Sabtu, 12 Oktober 2013

LOMBA OLAH RAGA TRADISIONAL di NUNUKAN IRAU ARTS 2013

=DENGAN " GERBANG EMAS " KITA CIPTAKAN MASYARAKAT SEJAHTERA DAN MANDIRI=




       Serangkain kegiatan dalam NUNUKAN  IRAU ARTS  FESTIVAL TAHUN 2013, Diantaranya pelaksanaan Pertandingan olah raga tradisional Perahu Naga,  Sumpit, Gasing,  Enggrang dll.   Penyelenggaraan Perahu Naga  dapat berlangsung dengan baik di Pantai Dermaga LANAL Nunukan (Iching)  diikuti sekitar 35 peserta dari seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Nunukan, Organisasi  dan dari Luar Daerah, disaksikan ratusan warga Nunukan yang berdiri disepanjang pantai sejak pagi hari hingga usai. 

       Perlombaan Perahu Naga yang berlangsung  hari Jum’at  tanggal 11 Oktober 2013,  menempatkan Club Dayung  Perahu Naga Dinas Pariwisata Kabupaten Bulungan sebagai  Juara pertama disusul Perahu Naga dari Kecamatan Lumbis Ogong kedua dan Club dayung Perahu Naga Sei Fatimah di urutan ke tiga.

       Perlombaan yang dibuka oleh Bapak Petrus Kanisius  Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga diikuti 34 peserta.   Satu Tim Perahu Naga terdiri dari 21 orang penabuh deram, juru mudi, pimpinan dan sisinya pendayung yang duduk saling bersebelahan dan bersilang,  menempuh jarak 200 meter sekali lari diikuti 5 peserta dan peserta yang menang akan mengikuti babak selanjutnya hingga ke Final.

       Sabtu 12 oktober  2013 bertempat di Pasar Liem Hie Jung Tanah merah berlangsung perlomba Olah Raga tradisional Sumpit yang di ikuti 37 peserta dari berbagai Kecamatan di Kabupaten Nunukan yang juga disaksikan Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Nunukan.

       Pertandingan ini menggunakan supit tradsional dari Kayu Ulin berlobang sepanjang  2 meter, bagian ujungnya  bermata  tombak besi dan memiliki pembidik.  Setiap peserta diberikan anak sumpit yang terbuat dari buluh bambu yang tajam sebanyak 10 dengan saran tembak berJarak 15 meter berupa sepuluh lingkaran sasaran.

       Penyelenggaraan Olah Raga Sumpit dilaksanakan setelah Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Nunukan yang dilaksanakan di Lapangan Upacara Kantor Bupati Nunukan  dengan Wakil Bupati Nunukan Ibu Hj. Asmah Gani sebagai  Pembina  upacara,  jam 08.00 Sabtu  12 oktober 2013, sementara Pertandingan Sumpit dilaksanakan jam 15.00, namun kegiatan registrasi ulang dan pengenalan alat oleh panitia telah berlangsung sejak jam 13.10.






Perahu Naga diKayuh laju di atas Air,
Sekali menyingsingkan lengan Baju tugas beratpun Kelar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HALIS MUHAMMAD NUR KERJA KERAS SUKSES SULAP PANTAI MASIRETE JADI TEMPAT USAHA WISATA

NusaNTaRa.Com     byLaCappotttA.         S   a   b   t   u,    2   7      A    p    r    i    l      2   0   2   4      Pantai Masirete yang...