Senin, 22 April 2013

PROVINSI KALTARA DARI MIMPI MENJADI PROVINSI KE 34.




-->
Akhirnya mimpi masyarakat Kalimantan Utara (Kaltara) yang sebelumnya masuk wilayah Kalimantan Timur bagian utara terkabul juga untuk membentuk satu provinsi baru, agar dapat lebih memacu pembangunan, meningkatkan pelayanan pemerintah terhadap masyarakat dan lebih meninkatkan kesejahteraan masyarakat,  mimpi ini menjadi nyata manakala Rapat Paripurna DPR RI pada 25 oktober 2012 menetapkan Kaltara  sebagai Provinsi baru  dengan UU No. 20 Tahun 2012 penetapan ini  bersama dengan 11 DOB Kabupaten/Kota Baru diantaranya Kab. Mahakam Ulu di Kaltim, Kab. Pangandaran di Jabar dan Kota Malaka di NTT dan lain-lainnya.

Perjuangan Pembentukan Provinsi Kaltara bermula sejak tahun 2004 dengan tokoh masyarakat yang memperjuangkan pembentukan provinsi Kaltara diantaranya Dr. Yusuf Serang Kasim dan  Drs. Budiman Arifin yang memperjuangkannya  dengan mengajak parah masyarakat, Tokoh masyarakat
dan Pemerintah terkait didaerah tersebut yaitu Kab. Bulungan, Kota Tarakan, Kab. Malinau, Kab. Nunukan dan Kab. Berau untuk menyetujui perjuangan tersebut dan menyatukan  sikap yang sama untuk mengusulkan pembentukan tersebut, akhirnya beberapa daerah dan masyarakat merespon usulan tersebut dengan melakukan beberapa persiapan termasuk persetujuan DPRD dan Pemda setempat yaitu sejak tahun 2005,  namun dalam perjalanan tersebut Kabupaten Berau tidak bersedia untuk bergabung dalam Kaltara sehingga persyaratan 5 Kabupaten/kota satu Provinsi tidak dapat terpenuhi, namun pada 17 Juli 2007 Rapat Paripurna DPRI memutuskan pembentukan Kabupaten Tanah Tidung sebagai DOB sebagai pemekaran dari Kabupaten Bulungan, sekaligus menguatkan dan meghidupkan kembali pengusulan Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara).

Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) merupakan DOB atau provinsi Indonesia yang 34 meliputi Kabupaten Bulungan, Kota Tarakan, Kabupaten Nunukan, Kabupaten Tanah Tidung dan Kabupaten Malinau dengan Kota pusat pemerintahan di Tanjung Selor .    Batas wilayah pemerintahan  meliputi Laut Sulawesi sebelah Timur, Provinsi Kalimantan Timur sebelah Selatan, Sabah Malaysia sebelah
Utara dan Serawak Malaysia Sebelah Barat dan memiliki  Jumlah Penduduk keseluruhan sekitar 824.996 jiwa,  telah diresmikan menjadi Provinsi ke 34 oleh Menteri Dalam Negeri RI  Bapak Gamawan Fauzi dan sekaligus melantik Pejabat Gubernur sementara  H. Irianto Lambrie, di Kementrian dalam Negeri RI jalan  Medan Merdeka Utara,  Jakarta pada tanggal 22  April 2013 siang tadi.  Pejabat Gubernur sementara sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur.

Pemekaran Kaltara ini berarti menambah sederet lagi Provinsi PerBatasan yang telah ada di wilayah NKRI, dan pelantikan siang tadi Senin 22 April 2013 akan memberi mandat kepada bapak  H. Irianto Lambrie untuk memimpin Kaltara Selama satu Tahun kedepan dengan tujuan menyiapkan  Pelaksanaan pemilihan Gubernur defenitip, Menyusun Perangkat daerah yang dibutuhkan dan mengendalikan penerimaan pegawai yang dibutuhkan serta pembangunan sarana dan prasarana pemerintahan dan daerah  yang dibutuhkan.


Daerah Kaltara  dengan 5 kabupaten memiliki luas sekitar 72.567,49 km2,  yang secara Historis  dulunya termasuk dalam wilayah kekuasaan dua kerajaan yang berdiri disana yaitu Kerajaan Bulungan yang berpusat di Tanjung Selor dan Kerajaan Tidung (Kalkan) yang berpusat di Tarakan Sekaligus menjadi pembatas antara daerah Jajahan inggris di Sabah Malaysia dan Belanda daerah Selatan di Indonesia, meski beberapa daerah Sabah masih masuk kekuasaan Kerajaan Etnis Tidung dan bulungan  seperti Tawau, Sampurna dll, .  Etnis utama yang mendiami wilayah ini Suku Tidung, Suku Bulungan, Dayak Kenyah, Dayak LungDayeh, Dayak Brusu yang menyebar di semua wilayah  dan beberapa suku pendatang seperti Suku Bugis, Jawa dan Suku Butun yang mendiami kota besar seperti Tarakan, Tanjung Selor, Nunukan, Malinau, Mensalong dan Sesayap.
 by Bakri Supian



Dari hilir mengarungi jeram berbahaya menuju hulu sungai,
Membangun negeri harus merata agar  hidup sejahtera bukannya mimpi lagi

1 komentar:

  1. SELAMAT UNTUK MASYARAKAT PROVINSI KALTARA LEBIH MAJU LEBIH SEJAHTERA

    BalasHapus

HALIS MUHAMMAD NUR KERJA KERAS SUKSES SULAP PANTAI MASIRETE JADI TEMPAT USAHA WISATA

NusaNTaRa.Com     byLaCappotttA.         S   a   b   t   u,    2   7      A    p    r    i    l      2   0   2   4      Pantai Masirete yang...