowi Yahya kelahiran  Indralaya, Sumatera Selatan, 29 Oktober 1960, dari orang tua ayah HM. Yahya Matusin dan ibu  Hj. Komariah Yahya, setamat SMA 1979 di Palembang  ia merantau ketanah Jawa dan memasuki  Akademi Kepariwisataan Indonesia (AKI) lulus D1 kemudian Lanjut ke Bandung National  Hotel Institute (NHI) kemudian melanjutkan kerja didunia perhotelan di Jukarta 1982.   Bakat di dunia hiburan membawa keharuman namanya  sebagai penyanyi  dan  pembawa acara TV khususnya yang terkait dengan Musik Country,  sehingga ia memperoleh  penghargaan     The Most Favourite Television Quiz Host dalam ajang Panasonic Awards    2003, 2004, 2005, dan 2009, Tantowi  tercatat pendiri sekaligus sekretaris jenderal Indonesian Music Awards Foundation tahun 1997-2001.

Tantowi menikah dengan Dewi Handayari dikaruniai seorang anak laki-laki Muhammad Adjani Prasanna Yahya (lahir 11 April 2001).   Tahun 2005 Tantowi diundang  mewakil Indonesia di Eisenhower Fellowship, sebuah event internasional yang mempertemukan wakil-wakil dari berbagai Negara  dari para politikus, pejabat tinggi pemerintahan ataupun pegusaha,   Setahun kemudian Tantowi dinobatkan sebagai Duta Baca Indonesia (DBI) tahun 2006 oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) dan Menjadi anggota parlemen RI dua periode 2009-2014 – 2014-2019.  Terakhir  13 maret  2017 beliau dipercaya sebagai Duta Besar RI untuk Negara sahabat New Zealand merangkap Samoa dan kerajaan Tonga.  Selamat buat  Bapak Tantowi  Yahya atas tugas yang dipercayakan Negara sebagai Duta Besar dan buat dunia diplomasi sebagaimana Indahnya    Country Music  “.
ByRyaNSyahputrA.

Denting Dawai Banjo membuat hati  tegar, 
Tantowi Yahya musisi Countri yang jadi duta Besar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEUNIKAN PEMBUATAN CELANA UNIK TABIB SUKU MENTAWAI ATAU KABIT SIKEREI

NusaNTaRa.Com    byIrkaBPiranhA,          S   e   l   a   s   a,     1    6          A    p    r    i    l         2    0    2    4   An...