Jumat, 23 Januari 2015

SURVEI TOKOH "TIME", JOKOWI URUTAN KE 7 MELAMPAUI B OBAMA




Survei tokoh TIME, Jokowi lewati Paus Fransiskus dan Obama
Presiden Jokowi jadi cover TIME. ©TIME


NusanTaRa.Com

Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang masuk dalam daftar jajaran sosok berpengaruh yang mengguncang dunia menurut versi majalah Time, melonjak posisinya di polling online.   Pada hari Senin 24 Januari 2015 posisi dukungan yang diperoleh Jokowi sebagai Presiden RI melewati perolehan dukungan yang diberikan pada tokoh dunia Paus Fransiskus pemimpin ummat Katolik sedunia yang berkedudukan di Tahta Suci Vatikan Roma.

Padahal New York TIME 18 Januari 2015 memuat artikel yang ditulis Joe Cochrane berjudul  " Presiden Jokowi kini mulai kehilangan kepercayaan Publik ", dengan menyoroti beberapa isue terkini diera awal kepemimpinannya seperti Penunjukan Budi Gunawan sebagai  Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) yang sehari kemudian oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ditetapkan sebagai tersangka Gratipikasi penyalah gunaan wewenang yang berdampak penundaan Pelantikan Budi Gunawan sebagai Kapolri oleh Jokowi meski telah mendapat persetujuan DPR, keadaan ini oleh penulis diartikan sebagai satu keraguan atas Independensi Jokowi sebagai presiden serta beberapa isu terkait.  Namun kedua ini adalah suatu perbedaan yaitu satu pandangan korespondensi NY Time dan yang satu merupakan hasil Polling on-Line.

Dalam polling tersebut presiden RI-1 bersaing dengan beberapa pemimpin negara dan agama seperti halnya Presiden Rusia Vladimir Putin atau Perdana Menteri India Narendra Modi sebagai tokoh dunia yang berpengaruh mengguncang dunia, mungkin ini tak lepas dari kondisi RI pasca pemerintahnnya dengan beberapa kebijkan yang mencengangkan di tanah air.   Hasil Polling tersebut menempatkan Jokowi pada peringkat tujuh dari daftar itu, dengan presentasi dukungan sebesar 3 persen.    Presiden RI mengalahkan Menlu Amerika Serikat John Kerry dan Paus Fransiskus yang masing masing ada di peringkat ke-8 dan ke-11 dengan presentase 2,6 persen dan 2,3 persen.

Ini lonjakan besar, sebab pekan lalu, Jokowi baru mendapat dukungan sebesar 1,9 persen mengalahkan penguasa internet China Jack Ma dan penyanyi asal Amerika Serikat Taylor Swift.    Jokowi juga mengalahkan Presiden Negara Adidaya Barack Obama yang ada di urutan ke-12 dengan presentase dukungan sebesar 2,3 persen.

Joko Widodo merupakan warga Indonesia pertama masuk dalam nominasi " Person of the year " majalah TIME.   Wakil Pemimpin Redaksi Time Radhika Jones menegaskan kebijakan tim akan sangat independen. Polling online itu tidak bisa diakali dan banyaknya suara bukan penentu seseorang terpilih sebagai sosok tahun ini.

Terakhir kali sosok asal Asia menjadi tokoh pilihan adalah David Ho asal negara Taiwan pada 1996.  Popularitas David Ho saat itu yang berpengaruh mengguncang dunia ketika Risetnya saat itu mengenai Obat AIDS-nya, sehingga ia dinobatkan sebagai tokoh pilihan TIME.  

Tokoh semenanjung Asia Tenggara yang juga pernah terpilih sebagai  sosok pilihan TIME adalah mantan Presiden Filipina Corazon Aquino pada 1986, ketika itu ia berhasil memimpin pergerakan demonstrasi besar - besaran untuk menggulingkan diktator Ferdinand Marcos yang lagi berkuas, kemudian ia menjadi presiden Filipina.

Reffren, Merdeka.com, senin 24/01/2015




Jokowi blusukan hingga ke pelosok,  
Pemimpin sukses mampu membawa perubahan lebih baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KISAH JANDA PANGERAN CINA YANG BERUBAH MENJADI BATU. LEGENDS GUNUNG KINABALU DI SABAH

NusaNTaRa.Com     byGreaTBritteN,       J    u    m    a    t,     0    3      M    e    i       2    0    2    4   Gunung KINABALU gunung...