Senin, 25 Januari 2016

PERMENDAGRI NO. 68 TAHUN 2015, SERAGAM PNS MENYERAP BUSANA JOKOWI


NusanTaRa.Com


Permendagri No. 68 Tahun 2015 Tentang Perubahan Permendagri No. 60 Tahun 2009, yang sebelumnya merupakan perubahan dari Permendagri No. 53 Tahun 2009, Tentang Pakaian Dinas Pegawai Negeri Sipil dilingkungan Departemen Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah, akan merubah pakaian resmi PNS atau ASN yang akan digunakan dalam menjalankan tugas harian.    Pada  Permendagri No 53 maka pakaian Dinas yang dipakai adalah Hansip, PDH warna Khaki, PDH Batik dan Pakaian Olah raga maka sejak 25 September 2015 seragam tersebut akan mengalami perubahan baik jenis pakaian maupun waktu pemakaian.

Catatan penting dari Permendagri baru ini bahwa ada beberapa pakaian dinas yang akan berubah seperti bahwa pemakaian baju olah raga yang biasanya dipakai pada hari Jumat akan ditiadakan, Sementara pakaian batik akan digunakan pada hari Jum'at, Pakaian batik tersebut tidak mengikat dapat disesuaikan dengan pakaian daerah setempat seperti Tenun dan pakaian khas daerah, pada hari kamis akan menggunakan pakaian PDH Putih dengan Rok atau Celana Hitam/gelap serta beberapa ketentuan lainnya.

Peraturan baru mengenai PNS/Pegawai Negeri Sipil yang kini disebut Aparat Sipil Negara berdasarkan Permendagri  No. 68 Tahun 2015, ada sedikit perbedaan jika kita cermati jenis/warna pakaian dan penetapan hari-hari penggunaannya, namun peraturan atau aturan seragam PNS bagi Lingkungan Kemendagri,  Pemerintah Provinsi,  Kabupaten Kab/Kota  dalam otonomi daerahnya yang sesuai dengan aturan diatas atau diatur dalam regulasi pemerintah dalam hal ini Kementerian dalam negeri adalah sebagai berikut dan tiap butir pasal penjelasannya.








Pakaian Dinas di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri terdiri dari  :

Pakaian Dinas Harian disingkat PDH, terdiri dari  :   
   1)       PDH Warna khaki
   2)      PDH Kemeja putih, celana/rok hitam atau gelap ; dan
   3)      PDH batik
a.       Pakaian Sipil Harian disingkat  PSH ;
b.      Pakaian sipil Resmi disingkat PSR ; dan
c.       Pakaian Sipil Lapangan disingkat  PDL

Pakaian Dinas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten/Kota terdiri dari : 

a.  Pakaian Dinas Harian disingkat PDH, terdiri dari  :
     1) PDH Warna khaki :
     2) PDH Kemeja putih, celana/rok hitam atau gelap ; dan
     3) PDH Batik/Tenun/Pakaian Khas Daerah.
b.  Pakaian Sipil Harian disingkat PSH ;
c.  Pakaian Sipil Resmi disingkat  PSR ;
d.  Pakaian Sipil Lengkapa disingkat PSL ;
e.  Pakaian Dinas Lapangan disingkat PDL ;
f.  Pakaian Dinas Harian disingkat  PDH  Camat dan Lurah ; dan
g.  Pakaian Dinas Upacara disingkat PDU Camat dn Lurah

Perbedaan peraturan baru ini dengan yang terdahulu secara mendasar hanya terletak pada,  yang lama menggunakan Pakaian Olah raga pada hari jumat sebagai satu wujut pemerintah untuk memasyarakatkan olah Raga dan mewujutkan prestasi dunia oleh raga serta hari kerja bakti.  Sementara peraturan baru ini menggunakan pakaian Hitam putih yang belum jelas alasan pemakaiannya apakah suatu kerapian atau terkait dengan kesenangan pakaian Pk Jokowi terutama saat pemilihan dulu.   Sementara penggunaan Baju Korpri masih di berlakukan pada hari-hari tertentu serta pembenaran penetapan daerah dalam batas tertentu untuk penetapan pakaian dinas tersebut.
 
Napas baru dalam permendagri Nomor 68 tahun 2015, ditandai dengan penggunaan Pakaian Dinas Harian berwarna bagian atas Putih lengan Panjang serta bagian bawah berwarna hitam atau gelap, Pakaian ini juga merupakan pakaian khas Pak Jokowi dalam pelaksanakannya akan diguunakan pada hari Kamis.     Semangat baru tentunya satu harapan baru untuk meningkatkan kinerja baru bagi Aparat Sipil Negara dalam tugas keseharian.   Ini juga sebagai pertanda era baru ASN yang baru dicetuskan dan era baru kepegawaian di bawah kabinet Kerja presiden JOKOWI yang lengket dengan pakaian putihnya.
byKariTaLa LA




Kemeja Kotak dan Putih khas Pak Jokowi,
Pakaian Kerja yang baik mendukung Kinerja Pegawai. 
"SULUSI MEMAJUKAN BISNIS ANDA"



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PARI GERGAJI GIGI KECIL DAPAT SURVIVE DENGAN BAWAAN PARTHENOGENESIS BILA TERTEKAN

NusaNTaRa.Com byIrkaBPiranhA,         S     e    n    i     n,        0    6      M    e    i      2    0    2    4   Pari Gergaji Gigi Ke...