Jumat, 14 Agustus 2015

PERAYAAN HARI PRAMUKA NASIONAL KE 54 DI PERBATASAN KALIMANTAN UTARA


NusanTaRa.Com



" Setiap Pramuka yang mengikuti acara Jambore perkemahan ini hendaklah menggunakan kesempatan ini dengan baik dan penuh disiplin untuk membentuk satu kepribadian Generasi muda Indonesia yang Berdisiplin, berani dan Setia yang menjadi generasi penerus untuk membangun  bangsa di masa depan ", ujar Pejabat Gubernur Kalimantan Utara Bapak Triyono Budi Sangsongko dalam sambutannya di Acara peringatan Hari Pramuka Nasional ke - 54 dan Jambore Tahun 2015 Kalimantan Utara,  di Bumi Perkemahan " AJI  BANDARA " Binusan Nunukan.

Acara Pembukaan Hari Pramuka Nasional ke-54 dan Jambore Kalimantan Utara tahun 2015 dihadiri para pejabat Kalimantan Utara seperti Pj Gubernur Triyono Budi Sasongko, Sekprov Kaltara Bapak Drs. H Badrun, Asisten I Bapak Drs. Zainuddin HZ dan Pejabat Prov Lainnya dan Pejabat dari Pemerintah Daerah Nunukan dihadiri Bupati Nunukan Drs. H Basri Ms (Selaku ketua Tim pembina Kwartir Cab. Gerakan Pramuka Nunukan), Wakil Bupati Nunukan Ibu Hj. Asmah Gani, Ketua Kwartir Cab. Gerakan Pramuka Nunukan Bapak Dr. H Trisno Hadi SKM, MSi, Sekda Nunukan Drs. Tommy Harun MS, Dandim, Danlanal, Pengurus Daerah Pramuka Tarakan dan Bulungan serta pengurus Pengakap dari negeri Tetangga yaitu Negeri serawak dan Sabah Malaysia dan Pengurus dari Brunei.  


Perkemahan Jambore Pramuka Cabang IV Tahun 2015 diikuti Peserta Kabupaten Nunukan dari setiap Kecamatan yang telah terseleksi, Dari Luar daerah yaitu Kota Tarakan dan Kab. Bulungan serta peserta Luar negeri dari Negeri Serawak dan Sabah Malaysia dan Kerajaan Brunei keseluruhan peserta Jambore tersebut sebanyak 870 orang.   Kegiatan perkemahan Jambore tersebut berlangsung selama 7 hari 13 - 19 Agustus  2015 di Bumi Perkemahan Aji Bandara Binusan Nunukan yang dilaksanakan oleh dinas Pendidikan Kabupaten Nunukan.

Tujuan Pelaksanaan Perkemahan Jambore 2015, diharapkan menjadi ajang peningkatan kemampuan Generasi muda melalui pembinaan Gerakan  Pramuka untuk menjadi generasi pembangun bangsa di masa depan yang berkwalitas, dengan mengikuti berbagai kegiatan selama perkemahan seperti Peningkatan Ketrampilan, Wawasan Kebangsaan, Pengenalan Budaya, Pengenalan alam yang berwawasan lingkungan, pembinaan karakter dan jiwa yang sesuai dengan sikap Pancasila, keteramilan kepramukaan, permainan dan sebagainya.   Selama kegiatan Jambore perkemahan tersebut yang diikuti darai Pramuka Penegak dan Penggalang, para peserta akan dibimbing dan dibina para Pelatih dan Pembina dalam melaksanakan semua sesi kegiatan yang disiapkan.

Pembinaan kepramukaan menjadi suatu media pematangan Generasi muda sangat penting sehingga peran tersebut dikuatkan Pemerintah RI dengan  Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 63 Tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Pendidikan Kepramukaan dilaksanakan untuk menginternalisasikan nilai ketuhanan, kebudayaan, kepemimpinan, kebersamaan, sosial, kecintaan alam, dan kemandirian pada peserta didik. Diharapkan nilai-nilai dalam sikap dan keterampilan sebagai muatan Kurikulum 2013 dan muatan Pendidikan Kepramukaan dapat bersinergi secara koheren.  

Ekstrakurikuler adalah kegiatan pendidikan yang dilakukan Peserta Didik di luar jam belajar kurikulum standar. Kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar Peserta Didik dapat mengembangkan kepribadian, minat, dan kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang akademik.   Keputusan Menteri tersebut akan berdampak bahwa setiap Sekolah Dasar dan Menengah wajib memiliki satu Gugus kepengurusan Kepramukaan akan menyelenggarakan peningkatan kemampuan mereka dengan methode kepramukaan yang telah disediakan.
 
Salah satu pesan yang disampaikan Pj. Gubernur Kalimantan Utara bahwa sudah saatnya bangsa Indonesia lebih serius memperhatikan pembinaan Generasi muda khususnya pramuka dalam mempersiapkan bangsa yang lebih tangguh dimasa depan, diera dengan tingkat persaingan yang sangat Tinggi, dengan mengajak Pemerintah, Pengusaha dan para terkait untuk lebih serius baik meningkatkan dana bantuan maupun pasilitas, sebagaimana penyelenggaraan ini selain didukung dana Pemerintah juga melibatkan bantuan dari Pengusaha Lokal. 
 
Dalam kegiatan Pembukaan Hari Pramuka tersebut diisi dengan acara ; Pembacaan Pancasila dan Sambutan sekaligus pembukaan oleh Pj Gubernur Kaltara, Penyematan Tanda Peserta Jambore tiga orang satu diwakili Kontingen Malaysia, Pemberian Piagam Panca Karsa bagi pembina Pramuka se Kaltara, Sumpah setia Pramuka, Pembacaan UUD 45, Pengibaran Bendera Jambore yang bermotokan Disiplin, Berani dan Setia dan Pelepasan Balon.

Acara Pembukaan Penyelenggaraan Hari Pramuka Nasional ke-54 dan Perkemahan Jambore Kalimantan Utara tahun 2015 berthema " Kubangun Jiwa dan Ragaku, Untuk Negeri ",  dilaksanakan PJ. Gubernur Kalimanta Utara dengan pelepasan Balon keudara didampingi pejabat Prov. Kalimantan Utara, Pejabat Pemda Nunukan dan segenap undangan.  Kegiatan ini di isi dengan tarian daerah seperti Tari Melayu Tidung Japin Aki Betawol dan Tarian Pedalaman Dayak.
byBakriSupian
 


Pramuka adalah Prajamuda Karana,
Pramuka Garda Terdepan Pelaku Perubahan Pembentukan karakter Bangsa.

1 komentar:

  1. Matangkan Generasi muda dengan berbagai kemampuan pribaddi dan jiwa .............

    BalasHapus

KISAH JANDA PANGERAN CINA YANG BERUBAH MENJADI BATU. LEGENDS GUNUNG KINABALU DI SABAH

NusaNTaRa.Com     byGreaTBritteN,       J    u    m    a    t,     0    3      M    e    i       2    0    2    4   Gunung KINABALU gunung...