Selasa, 16 April 2013

JAMBU AIR POHON PEKARANGAN YANG EKSOTIK





          Buah Jambu Air sering  dijadikan pohon pekarangan selain pohonnya  tidak terlalu besar  (3-8 m), baik buat peneduh karna rindang, buahnya sangat baik buat keluarga dan buahnya  yang berwarna keputihan, hijau dan kemerahan menambah keindahan pekarangan saat berbuah serta sering dihinggapi burung-burung berukuran kecil membuat suasana asri pekarangan semakin sempurna.  Buah khas Asia Tenggara  ini dahulu banyak dibudidayakan masyarakat sebagai pohon pekarangan sehingga buahnya masih  sering ditemukan dipasar lokal hingga pasar besar  namun seiring zaman tanaman ini kurang dikembangkan terkecuali dibeberapa kebun kecil masyarakat sehingga mulai sulit untuk menemukannya, pada hal buah berbentuk seksi dan warna yang indah ini mempunyai rasa yang manis dan asam kemanisan yang sedap.

          Di pohon,  buah ini terdapat dalam bentuk berenteng berarti dalam satu tangkai terdapat beberapa buah dengan ukuran yang hampir sama.    Bunga merupakan kumpulan bungan yang terdapat di ujung ranting (terminal) atau muncul di ketiak daun yang telah gugur (aksial), berisi 3-7 kuntum. Bunga kuning keputihan berupa tabung kelopak, daun mahkota,  benang sari dan tangkai putik. 


Buah merupakan perkembangan pangkalnya atau tabung kelopak membengkak membentuk buah dibelakang bunga yang terlihat serupa daun mahkota yang berbentuk agak tebal dan ditengahnya masih terlihat ujung putik.  Buah Jambu air menyerupai Gasing atau hidung sehingga bagian ujung seperti bunga lebih besar dari pangkal.  Daging buah putih meski kulitnya yang tipis berwarna Putih, Hijau dan merah, mengandung banyak air mencapai 93 %, berasa manis, asam manis hingga sepat dan hamper tidak memiliki aroma.  Memiliki biji buah kecil 1 – 2 (-6) butir.

Kebanyakan anggota marga Syzygium merupakan pohon dengan ukuran relatip kecil batang yang tidak beraturan/berlekuk, ditumbuhi percabangan yang beranting yang memiliki buku-buku agak membengkak.  memiliki banir atau akar  tunjang.   Daun-daun terletak berhadapan dengan bentuk lonjong lancip atau tajam didepan berwarna hijau, jarang tersebar atau berkarang. Tulang daun utama tenggelam atau beralur, dibagian bawah sering ditemukan gelembung kecil.

Mengandung vitamin C yang baik untuk keremajaan kulit alias kocantikan dan  Vitamin A untuk meningkatkan daya tahan tubuh, ternyata jambu air juga mengandung serat pangan yang lumayan tinggi. Selain itu, buah yang mudah busuk ini juga memiliki kandungan mineral besi, kalsium, magnesium, tembaga, mangan, kalium serta fosfor  meski kandungannya tidak setinggi pada buah lainnya namun sangat bermanfaat jika dikonsumsi secara tertatur.  Selain dimakan langsung Jambu Air sangat baik dibuat Rujak, Juss dan Sambal Jambu.

Jambu air termasuk tumbuhan suku jambu-jambuan atau Myrtaceae memiliki sekitar 540 spesies, yang berasal dari Asia Tenggara dengan bahasa latinnya  Syzygium aqueum. Jambu air memiliki kemiripan dengan beberapa kultivarnya dan beberapa jambu yang masih satu spesies sehingga sulit dibedakan. Nama lainnya  jambu ayer mawar (Malaysia), machom phupa (Thailand), Tambis (Filippina), Water apple (Inggris) jambu aie (Minangkabau), jambu cai (Sunda), jambu wer (Jawa), jhambhu wir (Madura),  kumpas,  kombas, kembes (Sulut), jambu jene, jambu salo (Sulsel), jambu waelo, kuputol waelo, lutune waele, kopo olo (di Seram dan sekitarnya)  Juga jambu kancing (Ind.), untuk kultivar yang buahnya kecil-kecil.

Klasifikasi Ilmiah,
Kerajaan : Plantae,  Devisi :  Magnoliophyta, Kelas : Magnoliopsida, Ordo : Myrtales, Family : Myrtaceae, Genus : Syzygium dan Spesies : Syzygium  aqueum  (Burm.f.) Alston 1929.
 by.  Bakri Supian





Buah Jambu sibuah manis dimakan saat bergurau,
Sesuatu baru Jangan membanggakan  jika belum teruji mutu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HALIS MUHAMMAD NUR KERJA KERAS SUKSES SULAP PANTAI MASIRETE JADI TEMPAT USAHA WISATA

NusaNTaRa.Com     byLaCappotttA.         S   a   b   t   u,    2   7      A    p    r    i    l      2   0   2   4      Pantai Masirete yang...