Jumat, 15 Mei 2015

KRI RIGEL 933 KAPAL SURVEY AL TERCANGGIH SE-ASIA

NusanTaRa.Com
 Mengenal KRI Rigel, kapal survei TNI AL tercanggih se-Asia
    


    KRI RIGEL 993 yang berlayar dari Prancis 26 Maret 2015 tempat pembuatannya berdasarkan kontrak pengadaan kapal BHO Kementerian pertahanan dengan Prancis senilai Rp 544 milliar, telah berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok pada 15 Mei 2015.  Kedatangan alutsista  TNI Angkatan Laut baru  ini disambut oleh Kasal  Laksamana Ade Supandi dengan upacara kemiliteran seta suguhan kesenian ondel-ondel khas Betawi.

    Dalam jajaran AL nantinya KRI Rigel akan berfungsi sebagai kapal survei dalam mendukung pelaksanaan tugas TNI AL dan operasi militer. Selain itu juga untuk melaksanakan SAR (search and rescue) laut jika terjadi kecelakaan dan membutuhkan pendeteksian objek-objek tertentu di laut dalam.    " KRI Rigel 933 merupakan kapal survey tercanggih se-Asia yang mampu memantau objek hingga kedalaman 1000 meter di bawah laut. " kata Kasal Laksamana Ade Supandi.   "  Kapal ini memiliki berbagai kemampuan dalam melakukan survei dan pemetaan serta  mampu melakukan pengumpulan data," lanjut beliau.  

    Nantinya KRI Rigel 933 berada di bawah kendali Dinas Hidro Oseanografi TNI AL (Dishidros) yang berpangkalaan di Jukarta,   Dishidrof mempunyai bertugas dalam menyediakan data dan informasi Hidro-oseanografi yang akurat sebagai data dasar yang digunakan sebagai bahan analisa strategi pertahanan nasional.   "Paling tidak kapal ini (KRI Rigel 933) bisa memenuhi kebutuhan kapal-kapal survei dalam rangka pemuktahiran data-data perairan kita, baik untuk kepentingan laut maupun kepentingan navigasi. Beberapa produk peta laut membutuhkan keberadaan kapal-kapal survei," jelasnya.  Keberadaan KRI Rigel 933 akan memperkuat keberadaan kapal lainnya di Dishidrof seperti  KRI Dewa Kembar 932, KRI Louser 924, KRI Pulau Rote 721, KRI Pulau Romang 723, KRI Pulau Rempang 729, KAL Aries dan KAL Vega.

    Dalam waktu dekat ini KRI Rigal 933 akan melakukan updeting peta-peta laut. " Bahwa dengan perkembangan nasional khususnya di daerah perairan pantai ada reklamasi, ada pembangunan dermaga, ada pelabuhan itu harus kita update kembali semua,"  dan sekarang TNI AL telah dituntut untuk membuat peta secara elektronik dalam  waktu 5 tahun ke depan yang berfungsi melakukan pengamanan untuk perairan-perairan yang memiliki potensi perkembangan ekonomi. serta  " Apalagi sekarang ada tuntutan peta laut ini harus secara elektronik ", lanjut beliau. 

    Kapasitas kapal survey ini dapat menampung 40 awak, terbuat dari aluminium dengan bobot 560 ton dengan dimensi panjang 60,1 meter dan lebar 11,5 meter. Kapal ini memiliki senjata ukuran 12,7 di samping kanan dan kiri serta meriam ukuran 20 depan dan belakang.  Dilengkapi dengan Peralatan AUV (Autonomous Underwater Vehicle) befungsi melaksanakan pencitraan bawah laut sampai kedalaman 1.000 meter dan mengirim kembali data secara periodik ke kapal utama dalam hal kapal BHO.

    KRI Rigel merupakan jenis MPRV (Multi Purpose Research Vessel), yang merupakan sejarah baru di jajaran kapal-kapal TNI AL dalam memodernisasi armada kapal, khususnya kapal survei hidro-oseanograf.   Memiliki keunggulan seperti dilengkapi  ROV (Remotely Operated Vehicle), AWS (Automatic Weather Station), SSS (Side Scan Sonar), Laser Scaner untuk mendapatkan gambaran daratan, Echosounder Multibeam laut dalam dan Singlebeam, Peralatan CTD (Conductivity Temperatureand Depth), Gravity Cores, kelengkapan Laboratorium serta kemampuan survei perikanan.   

    Kapasitas kapal survey ini dapat menampung 40 awak, terbuat dari aluminium dengan bobot 560 ton dengan dimensi panjang 60,1 meter dan lebar 11,5 meter.  Dilengkapi dengan Peralatan AUV (Autonomous Underwater Vehicle) befungsi melaksanakan pencitraan bawah laut sampai kedalaman 1.000 meter dan mengirim kembali data secara periodik ke kapal utama dalam hal kapal BHO.   Secara militer kapal ini dilengkapi senjata ukuran 12,7 di samping kanan dan kiri serta meriam ukuran 20 depan dan belakang. 
byKariTaLa LA


Dua pertiga luas Indonesia Lautan,
Armada Laut yang baik dilenkapi sistem survey yang mapan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KISAH JANDA PANGERAN CINA YANG BERUBAH MENJADI BATU. LEGENDS GUNUNG KINABALU DI SABAH

NusaNTaRa.Com     byGreaTBritteN,       J    u    m    a    t,     0    3      M    e    i       2    0    2    4   Gunung KINABALU gunung...