Jumat, 17 Februari 2012

Wight dan deGruy, 2 Ahli Dokumenter Bawah Laut dalam Kenangan


      Telah berpulang kepangkuan sang Ilahi Dua ahli dokumenter alam bawah laut, Andrew Wight dan Mike deGruy, dalam kecelakaan helikopter yang terjadi  di Jasper’s Brush, dekat Nowra, New South Wales, Australia, pada sabtu 4 Februari 2012.
       Kedua pria ini telah mendedikasikan sepanjang hidupnya untuk bidang dokumentasi bawah laut. Wight, 52,  rekan kepercayaan dari sutradara film 'Titanic', James Cameron. Bersama, dalam memproduksi enam film dokumenter bawah laut, termasuk Ghosts of the Abyss, Aliens of the Deep, Expedition: Bismarck, dan Last Mysteries of Titanic. bahkan saat ini mereka masih terlibat dalam proyek terbaru dari Wight, Sanctum 3D.   Sebuah kisah nyata Wigh saat  terjebak banjir bersama 15 penyelam lain pada ekspedisi gua di bawah Nullarbor Plain, Australia  tahun 1988. Film ini dirilis pertama kali pada 3 Februari 2011 di Australia, kampung halaman Wight.

       Jauh sebelum bekerjasama dengan Cameron, Wight sudah menjadi penjelajah laut ternama di Australia dengan TV seri seperti The Deep Probe Expeditions dan The Adventures of the Quest. Wight juga dikenal berani menyelam di berbagai tempat terpencil di dunia, seperti di Papua Nugini, Alaska, Meksiko, Kanada, Florida, Kuba, Vanuatu, Kaledonia Baru, Fiji, Pulau Guadeloupe, Bahama, hingga ventilasi hidrothermal di Samudra Atlantik dan Pasifik.
       Mike deGruy, 60, telah 30 tahun memproduseri dan menjadi sutradara film mengenai lautan. Ia juga merupakan penyelam profesional dan di akhir hayatnya bekerja sama dengan Cameron di Last Mysteries of the Titanic dengan menjadi pengarah fotografi bawah laut. Beliau juga seorang ahli zoologi kelautan, turut memproduksi film dokumenter seperti David Attenborough series The Blue Planet, The Life of Mammals, dan Life in the Freezer.


       Tim Kelly president dari National Geographic Society menyatakan  keduanya adalah 'rekan yang luar biasa'."Andrew dan Mike adalah bagian dari keluarga besar di National Geographic.  Mari kita berdoa atas jasa beliau dalam dunia dokumenter Kelautan semoga keduanya damai di sisi Allah dan keluarga mereka dapat kuat dan sabar.
Ilmu dan Cahaya dua penerang penuntun kehidupan,
Wight dan deGruy telaH tiada tapi karyamu keabadian.

by Bakri Supian
dr National Geografic

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PARI GERGAJI GIGI KECIL DAPAT SURVIVE DENGAN BAWAAN PARTHENOGENESIS BILA TERTEKAN

NusaNTaRa.Com byIrkaBPiranhA,         S     e    n    i     n,        0    6      M    e    i      2    0    2    4   Pari Gergaji Gigi Ke...