Selasa, 18 Agustus 2015

PRESIDEN SEUMUR HIDUP YANG PERNAH ADA DI DUNIA

NusanTaRa.Com
 
Ini 5 presiden seumur hidup yang pernah ada di dunia 
Presiden seumur hidup merupakan Presiden yang di tetapkan oleh lembaga resmi negara yang mewakili rakyat dalam tenggang waktu yang tak terbatas yaitu hingga akhir hayat si presiden, umumnya pengangkatan presiden seumur hidup bertentangan dengan undang-undang dasar negara tersebut tetapi kekuatan politik yang mendukung keputusan tersebut yang ada di lembaga tertinggi negara atau dewan tersebut mempunyai kekuatan untuk mengangkat, menetapkan dan mendapatkan dukungan hingga kelapisan rakyat sehingga tidak terjadi gejolak penentangan yang berarti.

Sejarah peradaban ummat manusia di muka bumi mencatat bahwa  Presiden Seumur Hidup pertama adalah Gaius Julius Caesar dari Republik Romawi pada Oktober  49 SM  50 tahun), kemudian diikuti diikuti pemimpin Perancis Napoleon Bonaparte yang ditunjuk sebagai  " Konsul seumur hidup pertama " tahun 1802. Sejak saat itu, banyak diktator mengadopsi gelar yang sama.  Meski berstatus sebagai presiden seumur hidup tak banyak yang dapat menjalankan status tersebut secara sempurna karna berbagai gejolak yang membuatnya harus meninggalkan Jabatan tersebut sebelum ajalnya.

Indonesia mempunyai sejarah tersendiri mengenai Presiden Seumur Hidup,  manakala Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara (MPRS) menggelar sidang umum II di Bandung Jawa Barat pada 15 Mei - 22 Mei 1963 dengan mengeluarkan Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara Republik Indonesia, Nomor III/MPRS/1963, tanggal 18 Mei 1963, Tentang Pengangkatan Pemimpin Besar Revolusi Indonesia Bung Karno Menjadi Presiden Seumur Hidup.

1.  Soekarno 
Soekarno merupakan presiden Republik Indonesia pertama yang dijabatnya dari 1945 hingga 1967, sekaligus sebagai proklamator Kemerdekaan RI bersama Moh Hatta Wakil Presiden pertama melalui RRI pada 17 Agustus 1945 yang mendapat dukungan dari tokoh-tokoh pemuda dan para pejuang kemerdekaan.  

 
Pengangkatan Presiden seumur hidup oleh Majelis Permusyawarat Rakyat Sementara (MPRS) Republik Indonesia pada 18 mei 1963 berdasarkan Surat Keputusan MPRS Nomor  III/MPRS/1963 di Bandung.   Pengangkatan tersebut sangat bernuansa politik karena UUD 1945 masa jabatan presiden hanya lima tahun,  Ketika itu ada kekhawatiran kalangan elit politik saat itu akan berkuasanya PKI yang akan berdampak perpecahan bangsa, sehingga beberapa Elit politik meminta Ir. Soekarno untuk menjadi presiden Seumur Hidup agar peluang tersebut tidak terjadi dan menganggap Ir. Soekarno satu-satunya pemimpin yang dapat mempersatukan rakyat Republik Indonesia. 

Soekarno kemudian lengser dari kursi kekuasaan pada pada 20 Februari 1967 setelah menandatangani Surat Pernyataan Penyerahan Kekuasaan di Istana Merdeka yang lebih terkenal dengan sebutan SUPER SEMAR atau Surat Perintah Sebelas Maret, Surat ini berisi perintah yang menginstruksikan Soeharto selaku Panglima Komando Operasi Keamanan dan Ketertiban (Pangkopkamtib) untuk mengambil segala tindakan yang dianggap perlu untuk mengatasi situasi keamanan yang buruk pada saat itu.    Setelah sebelumnya pidato pertanggungjawaban mengenai sikapnya terhadap peristiwa G30S pada Sidang Umum ke-IV MPRS mendapat penolakan.

 Ini 5 presiden seumur hidup yang pernah ada di dunia



2.FrancoisDuvalier


Presiden Haiti, Francois Duvalier, lahir pada 17 April 1907. Selama berkuasa 14 tahun (1957-1971) setidaknya dia mengalami 6 kali percobaan pembunuhan. Presiden Duvalier mengangkat dirinya sebagai presiden seumur hidup pada 1964.

Dia mempertahankan kekuasaannya dengan jalan kekerasan dan ilmu gaib yang dipercayai orang Haiti. Dia mengusir Uskup Agung dari Gereja Katolik Roma pada 1969 dan melestarikan voodoo.

Presiden Duvalier pada masanya mendapat jaminan keselamatan dari militer yang dia ciptakan yaitu Tonton Macuetes. Nama Tonton Macoutes diambil dari kisah orang Haiti tentang hantu 'paman karung goni' yang suka menculik anak dan menyantap mereka.

Dia sangat percaya takhayul. Dia meyakini setiap tanggal 22 adalah hari keberuntungannya. Duvalier sangat senang saat Presiden AS, John F Kennedy meninggal pada 22 November 1963. Dia meyakini Kennedy meninggal dunia karena kutukannya.

Duvalier meninggal dunia pada 21 April 1971 karena komplikasi penyakit kanker, prostat, jantung dan diabetes. Sebelum meninggal, dia menunjuk anaknya Jean Claude Duvalier yang dikenal sebagai 'Baby Doc' untuk menggantikannya. Saat itu Jean Claude masih berstatus mahasiswa dan berumur 20 tahun.



3.Kim Il-Sung



Kim Il-Sung Lahir dari keluarga petani pada 15 April 1912, di Mangyondae, Korea. Dia lahir saat Korea sedang dijajah Jepang. Kim Il-Sung meninggal dunia pada usia 82 tahun, atau pada 8 Juli 1994, hingga akhir hayatnya Kim Il-Sung menjabat sebagai presiden dengan kewibaan yang sangat di cintai dan disegani rakyat korea utara sehingga ia secara resmi disebut Pemimpin besar  dan menurut konstitusi Korea Utara ia disebut Presiden Abadi. 

Kim Il-Sung terlahir dari seorang ayah berdarah pejuang yang sangat menentang penjajahan negara mereka termasuk oleh Jepang, darah pejuang tersebut mengalir dalam dirinya sejak kecil berlanjut dengan perjuangan bersenjatanya melawan pendudukan Jepang dengan mengkoordinir pemuda-pemuda Korea Utara untuk melakukan perlawan.   Perjuangan tersebut berhasil mengantarkan Korea utara mencapai Kemerdekaan setelah Kim Il Sung mendeklarasikan Republik Demokrasi Rakyat Korea (RDRK) pada 1948 di Pyongyang setelah sebelumnya Syngman Rhee pada 15 Agustus 1948 di Seoul mendeklarasikan berdirinya Republik Korea.

Kim Il Sung tahun 1932 memimpin sekelompok kecil warga Korea menyerang pos-pos Jepang di Korea, hingga pada tahun 1941 ia harus melarikan diri ke Manchuria (China) ke Uni Soviet  dua negara yang banyak mendukung perjuangan dan banyak mengisi paham komunis sebagai bekal meminpin perjuangan dan di Uni Soviet ia menerima pelatihan Militer. Tahun 1945 empat tahun kemudian kembali kenegeri sebagai tentara Soviet dan menjalankan tugas untuk membentuk pemerintahan sementara di wilayah Korea yang diduduki Soviet 1948 dan menjabat sebagai Perdana menteri Republik Demokratik Rakyat Korea pertama.

Pengkultusan Kim Il Sung dimulai tahun 1958 dengan membentuk sistem penguasaan tunggal pasca perang Korea 1953 dan berlanjut menjadi landasan untuk sistem pewarisan Penguasaan yaitu jabatan kepresiden menjadi jabatan turun temurun dilimpahkan kepada anaknya, terbukti dengan terangkatnya Kim Jong-Il anak Kim Il Sung sebagai pengganti setelah ia mati tahun 1994 yang diteruskan dengan anak sulungnya Kim Jong-Un berikutnya.


 

4. Habib Burquibah
Habib Burquibah ialah Presiden Tunisia dari 25 Juli1957 hingga 7 November 1987. Ia sering disamakan dengan pemimpin Turki Kemal Atatürk sebab reformasi pro-Barat yang dilakukan selama pemerintahannya dan gaya moderat yang dianutnya cenderung memperjuangkan sekulerisme dan hak wanita. Bourguiba diangkat sebagai presiden pada 1957 setelah tergulingnya Bey Muhammad al-Amin, Raja Tunisia. 

Tahun 1934 Habib Burquibah mendirikan partai Neo-Destour untuk memperjuangkan " Kemerdekaan Tunisia " yang kemudian mendapat pelarangan dari Pemerintah Perancis karena memimpin perlawanan rakyat terutama Buruh untuk mogok dan unjuk rasa, kegiatan tersebut membuatnay sering keluar masuk penjara.   Pada 27 Februari 1956, ia memimpin delegasi Tunisia untuk perundingan kemerdekaan di Paris, dan sebulan kemudian Perancis secara resmi mengakui 'kemerdekaan' Tunisia.  

Selama pemerintahannya yang sekuler ia banyak membuat kebijakan yang kurang mendukung Islam sehingga menimbulkan hubungan yang tidak baik dengan tokoh dan pergerakan Islam ia beranggapan keberhasil negara Barat mencapai kemajuan adalah contoh nyata dan jalan pintas untuk Tunisia kesuksesan pembangunan dengan pintas.   Ia terpilih sebagai Presiden Seumur Hidup oleh parlemen Tunisia pada 1975.   Program liberalisasi dimulai pada 1981 menyusul berhentinya PM konservatif Hédi Nouira. 

Kepresidenannya Habib Burquibah yang lahir 03 Agustus 103 berakhir saat beliau berusia lanjut serta keadaan uzur sehingga PM Zainal Abidin bin Ali melancarkan kudeta melawan pemerintahannya.  Bourguiba kemudian dikenakan tahanan rumah di Monastir hingga kematiannya pada 06 April  2000.




5.
Saparmurat Niyazov

Presiden otoriter Turkmenistan, Saparmurat Niyazov lahir 19 February 1940 dan meninggal 21 Desember 2006 telah berkuasa selama 21 tahun.   Niyazov menjadi Ketua Partai Komunis Republik Soviet pada 1985 dan terpilih sebagai presiden pertama Turkmenistan lewat jalur independen pada 1991.

Pada 1999, dia diangkat sebagai presiden seumur hidup dengan persetujuan parlemen. Selama masa pemerintahannya, Niyazov mengklaim dia adalah Turkmenbashi, atau pemimpin semua bangsa Turkmens yang berasal dari Klipchok.   Dia mengganti nama bulan dan hari dalam kalender dengan namanya dan keluarganya, dan memerintahkan membuat patung dirinya yang ditempatkan di seluruh gurun. Namanya juga digunakan sebagai nama kota, bandara dan meteorit.

 Selama pemerintahannya Ia membangun masjid terbesar di Asia Tengah yang disebut  " Semangat Turkmenbashi " dengan biaya lebih dari 100 juta dollar AS. Pada 21 Desember 2006 ia meninggal dan digantikan oleh Gurbanguly Berdimuhammedow.

Niyazov merupakan salah satu pemimpin dunia yang sering menggunakan tangan besi dalam menjalan pemerintahnnya,   memaksa lawan politiknya dengan pengasingan,  tokoh yang kebal akan kritik dan tidak memberikan kebebasan bagi  media di negaranya yang berpenduduk lima juta orang tersebut.   Aturan hukumnya juga mengatur ketat masalah privasi warga Turmenistan seperti   rakyat dilarang mendengarkan radio dan merokok di depan umum serta tidak boleh memelihara jenggot. 
byDannyAsmoro




Kepemimpinan egois seperti diktator,
Motipasi pemimpin untuk mewujutkan masyarakat makmur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KISAH JANDA PANGERAN CINA YANG BERUBAH MENJADI BATU. LEGENDS GUNUNG KINABALU DI SABAH

NusaNTaRa.Com     byGreaTBritteN,       J    u    m    a    t,     0    3      M    e    i       2    0    2    4   Gunung KINABALU gunung...