Sabtu, 04 Mei 2013

RAFFLESIA SALAH SATU BUNGA RESMI NEGARA






Tidak berlebihan bila mengatakan Luar biasa buat tanaman Bunga Rafflesia karna termasuk satu diantara dua bunga endemik Nusantara yang mempunya ukuran bunga terbesar di  dunia dan memiliki aroma yang bau   yang satunya lagi  adalah  tanaman Bunga Bangkai (Armophophallus Titanum).  Meski bungan Rafflesia ini termasuk bunga Nusantara tidaklah berarti mudah untuk menemukannya mungkin sangat jarang  warga Indonesia yang pernah menyaksikannya secara langsung, ini disebabkan Habitatnya yang sangat khusus seperti Tingkat Kelembaban, Kadar air dan Lingkungan yang tenang serta musim berbunga, tanaman ini mudah ditemukan saat berbunga karena saat itu muncul dipermukaan selain itu ia tak tampak karena ada di dalam akar inangnya.  

Bunga yang oleh presiden telah dimasukan sebagai  bunga Resmi negara ini akan tampak indah saat berbunga dengan warna merah menyala dapat bertahan selama 5 - 9 hari kemudian akan layu dan menghilang dari permukaan tanah.   Pertama kali ditemukan tahun 1818 oleh seorang peneliti bernama Thomas Stanford Raffles di daerah  Bengkulu Sumatra,  Bunga Rafflesia memiliki 27 spesies  semuanya ditemukan di Asia Tenggara yaitu Semenanjung Malaya, Kalimantan, Sumatra dan Filipina, yang terakhir ditemukan  Meijer tahun 1997.  Sekarang bunga ini telah dibudidayakan diberbagai Botani Garden seperti Taman Botani Bogor.

Keunikan tanaman Bunga Rafflesia disebabkan tanaman ini tidak memiliki akar, batang  dan daun yang sesungguhnya, melainkaan dengan haustoriumnya yang mirip akar,  sebagai tanaman endoparasit  jaringan ini ia sebarkan kedalam  jaringan tanaman inangnya yang merambat yaitu Genus Tetrastigma (family  Vitaceae).    Satu-satunya bagian tumbuhan Rafflesia yang dapat kita lihat diluar tumbuhan inangnya dan menyembul dipermukaan tanah hanyalah Bunganya yang bermahkota lima dengan warna merah dan memiliki rongga ditengahnya.   

 Bentuk Bunga Rafflesia terlihat seperti mulut gentong yang dikelilingi daung mahkota yang menjuntai di sampingnya.  Di dasar bunga terdapat bagian seperti piringan berduri, berisi benang sari atau putik  bergantung pada jenis kelamin bunga, jantan atau betina.  Bunga hanya berumur sekitar satu minggu (5-7 hari) dan setelah itu layu dan mati. Persentase pembuahan sangat kecil, karena bunga jantan dan bunga betina sangat jarang bisa mekar bersamaan dalam satu minggu  sehingga menyulitkan proses penyerbukan alami, itu pun kalau ada lalat yang membuahkan  yang datang karena tertarik oleh aroma bau busuk bunga tersebut.

Sebagai bunga yang besar Rafflesia arnoldii memilki diameter bunga lebih dari 100 Cm berat mencapai 12 kg, sedangkan Rafflesia manillana sebagai spesies Rafflesia terkecil memiliki  diameter bunga  20 Cm,  Penyebaran  bunga Rafflesia  secara alami terjadi melalui penyebaran biji  oleh Tupai dan mamalia hutan lainnya yang memakan buahnya kemudian akan menyebarkan bijinya bersama facesnya di daerah hutan.  Kebesaran bunga hingga pada tahun 1982 menjadi gambar penghias uang 500 rupian berbunga merah warna dasar hijau.

Berikut ini beberapa bunga yang memiliki jenis bunga terbesar seperti Bunga Bangkai (Armophophallus titanium) mempunyai perbungaan tak bercabang terbesar di dunia, Palem Talipot (Corypha umbraculifera) mempunyai perbungaan bercabang terbesar dengan ribuan bunga  dan tanaman ini mati setelah berbunga (monokarpik) dan Bunga Rafflesia (Rafflesia arnoldii) mempunyai bunga tunggal terbesar di dunia.  Rafflesia telah menjadi bunga resmi negara Indonesia  dan  provinsi Surat Thani,  Thailand.

27 Spesies Rafflesia :
Rafflesia arnoldii, Rafflesia azlanii, Rafflesia baletei, Rafflesia banahawensis, Rafflesia bengkuluensis, Rafflesia cantleyi, Rafflesia gadutensis, Rafflesia hasseltii, Rafflesia keithii, Rafflesia kerrii, Rafflesia leonardi, Rafflesia lobata, Rafflesia manillana, Rafflesia micropylora, Rafflesia mira, Rafflesia panchoana, Rafflesia patma, Rafflesia rochussenii, Rafflesia schadenbergiana, Rafflesia speciosa, Rafflesia tengku-adlini, Rafflesia tuan-mudae, Rafflesia verrucosa, Rafflesia borneensis, Rafflesia ciliate. Rafflesia titan dan Rafflesia witkampii. 

Klasifikasi ilmiah ;  Kerajaan :  Plantae, Devisi : Magnoliophyta, Kelas : Magnoliopsida, Ordo :  Malpighiales, Famili :  Rafflesiaceae, Genus Rafflesia dan Spesies : Rafflesia arnoldii.




Bunga Rafflesia yang indah hidup parasit di inangnya,
Biar hidup  dapat  Mandiri hendaklah setiap orang gigih  berusaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TEDDY SUJADI DRUMMER GODBLESS DENGAN KARYANYA TUA-TUA KELADI DI POPULERKAN ANGGUN C SASMI

NusaNTaRa.Com   byAsnISamandaK,          S   a   b   t   u,    0   6      A   p   r   i   l      2   0   2   4 Ian Antono dan Teddy Sujadi...