Selasa, 02 Agustus 2016

TANK BOAT X18 TANK LAUT PERTAMA DI DUNIA BUATAN INDONESIA

NusanTaRa.Com
Kita tidak pernah menyaksikan satu produk militer yang beroperasi di perairan dunia yang menggambarkan model perpaduan Tank Berat dan Kapal,  namun putra putri Indonesia telah berhasil menciptakan satu desain  Tank Boat X18 yang akan beroperasi di perairan dangkal dan sedang dengan konsep seperti itu.   Selama ini Tank Boat X18  belum diproduksi di negara mana pun kecuali Indonesia, Tank Boat X18  akan menjadi asli karya anak bangsa Indonesia yang akan dikembangkan PT Lundin Industry Invest,  pabrik kapal militer yang bermarkas di Banyuwangi Jawa Timur.   

Bahkan Konsep Tank Boat X18 produksi PT Lundin Industry Invest Indonesia di klaim akan menjadi produk tank Boat  pertama di dunia karena belum ada negara lain yang membuatnya bahkan Amerika sekalipun.    Kapal ini diberi nama tank boat X18 karena mirip dengan  tank laut seperti body mirip kapal, beroperasi di perairan dangkal dan sedang, memiliki turet, dapat berfungsi sebagai Landingship militer, persenjataan berat sejenis meriam dan mobilitas pergerakan yang dinamis.     

Memang kalau kita melihat satu produk militer Swedia yang diberi nama Combat Boat CB90, kapal yang berlunas satu  memiliki senjata berat jenis Meriam dan turret sekilas terlihat mirip, tapi dari beberapa detail terlihat perbedaan mendasar seperti posisi turret yang tidak memiliki posisi tembak yang sebaik Turret TanK Boat X18,  ruang navigasi yang lebih cantik pada TB X18 dan Material Baja jauh lebih unggul yang dimiliki Tank Boat X18.
 
Sebelumnya PT Lundin pernah menciptakan kapal perang siluman yakni Kapal Cepat Rudal Trimaran atau KRI Klewang,  sekarang Lundin menunjukkan keberadaannya sebagai perusahaan yang dapat dibanggakan Indonesia, dengan kembali berhasil membangun persenjataan militer kombinasi boat atau kapal dengan tank berat atau heavy tank. 

John Lundin, Presiden Direktur PT Lundin, di sela acara Armored Vehicle Asia (AVA) Conference 2015, Hotel Crowne, Jakarta, Mengatakan  " Kita melihat ini dapat dipakai untuk operasi di laut dan sungai. Heavy tank memiliki kendala untuk operasi di pendalaman dan juga daerah kepulauan. Maka kita kembangkan kombinasi boat dan tank guna mendukung pendaratan amfibi namun dilengkapi senjata berat. 

" Pada dasar Tank Boat X18 terdiri dari dua lunas kapal yang digabungkan, digerakkan dua mesin, Memiliki persenjataan jenis meriam, Ruang angkut pasukan dan Turet ", Ujar Podding pemerhati militer Legendary.   Turet  satu bagian ditengah kapal yang dapat berputar untuk memudahkan penembakan senjata berat yang dimiliki kesemua arah serta berfungsi perlindungan bagi operator dan mekanisme penembakan, penopang senjata berat, tempat amunisi dan pusat komunikasi,  Turret dapat diawaki manusia dapat juga dikendalikan jarak jauh.    Material yang digunakan untuk  Tank Boat X18 dari lapisan baja material komposit,  material ini dinilai lebih memiliki kekuatan 10 kali dari baja namun juga 10 kali lebih ringan dari baja, serta Bung John menjamin 100 % material komposit tahan api. 

John mengatakan bahwa sesungguhnya persenjataan militer  kombinasi tank berat dan boat pernah akan dibuat Rusia saat perang dunia ke-2 serta Amerika Serikat saat perang bergejolak di Vietnam yang melibatkan negara Paman Sam, namun mengalami kegagalan, karena kendala tehnologi serta bahan material yang digunakan dari baja sangat berat tidak sesuai dengan kendaraan tersebut.  Turret yang merupakan bagian utama dan pital dari persenjataan Tank Boat X18 dapat terbuat dari aluminim, serta bagian lain dari Komposit tentu akan menjamin kestabilan tinggi untuk dapat melakukan penembakan dari laut secara akurat.  

Selanjutnya untuk pengembangan produk kesempurnaan Tank Boat X18,  PT Lundin berencana menggandeng PT Pindad (Persero) untuk mengembangkan tank laut ini,  Sementara untuk pembuatan turret dengan kaliber 105 MM PT Lundin menggandeng CMI Defence, sedangkan Bofors asal Swedia digandeng untuk pengembangan sistem senjata.   John mengaku TNI merespon positif konsep tank laut ini.   Dalam menjalankan operasinya Tank Boat X18 akan didesain mampu membawa 4 kru dan 20 personil.   Di atas air kapal buatan Banyuwangi ini mampu melaju dengan kecepatan maksimal 40 knots dengan ukuran  panjang 10 meter dan lebar  4 meter.   

Dengan adanya Tank Boat X18 yang mendapat persetujuan TNI AL jelas akan menambah kekuatan TNI AL serta membuat kekuatan militer Indonesia diperhitungkan di dunia. Selain itu produk ini dapat menjadi terobosan baru dalam memperluas pasar Alutsista Indonesia di luar negeri.
byMcDonalDBiunG
Kapal perang meliuk lincah di delta sungai,
Tank Boat X18 yang kuat akan melindungi negeri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PARI GERGAJI GIGI KECIL DAPAT SURVIVE DENGAN BAWAAN PARTHENOGENESIS BILA TERTEKAN

NusaNTaRa.Com byIrkaBPiranhA,         S     e    n    i     n,        0    6      M    e    i      2    0    2    4   Pari Gergaji Gigi Ke...