Jumat, 16 Januari 2015

KUPAT TAHU LEGENDARIS DI KOTA BANDUNG
























NusanTaRa.Com.     KUPAT TAHU satu penganan khas Nusantara yang cukup populer bahkan hingga ke manca negara.  Penganan ini berbahan utama  tahu dan ketupat (kupat), berbagai macam sayuran yang disiram dengan bumbu kacang.   Makanan khas  Indonesia ini ada berbagai jenis seperti  kupat tahu Bandung, kupat tahu Magelang, kupat tahu Solo, kupat tahu Singaparna, Kupat tahu Dagelan dan yang lainnya.   Meski memiliki nama yang berbeda karena dimana daerah tersebut dipopulerkan namun Kupat Tahu memiliki  rasa dan bahan relatip sama.  Penganan ini Kalimantan Timur dan Utara malah disebut dengan Tahu Tek dengan harga Rp 7.000/piring.

Penganan tradisionil ini sulit untuk anda lupakan karena rasa yang spesial nikmatnya, harga yang berpatotan dan penyajian yang praktis (waktu simpel) serta dapat disajikan di tempa dan waktu yang tidak rewel.    Kuliner ini sering kita jadikan bahan breakfast saat pagi hari mungkin dengan secangkir teh bahkan dapat dijadikan penganan utama ditemani secangkir Teh hangat di malam hari kala berada di pusat-pusat keramaian rakyat.   

Bandung sebagai satu kota wisata yang menarik di tanah air, juga menjadi kota kuliner yang memiliki segudang menu yang tentunya sangat asiik,   KUPAT TAHU merupakan satu referensi yang dapat anda coba di sana dan dengan mudah dapat ditemukan di hampir setiap pusat keramaian.  Di antara semua tempat tersebut, kupat tahu Gempol bisa dikatakan menjadi yang paling legendaris, mengingat keberadaan jajanan ini telah ada dan mengawali geliat kota Bandung sejak dahulu.

Kupat tahu Gempol terletak di kawasan Pasar Gempol,  Meski telah berusia 40 tahun  tempat ini masih mempertahankan tampilan asli tempat tersebut sejak dulu tanpa perubahan.   Dengan Gerobak sederhana diujung Gang Gempol Sang pemilik, Hajjah Yayah  kukuh mempertahankan keadaan tersebut, sementara disampinga tersedia satu meja kayu sederhana dengan kursi plastiknya.   Di tempat sederhana inilah para pelanggannya yang berjubel memesan Kupat Tahu atau mangkir sejenak sambil menikmati penganan tersebut  untuk sarapan atau makam siang.   Apa yang luar biasa ?, tempat tersebut sejak buka tempat  selalau sibuk dengan pelanggannya yang memesan bahkan hingga menjelang sore. Hal tersebut dikarenakan cita rasa original dari kupat tahu Gempol yang tersohor.

Kupat Tahu Bandung Gempol ini  kemudian berkembang menjadi  kupat tahu khas Mangunreja Tasikmalaya. " Kebetulan kami memang asli dari sana. Alhamdulillah sampai sekarang masih banyak dicari," ujarnya, pekan lalu.

Sepiring kupat tahu Gempol, terdiri dari potongan leupeut (lontong) kenyal, dipadukan dengan tahu kuning serta tauge,  Bumbu kacang disiramkan sebagai dressing dari kupat tahu tersebut.    Bumbu kacang tersebut bertekstur kental dan berwarna merah menggoda.   Penambahan  kecap manis semakin menambah cita rasa dalam bumbu tersebut. Tak lupa, ditambahkan kerupuk gendar merah yang semakin menegaskan karakter jadul dan legendaris dari tempat ini.

Menurut Hajjah Yayah, tampilan kupat tahu Gempol tak pernah berubah sejak 1975. Untuk menghasilkan cita rasa yang lezat, ia gunakan resep kupat tahu dari leluhur.    "Misalnya untuk tahu saya gunakan tahu Cibuntu yang sudah terkenal kualitasnya. Untuk leupeut saya pakai beras asli Sumedang dan kacang tanah Tuban untuk bumbu kacangnya," katanya.    Dengan begitu, rasa kupat tahu Gempol seolah tak pernah bergeser sejak dulu. Leupeut-nya terasa kenyal dan lembut, tahunya gurih dan tidak berbau, serta aroma bumbu kacangnya yang wangi sanggup membuat siapapun berselera.

Untuk menghasilkan leupeut yang tak gampang basi, Hajjah Yayah harus merebusnya hingga delapan jam. Selain itu, leupeut juga wajib dibungkus dengan daun pisang agar aroma khasnya selalu terjaga. Kupat tahu Gempol ini ditawarkan Rp 12.000 per porsi.

Selain kupat tahu Gempol, kupat tahu lain yang terkenal di Bandung adalah kupat tahu Padalarang. Penampakannya sedikit berbeda dibanding kupat tahu biasanya karena menggunakan berbagai bahan tambahan selain kupat, tahu dan tauge.      Ya, kupat tahu padalarang menambahkan soun, telur serta labu siam sebagai isiannya. Kuahnya pun menggunakan kuah santan yang berwarna sedikit kemerahan. Tambahan kerupuk biasa disematkan untuk menambah ciamik rasa yang dihasilkan.    Kupat tahu Padalarang bisa ditemui di kawasan GOR Pajajaran, Bandung. Harganya termasuk terjangkau, mulai dari Rp 7000 per porsi.

Meski KUPAT TAHU memiliki banyak variant menu namun secara keseluruhannya hampir sama yaitu, menggunakan bahan dasar Ketupat dan Tahu Goreng yang dipotong-potong sedikit kecil ditambah dengan sayur seperti Cambah, kacang panjang, kol, Kangkung, kemudian semuanya disirami dengan Bumbu Kacang yang halus dan encer setelah sebelumnya telah di ulak dengan Garam, Gula Merah, Kecap, Bawang Merah, Bawang Putih, Cabe dan terasi.  Setelah itu di atasnay dihiasi dengan Kerupuk dan telur rebus yang diiris-iris.

Selebihnya anda hanya bisa bilang oh My God it is more Delicious.
byDannyAsmoro

















Kupat tahu Bandung di malam hari,
Menikmati jajanan dengan kerabat akan menjauhkan rasa sepi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KISAH JANDA PANGERAN CINA YANG BERUBAH MENJADI BATU. LEGENDS GUNUNG KINABALU DI SABAH

NusaNTaRa.Com     byGreaTBritteN,       J    u    m    a    t,     0    3      M    e    i       2    0    2    4   Gunung KINABALU gunung...