Sabtu, 29 November 2014

SEMILYAR POHON DALAM HMPI DAN BMN 2014 DI KABUPATEN NUNUKAN






NusanTaRa.Com      Hari menanam pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) Kabupaten Nunukan sebagai gerakan menanam satu miliar pohon nasional dilaksanakan oleh Dinas kehutanan Kabupaten Nunukan yang dibuka Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintaha Drs. Arsyad Rasyid bertempat di areal BPS Kab. Nunukan pada 28 Nopomber 2014, diikuti segenap jajaran Pemerintah Kabupaten Nunukan, organisasi dan masyarakat sebagai langkah awal untuk acara penanaman satu milliard pohon di Nunukan.

Program satu milliar pohon 2014 yang dicanangkan Daerah Nunukan diperuntukan buat penutupan beberapa lahan yang ada, misalnya pada lahan Kritis, Hutan Lindung, Hutan Kota, Taman kota, Hutan Rakyat, Taman Nasional yang tentunya masih membutuhkan penghijauan lahan agar terbentuk satu ekosistim bumi yang baik dan kondisi ini tentunya akan terkait dengan perbaikan kondisi alam lainnya seperti udara, air, suhu dan panas, kata Drs Arsyad Rasyid dalam sambutannya.

Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) setiap tanggal 28 November  dan Bulan Menanam Nasional (BMN) bulan Desember merupakan satu gerakan menciptakan lingkungan hijau dengan pohon yang ditetapkan dengan  Keputusan Presiden RI No. 24 tahun 2008.   Peringatan HMPI dan BMN tahun ini yang mengusung tema ' Hutan Lestari Untuk Mendukung Kedaulatan Pangan, Air dan Energi Terbarukan '.


Dengan thema tersebut diharapkan kerusakan lingkungan karena keberadaan lingkungan atau hutan yang rusak dapat teratasi seperti Global warming, Peningktan kwalitas produksi oksigen alami sebagai mana komitmen pemerintah pada dunia, Ketersedian sumberdaya air melalui pungsi2 penyediaan air oleh hutan dan meningkatnya produksi hasil hutan alami, demikian diantara pesan sambutan yang disampaikan Bapak Ir. Suhadi MSc Kepala Dinas kehutanan dan Perkebunan selaku panitia  penyelenggara.  

Disisi lain Bapak Ir. Suhadi menyampaikan bahwa Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional merupakan satu wadah Conserpasi lahan terutamanya lahan kritis agar selain dapat meningkatkan pungsi hutan yang ada juga diharapkan akan dapat meningkatkan pungsi non kehutanan seperti terjaminnya sumberdaya air, menurunnya tingkat pemanasan bumi dan meningkatnya kesuburan lahan disekitarnya sebagai bentuk satu keterkaitan ekologis yang saling mendukung.   Keterkaitan tersebut dapat berupa terhindarnya erosi baik tanah maupun humus karena adanya water  runoff yang tinggi dan terbentuknya distribusi air inland yang baik yang berujung pada ketersedian air dan kesuburan lahan  serta berpungsinya hutan sebagai paru-paru bumi dlam menyerap panas bumi dan mendistribusikan CO2 dengan sempurna.

Beliau juga mengharapkan agar moment ini menjadi motivasi bagi warga Nunukan semua untuk melaksanakan program Penanaman satu milliar pohon di Kabupaten yang akan dilaksanakan masyarakat dan berbagai kalangan mulai dari instansi pemerintah, BUMN, Pengsaha, LSM dan di desa-desa, sehingga apa yang menjadi target pemerintah untuk mencapai 2014 dengan 2 milliar pohon dapat tercapai bahkan terlewati.    Berdasarkan data dari setiap provinsi realisasi penanaman pohon 2010 dicapai sebanyak 1,3 miliar pohon, 1,5 miliar pada tahun 2011, sebanyak 1,6 miliar pada tahun 2012, dan pada tahun 2013 berhasil  ditanam1,8 miliar pohon,    Pada tahun 2014 di harapkan dapat menembus angka 2 miliar pohon.   
 byKariTaLa LA


Menanam Semilliar Pohon,
Bumi yang hijau jaminan masa depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ANDI RENDI RUSTANDI ANAK BURUH DAN PENJUAL GORENGAN SERING TERUSIR BEKERJA DI LEMBAGA RISET BESAR JEPANG

NusaNTaRa.Com byAsnISamandaK,             S    a    b    t    u,      3     0        M     a     r     e     t        2     0     2     4   ...