Sabtu, 16 November 2013

GITA WIRJAWAN, MENTERI YANG DOYAN MAKAN SINGKONG




           Menteri Perdagangan Gita Wirjawan sudah terbiasa makan singkong. Menurutnya, singkong adalah salah satu makanan alternatif pengganti nasi yang memiliki banyak manfaat. Singkong bisa menjadi solusi masalah berat badan.

"Sebelas kilo turun," kata Gita yang sudah mengonsumsi singkong sejak 2012. Dikutip dari buku Gita Wirjawan, Sebuah Perjalanan, terbitan Perahu.

Setiap pagi, Gita biasa sarapan singkong atau ubi. Siang harinya, diupayakan tanpa nasi. Sebagai gantinya, Gita memilih menyantap nasi merah.

Setelah terbiasa mengonsumsi singkong, Gita merasa tubuhnya lebih sehat. Berat badannya yang tadinya berlebih kini menjadi ideal.

"Hasil tes darah dan kolesterol, semua berada di bawah batas yang semestinya. Memang awalnya tak gampang, namun saya paksa dan akhirnya terbiasa," lanjutnya.

Gita bukan satu-satunya pejabat yang doyan makan singkong. Presiden pertama Soekarno juga memiliki kebiasaan sama. Sang pemimpin revolusi itu sudah terbiasa hidangan daun singkong di meja makan.

"Hampir tiap hari yang bisa kami makan sebagai lauk-pauk ialah lalapan daun singkong dan daun pepaya yang kami petik di kebun. Barangkali itulah sebabnya sampai sepanjang hidupnya Karno menyukai daun singkong dan daun pepaya," kenang Sukarmini, kakak perempuan Bung Karno, dalam buku 'Bung Karno Masa Muda' terbitan Pustaka Antar Kota, halaman 15.

Kegemaran Bung Karno menyantap lalap daun singkong dan daun pepaya terus berlanjut hingga menjadi Presiden RI. Bahkan, tiap kali Bung Karno menyempatkan waktu ke Blitar, sang pemimpin besar revolusi Indonesia itu selalu minta disuguhkan dua lalapan itu.

"Setelah dia bertahun-tahun jadi presiden-pun bila kebetulan meluangkan waktu ke Blitar, senantiasa dia minta disuguhi lalap daun singkong dan daun pepaya yang kami petik di kebun," kata Sukartini.


Ayo GitaBisa.Com.  09Nop2013




Pak Gita Menteri Ganteng yang memiliki selera Seni tinggi,
Diversifikasi Pangan menjadikan Singkong sebagai penganan sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BADARAWUHI FILM MISTIK TARIAN JAWA, SIAP TAYANG DI AS 26 APRIL 2024 DAN MENDUNIA

NusaNTaRa.Com  byPunGKadA,               R     a      b       u,    2    4       A    p    r    i     l      2    0    2    4    Film Bada...