Minggu, 05 Februari 2012

CENGKEH AFO DI TERNATE TERTUA DI DUNIA


CENGKEH  AFO DI TERNATE TERTUA DI DUNIA
(refrensi SinarTani  No. 3424 SEP-Okt Tahun 2011)


          Maluku Utara yang merupakan salah satu wilayah di Indonesia Timur yang terkenal sebagai penghasil rempah sejak jaman Penjajahan Belanda dulu ternyata merupakan daerah asal jenis Cengkeh tertua di dunia yaitu  Cengkeh Afo dengan nama Latin Syzygium  aromaticum  L.  Merr & Perr yang tersebar di P. Ternate, P Tidore, P. Halmahera, P. Makian dan P. Bacan, kebesaran cengkeh Afo terkenal di Pasar International dan di Kalangan Ilmuwan sejak tahun 1956.
          Di Ternate cengkeh Afo terbentang sekitar Gunung Gamalama dalam larikan lereng mulai dari Puncak Gunung pada ketinggian 700-800m dpl menuju kaki Gunung Gamala  pada ketinggian 50-100m dpl keberadaan cengkeh sekitar gunung tersebut berpungsi sebagai Kebun Konservasi Plasma Nuftah Cengkeh secara alami.
          Pohon Cengkeh Afo tertua yang ditemukan tahaun 1956 telah di abadikan dalam bentuk monument AFO I, terletak di lereng sebelah Timur Gunung Gamalama  yang melintasi desa Marikrubu di atas Kota Ternate pada ketinggian 700m dpl, umurnya telah mencapai 370 tahun,  ketinggian 27 meter, lingkar batang 432 meter, Habitus pohon tegak, besar dan Produksi perpohon pertahun di atas 41 kg melebihi produksi rata-rata pohon Cengkeh manapun di dunia.
Cengkeh Afo I ini telah mempunyai turunan Afo II sebelah timur Gunung Gamalama  rata-rata berumur 100 tahun dan Afo III  Sekarang berumur 61-76 tahun produksi keduanya sekitar 30-41 kg pertahun berupa bunga kering perpohon dan tahan terhadap hama dan penyakit Cengkeh.

          Cengkeh Afo telah terdaftar di Pusat Perlindungan Varietas Tanaman sebagai  legalisasi Cengkeh spesipik Lokasi Pulau ternate Maluku Utara .  Karena memiliki kualitas yang tinggi dan disenangi petani dengan produksi antara 30-41 kg/pohon/tahun bunga kering atau 90-125 kg bunga basah, cengkeh Afo telah dikembangkan di Provensi Jawa Barat, Lampung dan Sumatra Barat.
          Karakter Bunga Afo lebih Kecil dari Bunga Cengkeh Zanzibar yaitu setiap I kg bunga kering Cengkeh afo dibutuhkan 7 Cupa (Keranjang Bambu/rotan) sedang cengkeh Zanzibar dibutuhkan 8-8,5 Cupa.    Bobot 100 butir bunga cengkeh Afo basah sekitar 27-30 kg setelah dijemur menjadi 9-10,5 kg dengan rendemen 33-35 %.  Ukuran bunga Cengkerh Afo antara Panjang x diameter 1,8 x 0,4 Cm dan jumlah bunga per tros 19-27 butir /tros.

Bunga Cengkeh dalam Cupa Rotan,
Ambon Manise selalu dalam ingatan

By Bakri Supian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PARI GERGAJI GIGI KECIL DAPAT SURVIVE DENGAN BAWAAN PARTHENOGENESIS BILA TERTEKAN

NusaNTaRa.Com byIrkaBPiranhA,         S     e    n    i     n,        0    6      M    e    i      2    0    2    4   Pari Gergaji Gigi Ke...