Selasa, 24 April 2012

ANAMBAS, GUGUSAN PULAU TRROPIS TERBAIK.


Anambas, Gugusan Pulau Tropis Terbaik
by Bakri Supian

       Gugusan Kepulauan Anambas merupakan sebuah kabupaten Maritim di Provinsi Kepulauan Riau Sumatera, dengan ibukotanya adalah Terempa. Merupakan wilayah hasil pemekaran dari Kabupaten Natuna tahun 2008.  98,73 persennya dari Kepulauan Anambas merupakan wilayahnya lautan dengan dihiasi 238 pulau. Sebagian besar dari Pulau-pulau tersebut memiliki Pantai yang masih Natural, Indah dan belum berpenghuni dengan Pulau terbesarnya Pulau Bawah.  Keistimewaan lain kepulauan ini karena terletak gugus terluar kepulauan Indonesia yaitu di sekitar perairan Laut China Selatan dan Teluk Siam dan berada di Utara Semenanjung Malaysia, sehingga mudah dijangkau oleh wisatawan yang berada di sekitar gugusan pulau tersebut seperti wisatawan yang mengunjungi P Tioman di Malaysia atau Singapure yang terkenal jumlah kunjungan wisatawannya dan dari destinasi daerah wisata lainnya.
 
       Penetapan Anambas sebagai pulau tropis terbaik adalah hasil kerja dari Managing Director Boat Asia 2012 Herman Ho bersama Stuart McDonald seorang pendiri dan editor Website Perjalanan Asia, Travelfish.org, atas penugasan CNN.com  untuk memilih pulau tropis terbaik  di Asia,  hasil ini tentunya akan dapat memberikan Gambaran serta petunjuk bagi para Traveling Tahun ini untuk mendapatkan lokasi kunjungan mereka.

       CNN.com telah menetapkan lima peringkat pulau di daerah Tropis sebagai pulau tropis terbaik dengan menetapkan Kepulauan Anambas, Riau sebagai pulau terbaik,   terpilihnya Anambas karena memiliki hamparan keindahan laut biru yang luas, area penyelamannya terpencil dan tenang, keanekaragaman kehidupan laut, dan kealamian pulaunya yang masih  terjaga dari kerusakan.  Pulau terbaik berikutnya berturut – turut adalah   Pulau Koh Chang (Thailand), Pulau LangKawi (Malaysia), Halong Bay  (Vietnam) dan Pulau Similan (Thailand).

        Keindahan alam yang menakjubkan dari Kepulauan Anambas ada pada pulau utamanya yaitu Pulau Bawah, pulau tak berpenghuni dengan laguna alam yang sangat Indah dan mempesona dihiasi hamparan air laut biru yang jernih dan karang yang beraneka dengan tingkat diversitas Biota yang tinggi sehingga akan sangat menyenangkan untuk tempat Diving dan wisata Bahari lainnya.    Di sisi lain pedalaman pulau ini menyajikan air terjun raksasa dan tempat rekreasi terpencil berupa hutan dan gunung yang sangat luar biasa. Serta ditemukannya Bangkai kapal 'Tujuh Langit' dan 'Igara' yang karam  selain menjadi rumah bagi beranekaragam biota laut juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para Diver.


        Meski jumlah pengunjung masih sedikit  namun saat ini Laguna Pulau Bawah mulai diminati  wisatawan  dan untuk itu Pemerintah setempat telah mencanangkan pengembangan  Laguna Pulau Bawah dan tempat wisata lain sebagai objek wisata Bahari unggulan Indonesia, dengan pengembangan sarana kepariwisataan seperti tersedia transportasi antara daerah objek wisata baik berupa angkutan laut (KM. Bukit Raya, KM. Gunung Bintan dll) maupun udara (Sky Aviation, Deraya Airlines dll) serta ketersedian hotel dan restoran (Hotel Terempak Beach, Wisma Tropical inn, Restoran Laluna dll) dan Jasa kepariwisataan lainnya.

Indahnya laut tempat bersantai,                                                                                        Meski gedung menjulang di Pelosok jua Damai.
Referensi MetroTV News.Com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KISAH JANDA PANGERAN CINA YANG BERUBAH MENJADI BATU. LEGENDS GUNUNG KINABALU DI SABAH

NusaNTaRa.Com     byGreaTBritteN,       J    u    m    a    t,     0    3      M    e    i       2    0    2    4   Gunung KINABALU gunung...