Jumat, 02 September 2016

TRADISI BERSIH DESA PEMERSATU SETIAP PERBEDAAN

NusanTaRa.Com  


Tradisi bersih Desa atau yang biasa disebut sedekah bumi, hakikatnya merupakan metode yang digunakan orang dahulu untuk menyatukan berbagai kelompok dari setiap perbedaan. Hal ini dinyatakan Fahrudi salah satu Pengurus Ranting NU Desa Karang Sari Kecamatan Sulang Rembang, Jawa Tengah, Ahad (28/8).

Menurutnya, tradisi seperti ini merupakan cetusan para wali saat mensyiarkan agama Islam ditanah Jawa. Hal itu dibuktikan setiap tradisi yang dibuat oleh para wali tetap lestari dan tak mudah untuk ditinggalkan. Karena tradisi yang diajarkan wali semuanya baik, sebab mengandung unsur pemersatu setiap perbedaan budaya di tengah masyarakat.

"Ini tradisi Walisongo yang harus dilestarikan. Coba lihat, ditempat ini semua orang bersatu padu tidak mengenal perbedaan,” jelas Fahrudi.

Menurutnya, setiap tempat yang dianggap keramat oleh banyak orang seperti Punden merupakan tempat suci para wali untuk bermunajat kepada sang pencipta. Ia menambahkan, ditempat seperti ini, biasanya banyak orang yang segan. Selain itu, tambahnya, kramatisasi suatu tempat hanya untuk menghindarkan tempat tersebut dari orang yang tak bertanggung jawab.

"Sebetulnya tempat yang diberi nama Punden itu hanya untuk menghindarkan dari tangan yang tak bertanggung jawab. Coba kalau tempat berkumpulnya orang-orang zaman terdahulu dikasih nama warung kopi, cangkruan, atau yang lain pasti orang tidak akan takut, dan segan. Orang zaman dahulu sangat takut kalau mau lewat tempat ini, jika terpaksa lewat pasti anak-cucunya diajarkan amet mbah (permisi kek). Ini kan secara filosofi mengajarkan kesopanan kepada yang lebih tua,” paparnya panjang lebar.

Di Desa ini, setiap bersih desa mengadakan berbagai macam kegiatan, di antaranya lomba sepak bola, pacuan kuda, seni ketoprak dan juga arak-arakan hasil bumi pertanian mengelilingi desa. Tak ketinggalan pengajian umum selalu digelar untuk meningkatkan iman dan ketaqwaan masyarakat kepada Tuhannya.
byAhmad Asmu'i, Suara NahdlatulUlama



Sedekah Bumi hajatan Desa suatu ibadah,
Berdoa bersama mengharap kedamian dan persatuan dari Allah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PULAU BUNGIN SUMBAWA DI TENGAH LAUTAN JADI PULAU TERPADAT DI DUNIA

NusaNTaRa.Com byLaDollaHBantA,         R    a    b    u,       2    0         A    p    r    i    l        2    0    2    4 Pulau Bungin d...