Selasa, 03 Februari 2015

2. DAUN SABANG, DAUN SAWANG ATAU DAUN RIYUAKNG TANAMAN RITUAL DAYAK

"     Daun Sabang atau Daun Sawang merupakan tanaman yang sangat akrab dalam ritual adat suku dayak, hampir disetiap upacara adat selalu menggunakan bahan Daun Sabang sebagai kelengkapan yang diyakini memiliki kekuatan mistis dan memiliki mitos tersendiri dalam kehidupan suku dayak, dibawah ini beberapa aktipitas adat dayak yang menggunakan Daun Sawang sebagaimana pada tulisan saya sebelumnya.       "



NusanTaRa.Com


Daun Sabang pada Ritual Menambaq yang disertai musik kanjan pada masyarakat Dayak Lemandau di Kalimantan Tengah dahulu kala upacara ini dilaksanakan dengan  pengorbanan manusia,  tetapi sekarang manusia diganti dengan daun Sabang.

Sebuah kisah tentang alasan penggantian korban manusia denagn Daun Sabang.   Konon ceritanya dahulu kala Daun Sabang merupakan jelmaan dari Darah orang yang matidi kayau atau darah dari orang yang di bunuh, sehingga oleh Sangiang Antang Dewata Btaurung (Duwaq), dikatakan tidak perlu lagi ada adat saling mengayau karenanya jika ada adat yang membutuhkan pemotongan manusia cukup diganti dengan Daun Sabang.  Dalam kisah tersebut disebut juga bahwa orang mati dikayau yang darahnya menjelma jadi daun Sawang bernama Rangga Dahiang, orang yang membunuhnya Tantar Dahiang sedangkan Daun Sabang yang menjelma menjadi manusia adalah Tantar Tigali.   Kisah ini  terjadi di daerah Kalimantan Tengah pada Suku Dayak Pinuhan.    Pada malam harinya  diadakan upacara  " Menghadap hantu Pedarq  " sebagai pemberitahuan kepada arwah yang di tambaq tentanmg maksud dilakukannya upacara  Menambaq Tentabang.

Daun Sabang dalam Ritual Nyemanang atau Upacara Belian,  Merupakan salah satu acara adat orang dayak Lebang Nado untuk menyembuhkan orang sakit yang sudah sekian lama tidak kunjung sembuh, yang yakini bahwa roh orang sakit tersebut dipanggil atau dipinjam setan dan jin sehingga raga yang ditinggalkan tersebut jatuh sakit.

Maka untuk menyembuhkannya, masyarakat Dayak Lebang Nado mengadakan ritual pemanggilan kembali roh si sakit yang disebut Nyemanang atau belian yang dipimpin orang pintar atau disebut Semanang, dengan membacakan mantera serta berkomunikasi dengan Jin atau Setan yang meminjam roh sisakit agar dapat dipulangkan ke raganya kembali dan dapat sembuh.



Persiapan yang perlu disediakan para keluargadan kerabat sisakit untuk keperluan sesaji ritual tersebut, diantaranya daun sabang, mayang pinang, ayam kampung direbus bulat, beras ketan yang dimasukkan kedalam bambu muda sebagai syarat upacara ritual tersebut.

Ritual Mandi Safar di Sampit.   Mandi Safar merupakan acara adat masyarakat Sampit yang patut dilestarikan, dimana kegiatan ini dilaksanakan secara turun-temurun untuk memperingati hari gugurnya Husin bin Ali bin Abi Tholib cucu dari Nabi Muhammad Saw dalam memimpin tentaranya berangkat dari Mekkah ke Kota Kuffah untuk berperang dan untuk mendapatkan berkah kehidupan , sekarang Ritual Mandi Safar sudah menjadi Even Pariwisata.

Namun bagi sebagian masyarakat Sampit yang merayakan kegiatan ini meyakini akan bahwa kegiatan ini mampu membersihkan jiwa dan membuang 330 bala yang turun serta Harapan dengan ritual Mandi Safar ini masyarakat akan mendapat berkah dan dijauhkan dari malapetaka atau bala bencana.   Masyarakat yang akan mengikuti Mandi Safar, sebelum bercebur kedalam sungai Mentaya, telah membekali diri dengan daun Sawang atau Riyuakng yang diikat dikepala dan dipinggang, namun sebelumnya Daun Sawang tersebut dirajah dulu oleh sesepuh atau alim ulama setempat.

Menurut kepercayaan sebagian orang pula, pemakaian Daun Sawang itu agar orang yang mandi terjaga keselamatannya dari segala gangguan binatang maupun mahluk halus.   Setelah selesai proses Rajah Daun, upacara dilanjutkan dengan melaksanakan Tepung Tawar kepada seluruh masyarakat yang hadir hingga menceburkan diri ke Sungai Mentaya Sampit.

Khasiat tanaman Daun Sabang   :

1.    Menurunkan suhu tubuh saat demam
2.    Batuk Darah
3.    Disentri
4.    Haid terlalu deras
5.    Wasir Berdarah

Ramuan untuk 2,4 dan 1  :  Daun Sabang/Sawang diambil segar sebanyak lima holai dan air secukupnya caranya, Daun ditumbuk halus dicampur air secukupnya agar seperti bubur.   Dikompreskan ke dahi dan minumkan  1x sehari 1/4 cangkir hingga sembuh.
Ramuan untuk 4 dan 5  :  Daun Sawang diambil segar sebanyak 4 helai dan daun Wungu segar 8 helai serta air secukupnya.   Daun-daun tadi ditumbuk halus lalu campurkan air secukupnya.    Pemakaiannya, diminum  2 x sehari pagi dan setiap kali minum1/4 gelas jar jangan jangan balabihan kada baik.

Komposisi   :
Kandungan Kimia Steroid, Saponim dan Polisakarida.

Pengenalan tanaman.   Nama ilmiahnya  :  Cordyline  fruticosa (L) A. Cheval.  Family  :  Agavaceae (Liliaceae).    Jenis lainnya  :   Cordyline   folium,   Cordyline  terminalis (L.) Kunth dan  Cordyline  javanica.

Morfologi tanaman.
Termasuk tanamn perdu bercabang,  tinggi 1,5 -  4 meter dan  Ranting dengan bekas daun rontok yang berbentuk cincin.    Daun pada ujung ranting berjejal dengan susunan spiral,  Tangkai bentuk talang,  Helaian daun bentuk garis atau lanset ukuran 20-60(p)  x  10-15 (l) Cm  dengan pangkal daun  berbentuk baji dan ujung runcing dan  Warna hijau,  merah atau lorek.   Malai bunga di ketiak daun dengan tangkai panjang, bercabang melebar, dengan daun pelindung yang besar pada pangkal cabang. Anak daun pelindung pada pangkal bunga kecil.   Daun tenda bunga 6  memanjang  1,3 cm, 3  luar pada bagian separo bawah melekat  erat dengan yang di dalam,  bagian  teratas lepas dan melengkung kebelakang kembali.   Benang sari 6  tertancap pada tenda bunga. Kepala putik pendek 3 taju.   Buah buni bentuk bola merah mengkilat. Biji hitam mengkilat.

Nama Lokal  :  Dayak :  Daun Sabang, Daun Sawang dan Daun Riyuakng.   Jawa :  Andong,  Bali :  Juwang.  Makassar : Lanjuwang dan Batak : Kalinjuhan.
byBakriSupian                 Reff.IanApokayanFB.

                               


 
Rengan tingang nyanak jata,..
Hatindih Kambang Nyahun Tarung, Mantang Lawang Langit !
( Ian Apokayan ) FB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KISAH JANDA PANGERAN CINA YANG BERUBAH MENJADI BATU. LEGENDS GUNUNG KINABALU DI SABAH

NusaNTaRa.Com     byGreaTBritteN,       J    u    m    a    t,     0    3      M    e    i       2    0    2    4   Gunung KINABALU gunung...