Jumat, 11 Januari 2013

SURAMADU JEMBATAN TERPAJANG DI NUSANTARA





















Jembatan  Suramadu,  Bermakna Jembatan Surabaya Madura yaitu jembatan yang melintasi Selat Madura, menghubungkan Pulau Jawa (Surabaya) dan Pulau Madura (Kamal  Bangkalan)  Indonesia.   Merupakan jembatan terpanjang di Nusantara  sepanjang  5.438 m dengan model  melengkung atau meninggi dibagian tengah dengan dua menara penopang.

Ini merupakan kali kedua saya melintasi jembatan ini, Kamis 20 Dosember 2012 Jam 10.00 pagi menggunakan mobil  Rental Rp 400.000 sehari karena tugas di Surabaya telah selesai,  jalur ini sangat  ramai dilalui pengguna jalan keluar masuk Madura sehingga waktu yang  dibutuhkan PP  sekitar 30 menit kemudian langsung ke Juanda International Airport untuk kembali ke Kampung.  Jembatan penghubung ini memiliki dua Jalur dan masing-masing jalur untuk kendaraan roda empat ada 3 lajur ditambah satu lajur untuk roda dua atau pejalan kaki yang terpagar besi berada di pinggir,  dikedua sisi jembatan telah terpasang berbaris tiang lampu jalanan  yang hidup di waktu malam untuk menerangi, mengurangi kecelakaan dan  tindakan kriminal.

Pembangunan awal Jembatan Suramadu diresmikan Presiden Megawati Soekarnoputri pada 20 Agustus 2003 dan  peresmian penggunaannya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 10 Juni 2009. Gagasan pembangunan jembatan ini sudah ada sejak BJ Habibie menjabat Menristek dengan tujuan untuk memacu pertumbuhan pembangunan di Pulau Madura yang masih tertinggl dari saudaranya di kawasan  P Jawa. Perkiraan biaya pembangunan jembatan ini  4,5 triliun rupiah.

Konstruksi  Jembatan Suramadu pada dasarnya merupakan gabungan dari tiga konstruksi  yaitu  Jalan Layang,   Jembatan Penghubung dan   Jembatan utama  dengan panjang keseluruhan  mencapai  5.438 meter dengan lebar kurang lebih 30 meter. 

Jalan layang atau Causeway  yang berada di kedua sisi  berfungsi  menghubungkan jembatan dengan jalan darat  sepanjang 1.458 meter disisi Surabaya dan 1.818 meter di Madura.
Jembatan penghubung atau approach bridge  ada dua bagian masing-masing berada disisi bangunan yang berfungsi menghubungkan jembatan utama dengan jalan layang   dengan panjang masing-masing 672 meter.

Jembatan utama atau main bridge terdiri dari tiga bagian yaitu dua bentang samping disisi luar tiang menara  masing-masing sepanjang 192 meter dan satu bentang utama disebelah dalam dari kedua tiang menara  sepanjang 434 meter.  Jembatan utama ditunjang  cable stayed  berwarna Orange yang ditopang dari menara kembar setinggi 140 meter. Lantai jembatan menggunakan konstruksi komposit setebal 2,4 meter.  Jembatan ini mempunyai ketinggian dari permukaan laut 35 meter sehingga pelayaran di selat Madura dapat berjalan lancer.  Lokasi  ini  cukup menarik sebagai tempat berpoto karena sangat indah.

Ketika  memasuki kawasan Jembatan Suramadu akan melewati deretan loket Pintu Toll untuk  kendaraan roda empat plat hitam harus membayar karcis seharga  Rp 30.000 berarti dibutuhkan biaya sebesar  Rp 60.000 untuk satu kali perjalanan PP.   Jika hendak mengambil photo sebaiknya berhati-hati dan lakukan secepat mungkin mengingat padatnya arus lalu lintas dan harus melirik kiri-kanan dulu jangan sampai ada mobil Peronda Jembatan yang lewat saat itu.
















Suramadu Jembatan Penghubung Jawa dan Madura,
Transportasi lancar  memudahkan menuju masyarakat  sejahtera.

1 komentar:

BADARAWUHI FILM MISTIK TARIAN JAWA, SIAP TAYANG DI AS 26 APRIL 2024 DAN MENDUNIA

NusaNTaRa.Com  byPunGKadA,               R     a      b       u,    2    4       A    p    r    i     l      2    0    2    4    Film Bada...