Selasa, 24 Januari 2012

KHASIAT GETAH PEPAYA BAIK UNTUK MENYEMBUHKAN EKS LUKA BAKAR

NusaNTaRa.Com                                                                                                                                                           byRaisALembuduT,                                                                                                                21     J a n u a r i     2012

Pepaya (Carica papaya) buah jingga yang banyak dijual  bergelantungan dipasar dengan harga murah-meriah,  berdaging buah yang lembut, rasa manisnya enak dan penuh dengan vitamin C.   Di kalangan masyarakat desa buah ini selain santapan pengenyang juga  sangat identik untuk melancarkan buang air besar dan banyak keperluan medis lainnya seperti  pepaya ternyata sangat baik untuk regenerasi kulit,  salah satunya adalah menyembuhkan luka bakar. 

Kandungan di dalam buah pepaya, yaitu : zinc, kalsium, fosfor, magnesium, selenium, betakaroten, lutenin, vitamin A dan C, dan enzim papain.   Enzim papain terdapat di getahnya bias terkandung di dalam buah,  daun,  akar  dan batangnya dan  enzim papain inilah yang dapat menyembuhkan luka bakar.     Buah pepaya secara empiris digunakan sebagai obat luka bakar,  jerawat,  kutil eksim (Soedibyo, 1998).  Pepaya efektif mencegah nekrotik infeksi luka bakar, pengerasan permukaan luka dan penebalan kulit. Khemopapain dan papain aktivitasnya sebagai enzim proteolitik dan sebagai antimikroba (Starley et al., 1999).

Menurut dr. Erna Cipta Fahmi,  dokter herbal sekaligus pemilik perkebunan organik  “ Kebon Q-ta ”,   bahwa enzim papain merupakan enzim yang meregenerasi kulit yang telah rusak atau mati dengan segera menjadi lebih muda lagi,    selain itu dapat mengenyalkan kulit karena sifatnya adalah meluruhkan lemak.    Makanya ketika orang akan memasak daging sapi, biasanya daging sapi tersebut digosok-gosok dahulu dengan menggunakan daun pepaya agar cepat lunak dan enak dikunyyah  saat dimakan.

Pepaya yang digunakan untuk menyembuhkan luka bakar adalah pepaya muda karena getah di pepaya muda masih sangat banyak, dengan mengumpulkan getah tersebut sebanyak mungkin lalu diibalurkan ke luka bakar yang ada.    Hal yang perlu diperhatikan sebaiknya sebelum dibalurkan ke luka bakar, dibalurkan dahulu ke punggung tangan  kemudian diamkan selama 15 menit,   apabila terasa gatal dan kemerahan, sebaiknya jangan menggunakan getah pepaya sebagai penyembuh luka bakar karena keadaan itu  mengindikasikan bahwa kulit kita alergi terhadap getah pepaya.

Getah atau Lateks yang diperoleh dari pepaya digunakan untuk mengobati daerah pada kulit yang  rusak, karena fungsinya yng mudah meregenerasi pertu,buhan kulit sehingga mudah memperbaiki sel kulit yang rusak seperti luka bakar.   Karena fungsi meregenerasi getah papaya tersebutlah sehingga beberapa pakar  menelitinya dengan berbagai penyakit kulit sehingga ditemukan obat berbahan dasar tersebut untuk mengobati jerawat dengan meramunya sebagai masker.

Pepaya bisa menjadi bahan  revitalisasi agen  yang  digunakan dalam banyak kosmetik bahkan digunakan dalam masker wajah buatan sendiri oleh banyak wanita,  Papain membunuh sel-sel mati dan membersihkan kulit  membantu mengobati kulit terbakar dan iritasi.  Hadirnya likopen pada pepaya mengurangi pembentukan keriput pada wanita pasca-menopause, menurut sebuah studi 2014.

Selain pengobatan dari luar, pengobatan dari dalam pun sangat disarankan untuk proses penyembuhan luka bakar.  Setiap hari, sebelum makan sebaiknya mengkonsumsi buah pepaya yang sudah matang.  Tidak diperbolehkan makan buah pepaya yang masih muda secara langsung karena akan berdampak buruk bagi lambung.

Buah Pepaya pastilah seksi genit,

Getah Pepaya penyembuh luka bakar di kulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HALIS MUHAMMAD NUR KERJA KERAS SUKSES SULAP PANTAI MASIRETE JADI TEMPAT USAHA WISATA

NusaNTaRa.Com     byLaCappotttA.         S   a   b   t   u,    2   7      A    p    r    i    l      2   0   2   4      Pantai Masirete yang...