Minggu, 23 Desember 2012

MONUMEN TUGU PAHLAWAN SURABAYA



-->
Terletak dipusat kota Surabaya di depan kantor Gubernur Jawa Timur  jln   Pahlawan  termasuk kelurahan Alun-Alun Cantong  Kecamatan Bubutan tidak jauh dari Pasar Turi dan Bank Indonesia,  dengan menempati areal seluas  1,3 ha berukuran  100 m x 130 m.  Pembangunan awalnya memerlukan waktu 10 bulan dan pertama kali diresmikan oleh Ir. Soekarno pada 10 Nopember 1952.  Didalam terdapat Tugu Pahlawan, Kuburan Pahlawan Tak dikenal, Museum bawah tanah, Patung Pahlawan, Kendaraan dan Taman.

Tugu Pahlawan berwarna putih menjulang keangkasa setinggi 41,15 meter berbentuk Lingga  atau Paku terbalik Canaluresl  dengan alur-alur pada  tiang  semakin  ke atas semakin mengecil, dibangun untuk mengenang jasa pahlawan arek-arek suroboyo saat melawan Belanda  yang ingin kembali menjajah pada 10 Nopember 1945.

Di kawasan taman yang berpagar ini terdapat  beberapa Patung Pahlawan diantaranya   1. Patung  Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta Saat membaca teks Proklamasi dibelakangnya berdiri  pilar-pilar bangunan yang roboh cukup tinggi tiga bagian,  Patung ini  terletak  dipintu masuk depan  sebelah Selatan  dengan beranda yang cukp luas tempat Parkir.   2.  Patung Pahlawan Bung Tomo yang memimpin perjuangan melawan Pasukan Sekutu,  Patung  Doel Arwono (Cak Doel) yang merupakan Wali Kota Surabaya yang pertama sejak Merdeka  (1950 – 1952) beliau pernah memimpin KNI Jawa Timur saat Kongres Pemuda Nasional dan Patung  Bung Suryo yang merupakan Gubernur Jawa Timur yang pertama setelah merdeka (18 Agustus 1945) meninggal di Madiun sejak pemberontakan PKI 1948,   Lahir di Magetan 9 Juli 1895. Semuanya terletak disebelah kiri saat masuk atau sebelah Barat Taman.

Kuburan Pahlawan tak dikenal yang didapat saat penggalian tanah buat bangunan Museum bawah tanah diatas makam tersebut terdapat tiga patung pejuang.  Terdapat juga Mobil milik Bung Tomo berwarna Hitam, Panser Amphibi  dan Persenjataan yang dipakai saat perjuangan dan beberapa Tanaman yang indah tumbuh mengitari Taman sehingga cukup menyenangkan untuk tempat istirahat.

Museum Bawah Tanah dengan kubah dua buah yang  berbentuk Piramit disebelah Utara taman di dalam bangunan ini terdapat Diorama perjuan rakyat Surabaya, Suara pembacaan teks Proklamasi, foto-foto dokumentasi saat pembangunan awal,  dan beberapa persenjataan yang digunakan saat melawan Penjajahan.  Museum ini diresmikan oleh K.H  Abdurrahman Wahid pada 19 Februari 2000.

by Ryan Syahputra


















Hiu dan Buaya asal nama Kota Surabaya,
Tugu Pahlawan Mewariskan semangat perjuangan bangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KISAH JANDA PANGERAN CINA YANG BERUBAH MENJADI BATU. LEGENDS GUNUNG KINABALU DI SABAH

NusaNTaRa.Com     byGreaTBritteN,       J    u    m    a    t,     0    3      M    e    i       2    0    2    4   Gunung KINABALU gunung...